Contoh Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Alam Sekitar

Contoh Interaksi Manusia dengan Lingkungannya

Contoh interaksi manusia dengan lingkungannya alam sekitar- Di dunia ini, makhluk hidup pasti akan mengalami dan melakukan interaksi. Walaupun interaksi yang dilakukan tidak hanya sesama saja, melainkan dengan lingkungan sekitar. Peristiwa seperti ini memang tidak bisa terelakkan sebab makhluk hidup memang membutuhkan hal dari lingkungan sekitar. 

Layaknya manusia, manusia juga sangat memiliki ketergantungan dengan lingkungan alam di daerahnya. Ya, karena manusia tidak bisa hidup tanpa melakukan interaksi dengan lingkungan hidup atau pun mati di sekitarnya. Dan kali ini saya coba memberikan contoh interaksi manusia dengan lingkungannya.

Ada banyak bentuk dari interaksi yang dilakukan oleh makhluk hidup terutama manusia terhadap lingkungan. Biasanya kita mengetahui bahwa interaksi hanya terjadi pada manusia antar manusia atas sesama makhluk hidup. Padahal, dengan kita melakukan beberapa kegiatan juga termasuk ke dalam sebuah interaksi.


Contoh Interaksi Manusia dengan Lingkungannya


Lingkungan alam yang ditempati oleh manusia telah banyak menyumbang berbagai hal yang tentunya banyak memberikan manfaat. Pemanfaatan alam, terjadi melalui proses dan kegiatan antara manusia dengan lingkungannya. Tanpa kita sadari, hal tersebut merupakan sebuah bentuk interaksi antara kita sebagai manusia dengan lingkungan.

Banyak sekali kegiatan manusia dari mulai profesi-nya, kegiatan harian, dan lainnya yang menghasilkan bentuk interaksi. Dari ulasan tersebut, tentu kita sudah mengetahui gambaran mengenai contoh interaksi manusia dengan lingkungannya. Apabila di antara kalian belum juga mengetahuinya berikut ini contoh interaksi-nya.

1. Mencari ikan di laut lepas

Salah satu contoh dari interaksi manusia dengan lingkungannya adalah profesi sebagai nelayan di lautan lepas. Di sana, manusia berinteraksi langsung dengan alam berupa laut atau pantai. Bentuk interaksi mereka seperti menerjang ombak, melawan ganas-nya ombak besar dan lainnya. Namun, hasilnya nelayan bisa mendapatkan hasil tangkapan berupa hasil laut.

2. Bertani di sawah menanam sayuran

Profesi lainnya adalah kita sebagai petani yang memiliki kegiatan sepanjang hari di ladang atau sawah. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, dan contoh interaksi yang di hasilkan seperti pengolahan tanah, proses penanaman tanaman. Banyak tanaman yang bisa ditanam oleh para petani dari mulai buah, tanaman obat hingga sayuran. Hasilnya, para petani mendapatkan panen berupa bahan pangan, sandang dan obat.

Baca juga : Tuliskan 3 Dampak Pencemaran Tanah terhadap Lingkungan

3. Melakukan penghijauan

Penggundulan hutan akibat penebangan liar oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab memang menimbulkan masalah yang beragam. Solusinya, manusia bisa menerapkan penanaman kembali atau penghijauan. Cara ini juga termasuk ke dalam sebuah interaksi manusia dengan lingkungannya. Hal ini bisa dilihat dimana manusia mencoba memperbaiki kondisi lingkungan dengan menanam kembali tanaman

.4. Mencuci pakaian dan mandi di sungai

Aktivitas orang - orang zaman dahulu bisa menjadi contoh interaksi manusia dengan lingkungannya. Bagaimana tidak? sebab, kebanyakan aktivitas yang dilakukan selalu bergantung dengan alam salah satunya mencuci pakaian. Dalam mencuci pakaian hingga mandi, sering dilakukan di aliran sungai yang ada di dekat lingkungan mereka. Walaupun, ada banyak hal lainnya yang bisa dilakukan lagi oleh manusia.

5. Menjemur pakaian

Sebelum adanya pengering pakaian yang menggunakan mesin, manusia menggunakan panas matahari untuk melakukannya. Hal ini wajar saja, mengingat manusia belum se-maju sekarang ini yang bisa menciptakan berbagai benda aneh nan berguna. Tapi jangan salah, hal ini adalah bentuk manusia melakukan interaksi dengan lingkungan di sekitar mereka. Yang mana manusia memanfaatkan panas matahari untuk mengeringkan berbagai hal tidak hanya pakaian.

6. Pembuangan limbah di sungai

Bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alam di sekitarnya tidak selalu positif bagi lingkungan yang ada. Sering kali, ada beberapa bentuk interaksi yang malah berdampak buruk bahan merusak lingkungan yang ada. Pembuangan limbah ke sungai menjadi bentuk interaksi yang negatif dari manusia dengan lingkungan hidup di sekitarnya. Hasilnya, kerusakan alam yang timbul dan merugikan berbagai aspek salah satu pada manusia sendiri.

7. Pembakaran untuk lahan

Hutan menjadi sumber oksigen dan disebut sebagai paru - paru dunia yang tentunya sangat peting bagi kehidupan manusia. Namun, karena keinginan manusia yang serakah maka terjadilah pembukaan lahan. Banyak cara yang dilakukan salah satunya melakukan interaksi dengan lingkungan berupa pembakaran hutan. Kerusakan tentu tidak terelak-kan lagi bagi hutan. Paru - paru bumi akan terancam rusak. Dan ini menjadi, salah satu contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam sekitar yang negatif.

Nah, itulah berbagai contoh dari sebuah interaksi yang dilakukan oleh manusia terhadap lingkungan alam sekitar. Ada banyak contoh dari mulai yang berdampak positif hingga berdampak buruk. Dampak yang dihasilkan tentu akan kembali lagi kepada manusia sebagai kunci dari interaksi ini bisa terjadi. Sekianlah ulasan kali ini semoga bisa bermanfaat buat kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel