Cara Mempercepat Koneksi WiFi pada Windows 7

Cara Mempercepat Koneksi WiFi pada Windows 7

Cara mempercepat koneksi wifi pada windows 7 - Penggunaan internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lagi dilepaskan. Hampir semua kegiatan dengan perangkat elektronik selalu tersambung dengan koneksi internet. Hal itu berguna supaya manusia bisa menelusuri atau menjelajahi dunia maya dengan mudah entah mencari informasi atau kebutuhan lainnya.

Mengakses atau menggunakan internet bisa dilakukan dengan berbagai perangkat dari mulai handphone android atau iOS dan laptop. Pada handphone maka pengguna akan dengan mudah melakukan akses terhadap internet. Sehingga manusia seperti kita sangat cepat menjelajah dunia maya hanya berbekal handphone dan internet yang ada.



Cara Mempercepat Koneksi WiFi pada Windows 7


Pada perangkat handphone kita bisa dengan leluasa menggunakan koneksi internet dikarenakan kartu provider yang digunakan. Berbeda halnya dengan perangkat laptop atau komputer yang sama - sama sering kita gunakan. Di sini tidak menggunakan kartu provider, melainkan akses wifi atau koneksi yang didapat dari perangkat wifi untuk bisa internet-an.


Sayangnya, ada beberapa kendala yang pasti akan terjadi ketika menggunakan internet salah satunya dengan wifi ini. Permasalahan yang paling sering adalah di sisi kecepatan di mana kecepatan yang ada tidak mumpuni alias lambat. Dan itu bisa terjadi pada perangkat apapun terutama windows 7. Sekarang ini akan ada cara mempercepat koneksi wifi pada windows 7 yang bisa dijadikan referensi.



Cara mempercepat koneksi internet di pc windows 7


Upaya untuk memperbaiki koneksi internet kita perlu paham dengan berbagai aspek yang mempengaruhinya. Sebab, dalam masalah ini tidak hanya terletak pada perangkat wifi bisa saja prosessor yang dimiliki oleh laptop atau komputer yang sedang digunakan. Akibatnya, kurang mumpuni-nya mesin sehingga mempengaruhi kualitas koneksi internet wifi.


1. Setting bandwidth laptop atau komputer


Menjalankan berbagai aplikasi tentu akan berdampak pada penggunaan bandwidth yang besar pula. Akan ada satu atau dua yang perlu dikorbankan performanya, dan bisa saja itu fitur wifi yang ada. Pada umumnya, pada perangkat sudah teratur pada angka 20% dari kapasitas. Dan dalam menyelesaikan masalah ini kita bisa meningkatkan nilai bandwidth yang ada.

  • Pertama buka program Run dengan kombinasi tombol Windows + R dan akan muncul pop up Run tersebut
  • Terbuka, ketik gpedit.msc dan klik Ok
  • Pada jendela baru akan terlihat hasil dari pencarian sebelumnya, di sini klik 2X pada Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
  • Pada menu Limit Reservable Bandwidth, silakan kita klik 2X
  • Halaman selanjutnya, pilih enable kemudian ganti 20% menjadi 0% terakhir klik Ok
  • Bila sudah selesai, tinggal kita restart ulang laptop atau komputer kita

2. Mengaktifkan DNS Cache

DNS berfungsi sebagai fitur untuk mencari jaringan berupa TCP atau IP yang ada di komputer, laptop atau pun handphone. Sedangkan cache, adalah fitur menyimpan riwayat yang telah terjadi sebelumnya. Penerapan DNS cache ini sangat baik digunakan ketika menggunakan internet sehingga kita bisa mendapatkan koneksi yang baik pula.
  • Langkah awal buat dokumen berupa notepad, silakan buka notepad
  • Di sini silakan copy beberapa kode di bawah ini;
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]"CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001"CacheHashTableSize"=dword:00000180"MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00"MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d

  • Simpan dan beri nama dnscache.reg
  • Untuk menggunakan ini kita bisa klik 2X setiap ingin melakukan browsing dengan mendapatkan koneksi yang cepat




3. Pilih Provider yang Belum terlalu banyak Pemakai

Setiap kali sebuah provider wifi muncul, pasti memiliki layanan koneksi internet yang baik dan terbilang cepat. Sayangnya itu terjadi hanya ketika awal saja dan saat sudah ramai pemakai maka bisa saja koneksi internet bisa turun. TErlebih lagi bagi mereka yang hanya bisa mendapatkan layanan yang cukup rendah.

Untuk mendapatkan koneksi yang baik pada wifi laptop kita, maka kita perlu memilih dan menggunakan provider yang masih jarang pemakai. Walaupun jarang, bukan berarti jelek ya bisa saja masih banyak orang yang tidak tahu. Alhasil, koneksi masih fresh dan tidak terlalu terbagi dengan banyak pengguna yang sama lainnya.

Mungkin itu saja sih, sebab dalam masalah seperti ini ada banyak faktor dari masalah provider hingga perangkat yang kita pakai. Pada bagian provider, kita harus bijak dalam memilih mana - mana saja provider yang patut kita gunakan. Sedangkan, bagian perangkat bisa dilakukan pengaturan yang berhubungan dengan masalah ini. Alhasil cara mempercepat koneksi wifi pada windows 7 bisa berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mempercepat Koneksi WiFi pada Windows 7"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel