Penyebab Tinta Printer Macet dan Cara Mengatasinya

penyebab tinta printer macet

Penyebab tinta printer macet - Urusan kantor, sekolah dan lainnya pasti akan berhubungan dengan sebuah dokumen. Tak hanya berbentuk soft file, melainkan dokumen berbentuk fisik yang juga dibutuhkan. Untuk mendapatkan lembaran dokumen fisik tersebut, maka kita perlu melakukan printing di rumah atau tempat fotocopy.

Akan lebih hemat apabila melakukan cetak dokumen dilakukan sendiri di rumah, sebab kita tidak perlu mengeluarkan biaya setiap cetak. Cara seperti ini lebih baik, sewaktu - waktu ingin cetak dokumen tinggal cetak tidak perlu keluar. Namun, kita harus bisa merawat segala komponen printer supaya tidak banyak mengalami masalah.


Penyebab Tinta Printer Macet


Karena ini perangkat elektronik yang rentan masalah, maka printer juga bisa timbul masalah entah dari segi hasil atau komponen di dalamnya. Hasil yang buruk seperti ada garis, tinta yang terlalu tebal, menjadi masalah yang sering timbul. Sedang pada komponen juga bisa dari catridge dan komponen penting lainnya pada printer.

Salah satu yang banyak dialami pengguna printer kebanyakan adalah masalah tinta printer yang macet alias tidak mau keluar. Alhasil, hasil cetakan yang di dapatkan tidak baik entah ada yang tidak tercetak alias belang - belang. Masalah ini tidak akan baik secara sendiri, dan perlu kita ketahui penyebab tinta printer macet (tidak mau keluar).

1. Tinta dalam Kondisi Habis

Permasalah hasil cetak yang tidak memuaskan di mana banyak yang tidak tercetak dengan baik. Ini terjadi karena tinta tidak keluar alias macet, dan membuat ada yang kosong di setiap hasil cetakannya. Kondisi seperti ini bisa saja disebabkan oleh kondisi tinta printer yang sudah habis alias kosong, atau paling tidak tinggal sedikit.

Mengetahui apakah tinta masih dalam kondisi sedikit bahkan habis bisa diketahui dari kondisi catridge. Jika kepala catrige dalam kondisi kering atau tidak basah, maka bisa dipastikan tinta dalam kondisi kosong. Untuk mendapatkan yang baik, sebaiknya dalam kondisi 20% sudah diisi kembali tinta.

2. Tinta kering

Pada kondisi yang sudah lama tidak terpakai, tinta bisa saja berubah tekstur dari yang cair menjadi mengental. Pemakaian yang sangat jarang, bisa membuat tinta menjadi kering dan menempel di dinding catrige. Tinta yang kering yaitu kondisi tinta yang sedikit kental dan bisa menyumbat kepala catrige dan keluar tinta menjadi tidak lancar.

Sebetulnya kondisi fisik dari si tinta tidak terlalu cair ata pun padat, jadi sedikit kental layaknya tinta yang pernah kita lihat dibulpen. Karena sifatnya tersebut, maka tinta akan denan cepat megalami peruubahan fisik hingga teksttur. Apabia kelamaan terkena  udara bebas, kemungkinan besar akan cepat kering dan menyumbat saluran tinta.

3. Head Catridge tersumbat

Dampak negatif dari tinta yang kering salah satunya adalah membuat head catridge menjadi kotor. Jalur tinta menjadi tidak lancar dan mengakibatkan hasil cetakan yang tidak memuaskan pengguna. Apabila head catrridge sudah kotor maka masalah lubang tersumbt menjadi lebih besar dan menyebabkan hasil printer yang tidak baik.


Cara Mengatasi Tinta Printer Macet dengan Mudah


Setelah kita mengetahui beberapa pennyebab di mana kondisi tinta printer mengalami kendala berupa macet. Kondisi seperti ini, tentu data - data yang sudah ditransfer tidak tercetak dengan baik. Alhasil, untuk menggunakan hasil cetakan tersebut untuk tugas harus pikir - pikir dua kali. Jadi, sebelum melakukan pencetakan kita harus melakukan pengujian terlebih dahulu.

Apabila sudah terlihat ada permasalahan terhadap tinta printer yang mengalami masalah maka kita bisa segera cepat permasalahannya. Dari pennyebab di atas kita bisa menentukan langkah apa yang perlu kita lakuka untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini beberapa caranya.

Baca juga : Cara mengisi tinta printer canon IP2770 infus

1. Mengisi tinta printer

Printer dengan tinta yang maet bisa saja disebabkan oleh karena kondisi tinta di dalam printer habis. Alhasil, data yang ada tidak dicetak dengan sempurna alias "bolong - bolong" dan mengmbut kitaa harus mengulanginya lagi. Untuk memastikan kalau tinta habis, kita bisa cek langsung diwadah tinta yang ada pada printer.

Jika sudah pasti kalau penyebab dari tinta printer macet karena habis maka kita bisa seera melakukan pengisian ulang. Pastikan saat proses pengisian tidak ssasmpai tumpah di mana - mana, sebab bisa juga mempengaruhi hasilnya nanti. Apalagi tumpaha mengenai disket atau cetakan nantinya.

2. Membersihkan catridge

Selain kondisi tinta printer yang habis, tinta macet bisa saja disebabkan oleh kondisi catridge yang kotor. Kondisi kotor ini sering terjai pada bagian kepala atau disebut head catridge. Pengumpalan dan pengeriga tinta pada catidge menghalangi jalan keluarnya tinta dan membuat tinta jadi tersendat aias macet ketika keluar.

Untuk penyebab yang satu ini kita bisa melakukan penyelesaian dengan cara membersihkan catridge. Pembersihn bisa kita lakukan dengan dua cara dari yang manual hingga sistem drive yang ada. Kalau manual kita bisa merendamnya di air hangat sedangkan dengan sistem kita bisa menggunakan driver printer untuk membersihkannya.

Sangat mudah dan minim penyebab apabila printer mengalami kemacetan pada bagian tinta. Mengenali masalah tinta yang macet sangat mudah untuk dikenali sebab sudah terlihat dari segi hasil yag dikeluarkan. Itulah penjelasan mengenai penyebab tinta printer macet dan cara mengatasinya dengan sangat mudah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Tinta Printer Macet dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel