-->

Cara Memulai Bisnis Coworking Space yang Baik, Biar Untung

Ada banyak bisnis dibidang properti salah satunya adalah coworking space. Buat kamu yang kepikiran untuk mendirikan usaha ini, ada tips nih cara memulai bisnis coworking space yang benar biar menguntungkan.

Bisnis properti satu ini bergerak dalam bentuk penyewaan ruang kantor (kerja) yang dibutuhkan bagi mereka pelaku usaha entah UMKM maupun Start Up. Mereka melakukan penyewaan ruang kerja (kantor) karena biaya (finansial) yang cukup murah serta ada penyebab lainnya.

Saat ini makin banyak usaha - usaha atau start up yang bermunculan, dan umumnya membutuhkan sebuah ruang kerja (kantor). Di sinilah peluang usaha dari penyewaan ruang kerja (sewa kantor) terbuka lebar.

Cara Memulai Bisnis Coworking Space

Cara Memulai Bisnis Coworking Space

Sumber : Pixabay.com

1. Visi atau Tujuan Awal Coworking Space

Dalam memulai sebuah bisnis penyewaan ruang kerja (coworking space), kamu perlu menentukan visi (tujuan) dari pembentukan bisnis ini. Poin ini berguna sebagai gambaran siapa saja yang kemungkinan besar menyewa ruang kerja tersebut entah anak muda atau orang tua.

Bahkan bisa hanya sekadar tempat nongkrong, acara dan bekerja (pribadi dan team). Strategi ini bisa sangat berdampak pada bisnis ini ke depannya, sehingga akan ada perubahan berupa perkembangan.

2. Konsep dari Coworking Space

Poin berikutnya, kamu perlu memperhatikan konsep seperti apa yang akan kamu buat dalam coworking space tersebut. Ada banyak sekali konsep yang bisa kamu gunakan, sehingga properti dan kebutuhan bisa ditentukan dengan baik.

Beberapa contoh konsep coworking space :

  • Lingkungan atau Alam (organisasi pemerhati alam, pecinta Alam, dll)
  • Modern (developer sofware, engginer, dll)
  • Ceria
  • Kreatif (graphic designer, illustrator, dll)

3. Properti yang Sesuai dan Tepat dengan Konsep

Tujuan dan konsep sudah kamu tentukan, maka tugas kamu mencari properti (bangunan) yang bisa mendukung konsep tersebut. Perlu diperhatikan, properti  paling tidak memiliki ukuran yang tepat dan optimal.

Luas ruangan sangat perlu dipikirkan, sebab customer memiliki jumlah anggota (pekerja) yang tidak menentu.

4. Memilih Lokasi yang Tepat

Memilih lokasi yang strategis untuk sebuah bisnis memang sangat penting, tak terkecuali bisnis penyewaan ruang kerja (coworking space). Bisnis ini cenderung berpotensi besar apabila terletak di dekat pusat (daerah) bisnis.

Jadi, ruang bekerja bersama mudah untuk diakses (mudah dijangkau) oleh customer menjadi kunci terhadap lokasi coworking.

5. Pendanaan Membangun Bisnis

Memulai bisnis penyewaan ruang kerja ini, kamu perlu menyediakan paling tidak cukup banyak uang. Kamu bisa memilih pendanaan seperti apa yang akan digunakan, apakah menggunakan dana pribadi atau mencari investor.

Kalau bukan dari dana pribadi, kita bisa mendapatkannya melalui program pemerintah, venture capital hingga keluar. Selain itu, kita bisa mengajak kerja sama terhadap orang lain (terpercaya).

6. Struktur Harga Sewa

Penentuan tarif penyewaan ruang kerja bersama biasanya ditentukan dari masa waktu yang dibutuhkan dari customer. Bisa harian, mingguan, bulanan bahkan hingga tahunan bergantung kebutuhan klien.

Selain tarif standar kamu bisa memberikan harga yang cukup murah apabila ada yang menyewa dengan waktu yang cukup lama.

7. Menyiapkan Kebutuhan Customer

Setelah semuanya sudah, maka kamu perlu perhatikan apa - apa saja yang dibutuhkan oleh klien nantinya. Kebutuhan tersebut berupa peralatan yang akan menunjang dari pekerjaan klien

Kebutuhan tersebut diantaranya :

  • WiFi (jaringan internet) berkecepatan tinggi
  • Furniture (meja, kursi, lemari) yang nyaman
  • Kebutuhan konsumsi
  • Tempat istirahat (hiburan)

Itulah beberapa cara memulai bisnis coworking space, buat kamu yang ingin memulai bisnis ini. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan hingga benar - benar bisnis penyewaan ruang kerja terealisasi dengan baik.

Selain sebagai menjadi tempat usaha orang banyak, penyewaan ruang kerja bisa menciptakan sebuah komunitas. Di dalam komunitas ini bisa saja terjadi pertukaran pikiran hingga terjadi sebuah kerja sama.

Sekianlah dari kami, semoga tips atau langkah - langkah di atas bisa membantu untuk mewujudkan mimpi kamu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memulai Bisnis Coworking Space yang Baik, Biar Untung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel