Jenis - Jenis Kemiskinan berdasarkan Sifatnya

Jenis - Jenis Kemiskinan berdasarkan Sifatnya

Jenis - jenis kemiskinan berdasarkan sifatnya - Selain pengangguran sebuah negara juga memiliki permasalahan lain yang cukup berat. Kemiskinan menjadi momok terbesar terutama bagi negara - negara berkembang. Tak hanya negara berkembang saja, negara - negara yang sebetulnya sudah maju tidak terlepas dari namanya kemiskinan atas rakyatnya.

Kemiskinan sendiri adalah sebuah kondisi di mana seseorang atau rakyat mengalami kekurangan dari berbagai aspek. Kemunculan dari rakyat yang mengalami kondisi seperti ini disebabkan oleh berbagai faktor dan paling banyak faktor ekonomi. Ekonomi yang sulit dalam sebuah negara tentu tingkat kemiskinan dari negara tersebut tentu juga cukup tinggi.

Jenis - Jenis Kemiskinan berdasarkan Sifatnya


Kebanyakan kemiskinan hanya terlihat biasa saja dan dilihat meraka yang mengalami hal tersebut mengalami kekurangan. Dalam ilmu pengetahuan, sebuah kemiskinan terbagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok ini didasarkan pada sebuah sifat yang artinya jenis kemiskinan menurut sifat dari kemiskinan itu sendiri.

Kemiskinan yang ada bisa ada sesuai dengan sifatnya, sehingga rakyat yang kekurangan muncul karena sebuah sifat tertentu. Ada beberapa jenis dari kemiskinan menurut sifatnya, dan perlu kita ketahui lebih dalam mengenai hal tersebut. Kali ini akan membahas mengenai jenis - jenis kemiskinan berdasarkan sifatnya beserta contohnya.

1. Kemiskinan Alamiah

Kemiskinan alamiah adalah sebuah kemiskinan yang terbentuk sebagai akibat adanya kelangkaan sumber daya alam dan minimnya ketiadaan prasarana dan kondisi yang kurang mumpuni. Dalam kemiskinan jenis ini lebih diakibatkan karena faktor - faktor alami yang memang bisa terjadi kapan saja tanpa orang lain ketahui sebelum.

Daerah - daerah yang lingkungan kurang bersahabat memiliki faktor kemiskinan yang cukup besar. Selain itu, wilayah yang belum tersentuh akan kebijakan ekonomi bisa menjadi pemicu mengapa banyak rakyat yang mengalami kondisi yang memprihatinkan. Kebijakan di sini terutama pada kebijakan pembangunan entah itu di sektor ekonomi.

2. Kemiskinan Buatan

Kemiskinan buatan adalah kemiskinan yang disebabkan karena perkembangan zaman di mana masyarakatkurang baik dalam menerima dan pemerintah kurang tepat dalam mengambil kebijakan. Pada era modernisasi tentu sebuah negara membangun banyak fasilitas yang diperuntukan memang untuk kesejahteraan rakyatnya.

Namun, ketika rakyat ingin merasakan mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk menguasa sarana dan prasarana yang ada. Untuk dalam hal ini adalah menguasai sumber daya alam serta fasilitas pembangun di sektor ekonomi. Alhasil, mereka menjadi gagap bukan  hanya teknologi saja melainkan gagap ekonomi (GapEk).

Baca juga : Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli Ekonomi

Kemiskinan buatan akan sangat mudah terjadi pada negara - negara berkembang yang banyak mengeluarkan kebijakan ekonomi. Kebijakan ekonomi ini awalnya bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dari yang rendah ke tinggi. Dari kebijakan tersebut sering terjadi ketidakmerataan entah lebih fokus ke industri dan meninggalkan sektor lain seperti pertanian.

Contoh kemiskinan alamiah dan buatan


Karena kemiskinan menjadi salah satu penilaian yang cukup penting dalam sebuah negara di dunia. Penyelesaian yang digunakan tentu saja disesuaikan dengan kondisi kemiskinan yang sedang terjadi. Sehingga solusi yang diberikan bisa terarah dan permasalahan yang ada dapat di atasi dengan segera menggunakan solusi - solusi yang tepat.

Jenis - jenis kemiskinan yang ada berdasarkan sifatnya memang hanya ada dua jenis namun mencakup semua kemiskinan yang ada. Di atas telah diketahui bahwa pengertian - pengertia dari 2 jenis kemiskinan tersebut. Berikut ini kami berikan ulasan mengenai contohnya dari kemiskinan tersebut.

Contoh dari kemiskinan alamiah adalah masyarakat yang kurang atau tidak bisa memanfaatkan SDA (entah karena kesempatan atau kebijakan yang ada). Sedangkan contoh kemiskinan buatan adalah petani di mana kebijakan ekonomi pemerintah lebih tertuju pada sektor industri dan melupakan sektor pertanian.

Sebuah kemiskinan menjadi salah satu momok yang patut diperhitungkan ketika membangun sebuah negara yang maju. Mengetahui jenis kemiskinan yang melanda pada suatu wilayah bisa membuat keputusan atas solusi kemiskinan tersebut. Dengan begitu, masalah kemiskinan bisa diatasi secara tepat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Jenis - Jenis Kemiskinan berdasarkan Sifatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel