Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbaharui di Daerah Pantai

Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbaharui di Daerah Pantai

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di daerah pantai - Di bumi tersimpan berbagai sumber daya alam yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Hadirnya sumber daya seperti ini tentu akan menunjang segala kegiatan makhluk hidup terutama manusia. Manusia di sini menjadi makhluk hidup yang paling sering memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Di dunia, sumber daya alam (SDA) terbagi menjadi 2 yaitu yang bisa diperbaharui dan ada juga yang tidak bisa diperbaharui. Kedua jenis sumber daya ini bisa dimanfaatkan, namun untuk segi jumlah ketersediaannya cukup bervariasi. Pada nama sumber daya, tentu bisa diketahui volume ketersediaan dari sumber daya apabila dimanfaatkan terus menerus oleh manusia.

Sumber Daya Alam yang Tidak dapat Diperbaharui di Daerah Pantai


Diberbagai daerah bisa ditemukan sumber - sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan. Contohnya pada tempat wisata sekalipun pasti juga ada seperti di pantai yang notabenenya sering dikunjungi oleh banyak orang. Di sana tersimpan berbagai jenis sumber daya alam dari yang bisa diperbaharui hingga yang tidak bisa diperbaharui.

Pantai diam - diam menyimpan berbagai sumber daya yang cukup banyak yang banyak orang ketahui. Dari sumber daya yang ada tersebut, bisa dipergunakan untuk berbagai hal dari kegiatan sehari - hari hingga membuka sebuah usaha. Dan kali ini ada contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui di daerah pantai.

1. Pasir

Pantai memang tidak terlepas dari pasir yang jumlahnya begitu banyak di pinggiran pantai. Pasir ini terbentuk karena batuan - batuan yang mengalami pengikisan oleh ombak laut yang menerjang terus - menerus. Untuk pasir pantai, terdapat beberapa jenis dari pasir hitam hingga pasir putih yang memiliki karakteristik yang cukup baik.

Pasir putih lebih cocok digunakan untuk keindahan (estetika) dalam sebuah ruang atau dekorasi. Sedangkan pasir hitam sangat cocok dipergunakan untuk pembangunan bangunan seperti rumah hingga gedung. Karena tidak bisa daur ulang alias metamorfosis maka jumlahnya akan menurun apabila dipergunakan terus menerus.

Baca juga : Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Gambarnya

2. Minyak Bumi

Selanjutnya ada minyak bumi yang mana sumber daya yang satu ini tidak bisa dilihat secara langsung oleh manusia. Ini dikarenakan letak dari minyak bumi berada jauh di dalam tanah yang memerlukan penambangan yang cukup dalam. Miinyak bumi menjadi salah satu hasil tambang yang cukup banyak dicari oleh berbagai negara karena fungsinya sebagai sumber energi.

Dari minyak bumi yang masih dalam kondisi mentah, apabila diproses akan menghasilkan berbagai produk yang berguna. Minyak tanah, solar, avtur dan lainnya yang notabenenya digunakan sebagai bahan bakar. Minyak bumi tergolong sebagai sumber daya yang tidak dapat dierbaharui juga karena tidak mengalami proses daur ulang. Dan jumlahnya akan terus - menerus turun.

3. Gas Bumi

Selain minyak, di dalam bumi jauh di dalam sana terdapat juga gas yang juga digunakan sebagai sumber energi. Layaknya minyak, gas bumi ini bisa dipergunakan untuk berbagai hal entah kebutuhan rumah tangga (gas elpiji), industri dan lainnya. Gas bumi terbentuk karena adanya fosil - fosil di dalam tanah yang mengalami tekanan entah suhu dan lainnya seperti halnya dengan minyak bumi.

Gas bumi ini diperlukan tindakan penambangan yang cukup dalam supaya bisa mendapatkan gas yang diinginkan. Dalam prosesnya tentu harus sesuai dengan SOP yang berlaku supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Seperti halnya dengan minyak bumi, gas bumi juga termasuk ke dalam sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.

Ada berbagai sumber daya yang bisa ditemukan di lepas pantai, dan kebanyakan berupa yang bisa diperbaharui. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dengan benar dan baik, tentu ketersediaannya bisa terjaga dan tidak terlalu cepat habis. Ini sangat diutamakan terutama pada yang tidak dapat diperbaharui. Walaupun begitu, yang bisa diperbaharui juga perlu hemat dalam mempergunakannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...