-->

Cara Mengusir Rayap Di Tembok Rumah, Praktis!

Punya masalah dengan rayap pada tembok rumah? Tenang ada cara mengusir rayap di tembok rumah dengan praktis dan bersih. Enggak mau dong, tembok rumah kamu rusak atau tidak bagus hanya karena keberadaan rayap.

Rayap sendiri sering menyerap benda (perabotan) yang berbahan dasar dari kayu. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa menyerang pada area lain salah satunya tembok rumah. Penyebab besar dari serangan rayap pada tembok adalah kondisi tembok yang cukup lembab.

Oleh karena itu, apabila sudah terindikasi ada serangan rayap maka segera dibasmi. Sehingga rumah yang kamu miliki bisa terjaga dari kerusakan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dari mulai secara alami hingga menggunakan obat kimia (khusus rayap).

Cara Mengusir Rayap Di Tembok Rumah

Cara Mengusir Rayap Di Tembok Rumah

Sumber : Pixabay.com

1. Mengatur Suhu Ruangan

Rayap yang hinggap pada tembok rumah bisa saja indikasi bahwa suhu ruangan rumah kamu terasa lembab dan sangat cocok untuk mereka tinggal. Sedangkan rayap itu tidak terlalu suka dengan suhu ruangan yang panas, bercahaya dan suhu dingin yang ekstrim.

Oleh karenanya, kamu perlu mengatur suhu ruangan rumah kamu menjadi temperatur yang tidak disukai oleh rayap. Misal, membiarkan cahaya matahari masuk secara bebas, memperlancar sirkulasi udara (ventilasi), dan lainnya.

2. Berikan Ventilasi yang Cukup

Seperti penjelasan poin 1, suhu ruangan menjadi kunci untuk membasmi raya dari rumah. Kamu bisa memberikan ruangan menjadi hangat dan sirkulasi udara yang lancar dengan memberikan ventilasi yang cukup.

Adanya ventilasi tidak hanya sebagai hiasan saja, melainkan menjadi sirkulasi udara yang baik. Sehingga rumah yang kamu beli entah dari iklan maupun website properti memiliki udara yang baik serta suhu ruangan yang terjaga.

3. Siram dengan Air Sabun

Dari bahan kimia, kamu bisa mulai dengan menggunakan sabun yang telah dilarutkan dengan air. Air sabun ini, hanya perlu disiramkan secara langsung ke area rayap (rumah rayap) hingga benar - benar basah.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan sebuah semprotan kecil yang diisi dengan air sabun. Fungsi air sabun ini adalah mengganggu pernafasan dari rayap, sehingga rayap tersebut sulit bernafas dan akhirnya mati.

Penyemprotan bisa dilakukan ke berbagai bagian yang terindikasi terserang atau pun tidak oleh rayap seperti tembok, perabotan (kayu), dan lainnya.

4. Semprot dengan Air Cucian Beras

Pada saat akan memasak nasi, beras yang digunakan akan dicuci terlebih dahulu. Buat kamu yang biasanya membuang air cucian beras begitu saja, mulai sekarang simpan untuk digunakan untuk mengusir rayap di tembok rumah dengan praktis.

Kamu hanya perlu menyemprotkan air cucian beras ke area - area yang diserang oleh rayap secara bertahap. Lakukan hingga rayap - rayap yang ada mulai meninggalkan sarangnya dan perli jauh dari area rumah kamu.

5. Pakai Campuran Sari Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki aroma yang sangat khas, dan aroma inilah yang menjadi musuh terbesar bagi para hama hingga serangga. Daun kemangi sangat mudah untuk didapatkan serta dengan harga yang sangat murah.

Lagi - lagi dengan teknik semprot, kamu perlu mengambil sari daun kemangi dan mencampurkan dengan air secukupnya. Semprot pada area - area yang diserang oleh rayap hingga keseluruhan.

Secara perlahan, rayap akan mulai meninggalkan area tersebut. Lakukan terus - menerus hingga rayap sudah tidak ada.

6. Menutup Retakan Tembok

Di rumah terdapat retakan atau lubang - lubang, apabila ada segera tutup masalah tersebut. Celah pada dinding (tembok), bisa menjadi sarang dari rayap karena memiliki suhu yang cukup lembab sehingga sangat pas untuk rayap tinggal di tempat tersebut.

Kita bisa menutupnya dengan campuran semen atau memakai dempul, hingga benar - benar tertutup. 

7. Keringkan Tembok yang Basah

Kondisi tembok yang basah tidak hanya merusak dinding saja (jamur), bisa juga menjadi sarang dari rayap. Tembok yang basah sering terjadi di bagian bawah (dekat lantai) sehingga memiliki suhu yang cukup lembab bagi rayap.

Kamu bisa kondisikan dinding untuk mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya, sehingga tidak terlalu lembab dan membuat rayap tidak nyaman.

Itulah beberapa cara mengusir rayap di tembok rumah dengan mudah dan praktis. Ada banyak cara yang bisa dipakai, sehingga perabotan maupun tembok bisa tetap terjaga terutama kualitasnya.

Sebab dengan kondisi tersebut, apabila rumah dijual masih memiliki harga yang cukup tinggi. Atau pun tidak, cara tersebut bisa menjaga kualitas dari rumah tetap baik dan bisa bertahan cukup lama.

Sekianlah tips yang bisa kita berikan buat kamu, semoga cara - cara tersebut bisa segera mengatasi permasalahan yang tengah kamu alami.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengusir Rayap Di Tembok Rumah, Praktis!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel