Dampak Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik

Dampak Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik

Dampak positif perkembangan iptek di bidang politik - Semakin maju sebuah peradaban maka teknologi di dalamnya juga semakin meningkat. Berbagai peralatan elektronik dibuat untuk memudahkan segala kegiatan yang manusia lakukan. Salah satu wujud hasil dari perkembangan IPTEK munculnya smartphone dan lainnya.

Tidak hanya pada teknologi saja, ilmu pengetahuan juga meningkat dengan pesat. Alhasil berbagai penemuan selalu tercipta dan menjadi sebuah pembelajaran baru. Dampak dari perkembangan tersebut bisa menciptakan hal positif maupun negatif. Kedua dampak ini akan terus berdampingan ketika sebuah perkembangan muncul.

Dampak Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik


Akan semakin baik, apabila perkembangan dari ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK ini muncul dampak baik. Jika itu terjadi, maka bisa saja sebuah negara atau kecilnya daerah bisa berkembang maju. Dampak positif yang di terima tidak hanya pada satu atau dua bidang saja, melainkan beberapa sekaligus.

Bidang politik, menjadi bidang yang sangat perlu menanggapi perkembangan IPTEK yang memang sedang terjadi. Dengan begitu, kehidupan politik dapat berjalan lebih luas dan berkembang dibanding sebelumnya. Dan berikut ini kita akan menjelaskan mengenai dampak positif perkembangan IPTEK di bidang politik.

  • Demokrasi pada beberapa negara akan mendapatkan dorongan konsolidasi, sehingga demokrasi mereka akan lebih kuat. Perkembangan IPTEK yang ada menumbuhkan tindakan yang bisa membuat politik menjadi kuat itulah artinya konsolidasi.
  • Hubungan diplomatik antar negara akan menjadi lebih kuat dan baik. Hal ini di dukung dengan komunikasi yang lebih mudah, sehingga sebuah negara bisa lebh cepat mendapatkan kabar dari negara lain.
  • Kerja sama antar negara - negara akan lebih cepat dan mudah diterima dan disetujui oleh negara yang menjalin hubungan. Itu semua karena jalinan yang sudah lebih kuat dan erat, sehingga ketika negara lain mengalami kesusahan dapat segera dibantu.
  • Membantu meningkatkan nilai - nilai dari sebuah sistem demokrasi. Demokrasi memiliki arti kebebasa dalam mengutarakan pendapat. Yang sebelumnya masyarakat sulit memberikan aspirasi sekarang sudah dimudahkan.
  • Jalinan kerja sama skala internasional akan menjadi lebih luas dan meningkatkan-nya. Hubungan antar negara biasanya akan menciptakan suatu hubungan yang harmonis sehingga kerja sama yang ada menjadi semakin baik.
  • Keikutsertaan yang dilakukan secara aktif akan menghasilkan sebuah perdamaian dunia. Ini bisa terjadi karena adanya hubungan yang erat pada bidang politik k yang didasari oleh perkembangan IPTEK.
  • Peranan dari masyarakat akan lebih aktif atas hadirnya teknologi, sehingga masyarakat bisa berpartisipasi langsung. Aspirasi bisa dilakukan masyarakat dengan mudah karena ada situs resmi untuk menampung hal tersebut.
  • Munculnya berita politik lebih cepat dari pada sebelumnya yang perlu menunggu waktu yang cukup lama. Teknologi yang berkembang pesat sebagai bagian IPTEK membuat jalur berita berjalan dengan cepat.
  • Ketika adanya keperluan politik ke daerah yang cukup jauh, bisa menggunakan teknologi yang sudah ada. Tak melulu bertatap muka langsung, pertemuan kerja sama bidang politik juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan.
Ada banyak sekali dampak - dampak positif perkembangan IPTEK di bidang politik yang bisa diperoleh. Yang paling penting, dalam dunia politik ini harus bisa memanfaatkan perkembangan IPTEK yang ada. Dengan begitu, negara demokrasi bisa berjalan lebih baik lagi terutama untuk masyarakat. Aspirasi dari mereka sangat penting, sebab negara atau pemerintah ada memang itu mereka. Sekianlah ulasan untuk saat ini semoga aja bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...