Pencemaran Tanah Akibat Hujan Asam yang Buruk bagi Kehidupan

Pencemaran Tanah Akibat Hujan Asam

Pencemaran tanah akibat hujan asam - Suatu kerusakan limgkungan memang sulit untuk dilakukan pencegahan. Perilaku manusia yang buruk serta perubahan iklim alam membuat lingkungan juga ikut berubah kondisinya. Perubahan yang terjadi bisa berbeda - beda, perubahan akibat iklim alam perbaikan bisa terjadi begitu saja waktu demi waktu.

Lain halnya dengan kerusakan yang diakibatkan oleh perilaku manusia, kerusakan yang terjadi susah dan butuh waktu lama untuk mengurainya. Salah satu kegiatan manusia yang cukup berdampak bagi kesehatan tanah dan air adalah pembangunan industri. Asap yang mengandung sulfur dan zat kimia berbahaya lainnya membuat perubahan pada kejadian alam.



Pencemaran Tanah Akibat Hujan Asam


Peristiwa air turun dari atas ke tanah (hujan) menjadi suatu hal yang memang normal terjadi. Dulu, hujan memiliki manfaat yang sangat baik dan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan hidup. Dan sekarang kondisi tersebut tidak sebaik dulu, hal ini dikarenakan sudah terjadi pencemaran akibat perkembangan teknologi.


Pendirian usaha - usaha industri yang menghasilkan asap yang di dalamnya ada kandungan sulfur tersu bertambah. Akibatnya, kandungan air dalam hujan terdapat asam yang bisa merusakan berbagai organisme dan benda - benda. Pencemaran tanah akibat hujan asam bisa saja terjadi karena tanah berubah sifat menjadi sedikit asam yang sangat tidak baik bagi tanaman dan air tanah.


Baca juga : Dampak Pencemaran Tanah bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Kadar asam pada air hujan sangat dipengaruhi oleh asap yang dihasilkan oleh perusahaan industri. Semakin tinggi produksi asap serta kandungan asam sulfur yang tinggi pula, maka makin berbahaya air hujan yang turun. Kerusakan yang berkaitan dengan kandungan asam ini ada besi, sebab asam akan merusak besi menjadi karat dan rapuh.



Dampak pencemaran tanah akibat hujan asam


Air hujan yang mengandung asam bisa mengganggu berbagai bagian kehidupan di dunia ini. Dari lingkungan hidup yang sedikit - sedikit makin rusak serta benda - benda mati tentu akan mulai terkikis kehadirannya. Sebetulnya ada banyak dampak buruk dengan hujan asam yang saat ini terjadi.


Karena hujan sudah tidak murni lagi atau bukan air yang bersih tentu organisme yang ada di dunia ini harus betul - betul menyesuaikan diri. Bukan hanya organisme hidup, abiotik di dunia juga bisa terpengaruh akan hadirnya hujan asam. Salah satunya dampak pencemaran tanah akibat hujan asam yang sangat berbahaya.


  • Air tanah berubah jadi asam
Tanpa disadari perubahan pada air tanah akan perlahan mengalami perubahan dari segi rasa dan sifat kimianya. Karena air hujan yang asam akan meresap ke dalam tanah dan membuat air tanah menjadi asam dan cukup tidak sehat. Jika dibiarkan berlalu begitu saja, kemungkinan besar akan berdampak buruk terutama bagi kehidupan. Entah itu manusia atau pun tumbuhan yang memang tanah menjadi media tumbuhnya.
  • Tumbuhan mengalami masalah
Pada awalnya, air hujan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan terutama bagi tumbuhan. Dengan air hujan, pertumbuhan dan perkembangan dari tanaman akan begitu baik sebab kebutuhan air tercukupi. Namun, setelah hadir air hujan yang bersifat asam tentu membuat kehidupan dari tumbuhan terganggu. Sebab sifat asam juga cukup merusak sehingga jaringan yang ada pada tumbuhan terganggu.
  • Kualitas tanah menjadi menurun
Kualitas tanah sangat dipengaruhi dari lingkungan yang ada disekitar kita. Apabila lingkungan bersih dan baik maka tanah tentu memiliki kualitas yang baik pula. Untuk saat ini, hal itu sulit ditemukan terutama pada musim penghujan. Bagaimana tidak, pada masa - masa tersebut membawa air asam yang merusak jaringan tanah. Akibatnya struktur tanah menjadi buruk dan pertumbuhan dari tanaman juga terganggu.

Ada banyak masalah yang ditimbulkan ketika suatu lingkungan alam mengalami kerusakan (pencemaran). Salah satunya tanah, tanah menjadi sumber kehidupan yang cukup penting untuk semua organisme yang ada. Apabila sudah mengalami pencemaran, maka habis sudah kehidupan yang layak dan sehat. Dan itulah beberapa pencemaran tanah akibat hujan asam yang saat ini terjadi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...