Contoh Amanah dalam Kehidupan Sehari Hari dan Memahami Maknanya

Contoh Amanah dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh amanah dalam kehidupan sehari hari - Sikap - sikap mulia atau baik memang harus ditanamkan sedini mungkin. Dengan begitu, ketika kita sudah dewasa maka bisa memiliki sifat yang baik dan berdampak baik pula bagi kita sendiri. Dalam menerapkan sikap atau sifat mulia ini bisa diterapkan di semua lingkup lingkungan.

Ada berbagai macam sikap mulia yang memang harus benar - benar kita tanamkan dalam diri kita. Sikap mulia diantaranya adalah istiqomah, jujur dan amanah ketiga sikap yang baik ini dapat memberikan hikmah yang baik dalam kehidupan. Pada artikel kali ini kita akan mengulas mengenai contoh amanah dalam kehidupan sehari - hari.

Menerapkan sikap baik tidak hanya dilakukan pada hari - hari tertentu saja apalagi pada lingkungan yang tertentu pula. Penerapan perilaku seperti ini ada baiknya bisa dikerjakan sepanjang hari, entah usia sebaya atau pada orang yang lebih tua atau pun muda. Dengan begitu kita bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi.


Contoh Amanah dalam Kehidupan Sehari Hari


Amanah menjadi salah satu sikap mulia yang benar - benar kita tegak-kan. Bagaimana tidak, hal ini berhubungan erat dengan kepercayaan seseorang terhadap kita. Apabila kita tidak menerapkan amanah ini, maka kita bisa saja tidak dipercaya lagi oleh orang lain terhadap berbagai hal yang tengah terjadi.

Pengertian amanah adalah sikap yang bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan kepada kita oleh orang lain. Dan orang tersebut bisa berhasil menjalankan tanggung jawab tersebut dengan baik dan hasilnya kita dapat dipercaya. Lawan dari aman adalah khianat, atau tidak mau bertanggung jawab dengan amanahnya. Berikut ini beberapa contoh amanah dalam kehidupan sehari hari.

1. Mengerjakan soal ulangan tanpa mencontek, menjadi contoh paling mendasar dalam hal pengaplikasian amanah di kehidupan. Mengerjakan soal secara mandiri tanpa melihat orang lain, sudah menggambarkan tanggung jawab atau amanah dari guru.

2. Membayar sesuatu yang dibeli, dengan pas tanpa ada unsur mengurangi atau melebihkan. Berbelanja juga bisa menumbuhkan sikap amanah yaitu membayar sesuatu yang akan kita beli dengan jumlah yang pas.

3. Mengembalikan sesuatu yang tidak kita miliki, Sesuatu yang tidak miliknya memang sudah sepantasnya kita kembalikan. Sebab, barang temuan bukanlah hak kita, melain hak orang yang kehilangan barang tersebut.

4. Menempati janji yang sudah dibuat, menjadi sebuah hal yang wajib dikerjakan bagi mereka yang mengucapkan janji tersebut. Orang yang janji, akan dipegang kepercayaannya atau amanah yang sedang ia pegang.

5. Perintah Allah dijalankan dengan baik, hal ini sesuai janji kita sebelumnya kita dimasukkan ke dalam jasad ketika masih di alam ruh. Di dunia tersebut kita telah berjanji akan mentaati semua perintah dari Maha Pencipta.

6. Jaga diri dari perbuatan yang berdosa, hal ini dikarenakan kita telah berjanji untuk menjalankan semua perintahnya. Selain itu, kita perlu menjauhi segala perbuatan - perbuatan yang menimbulkan dosa sebab tubuh kita ini adalah amanah dari tuhan.

7. Bagi bendahara menjaga uang kas dengan baik, uang yang masuk sangat perlu kita awasi dan jaga dengan baik. Ini semua karena uang yang kita pegang bukanlah hak dan milik kita melainkan hanya amanah yang diberikan kepada kita.

8. Menjalankan tugas dengan baik, apalagi sebagai pemimpin atau wakil rakyat yang dipilih langsung oleh banyak orang, Dengan kepemimpinan yang kita miliki seharusnya kita jalankan dengan baik karena kita telah diberikan kepercayaan oleh banyak orang.

9. Mengutarakan pesan sesuai yang ada, tanpa ada pengurangan atau pun penambahan kalimat yang tidak sesuai. Pesan dari orang lain yang harus kita sampaikan memiliki arti yang penting dan kita sudah dipercaya. Jadi, kita perlu menyampaikan dengan apa adanya juga.

10. Tindakan korupsi dijauhkan sejauh - jauhnya, karena korupsi mencerminkan sikap khianat yang berkebalikan dari amanah. Jadi, kita sangat perlu menjauhi sikap korupsi tersebut karena memang sesuai penjelasan sebelumnya.

Baca juga : Perbedaan Takdir dan Nasib Menurut Agama Islam

Memahami Makna Perilaku Amanah dalam Kehidupan Sehari Hari


Dalam perilaku amanah ada makna yang terkandung di dalamnya yang membuat sebuah kebaikan dalam berperilaku. Sifat amanah, sudah sepatutnya kita tanamkan dalam diri kita supaya kita bisa di hidup dengan nyaman. Setelah kita mengetahui beberapa contoh penerapan dari amanah, selanjutnya kita perlu memahami makna perilaku amanah supaya kita benar - benar tahu apa yang kita kerjakan dengan sifat amanah ini.

Mengetahui arti atau makna amanah, bisa membuat kita semangat untuk menerapkan sifat baik yang satu ini. Sebab, dampak yang diberikan tentu akan lebih baik dibanding dengan perbuatan jelek. Pada beberapa ayat Al Quran terdapat beberapa makna yang menjelaskan mengenai Amanah ini. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai memahami makna perilaku amanah dalam kehidupan sehari hari.

  • "Hai orang - orang yang beriman janganlah kamu mengkhianati amanah - amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kami mengetahui" (QS 8:27)
Dari salah satu arti ayat satu ini, kita mengetahui bahwa amanah berkaitan dengan sebuah kepercayaan. Yang mana seseorang mempercayakan sesuatu kepada orang lain untuk menjalankannya. Apabila tidak menjalankan sesuai amanah yang diberikan maka kita telah berkhianat kebalikan dari sifat baik amanah.
  • Sifat manusia yang mampu memelihara stabilitas rohaninya, tidak berkeluh kesah bila ditimpa kesusahan, tidak melampaui batas ketika mendapat kesenangan (QS 70:32)
  • Larangan menyembunyikan kesaksian atau keharusan memberikan kesaksian yang benar (QS 2:283)

Ada banyak contoh amanah dalam kehidupan sehari - hari yang bisa kita terapkan dalah kehidupan. Bukannya tanpa ada dampak, akan ada efek baik jika kita menerapkan sikap amanah ini. Salah satunya adalah faktor kepercayaan orang - orang terhadap kita, sehingga banyak orang masih percaya pada kita. Itulah penjelasan kali ini semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel