Apa Makna Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bagi Bangsa Indonesia

Apa Makna Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bagi Bangsa Indonesia

Apa makna proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 bagi bangsa indonesia - Kemerdekaan memang menjadi cita - cita sebuah negara untuk bebas dari sebuah penjajahan yang dilakukan oleh negara lain. Kita tahu bahwa penjajahan terhadap sebuah negara menjadi satu bentuk penindasan.

Penindasan di sini bisa berupa pembunuhan, penyiksaan dan banyak lagi kekerasan. Indonesia, berhasil mendapatkan sebuah kemerdekaan melalui sebuah usaha yang begitu keras. Dan pada bulan agustus 1945 Indonesia melakukan proklamasi kemerdekaan. Lalu, apa makna proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 bagi bangsa Indonesia.

Kita sebagai pemuda Indonesia, harus tahu mengenai makna proklamasi, sebab ini menjadi bentuk penghargaan terhadap perjuangan para pahlawan. Kita tidak boleh menyia-nyiakan perjuangan yang begitu berat oleh para pahlawan. Dan, jangan sampai generasi muda lupa apa makna di dalam sebuah proklamasi yang dilakukan oleh rakyat Indonesia.


Apa Makna Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bagi Bangsa Indonesia


Setelah sekian lama dijajah oleh berbagai negara di mulai benua eropa seperti Spanyol, Portugis, dan Belanda. Di lanjut benua asia oleh negara Jepang dengan jangan waktu yang cukup lama. Namun, karena kegigihan dari para pahlawan zaman dulu sehingga Indonesia bisa mendapatkan kemerdakaan-nya sendiri tanpa campur tangan negara lain, apalagi di dapat atas pemberian.

Oleh karena perjuangan yang berat untuk mendapatkan kemerdekaan serta untuk mempertahankannya. Maka kita sebagai rakyat terutama pemuda - pemudi Indonesia harus tahu mengenai apa makna proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 bagi bangsa Indonesia. Ada beberapa makna di dalam proklamasi, berikut ini beberapa penjelasan mengenai hal itu.

1. Awal dari pemerintahan Indonesia

Ketika masa - masa penjajahan oleh bangsa Belanda dan Jepang, Indonesia selalu di dalam kekuasaan pemerintahan bangsa penjajah. Alhasil, Indonesia tidak dapat mengatur bangsa sendiri akibat negara penjajahan. Namun, setelah mengalami kemerdekaan tepatnya pada 17 Agustus 1945 maka Indonesia memiliki pemerintahannya sendiri. Dan bangsa penjajah tidak boleh ikut campur di dalamnya.

2. Terwujudnya cita - cita perjuangan

Bagi negara - negara yang terjajah tentu saja sebuah kemerdekaan menjadi hal yang sangat diinginkan. Rakyat Indonesia pun demikian, kemerdekaan dan terbebas dari penjajahan menjadi sebuah surga yang paling diinginkan. Setelah proklamasi dan menyatakan kemerdekaannya, menjadi sebuah titik awal dari terwujudnya cita - cita perjuangan bangsa Indonesia sejak zaman penjajahan.

3. Terbebas dari penjajahan yang kejam

Penjajahan berisi berbagai hal yang cukup menakutkan di dalamnya. Kekerasan, pemerasan dan tindakan kejahatan lainnya pasti terjadi. Dengan pernyataan kemerdekaan yang dilakukan oleh Indonesia, maka bangsa Indonesia resmi terbebas dari penjajahan. Walaupun, pada awal kemerdekaan Indonesia tetap di serang karena penjajah tidak mengakui kemerdekaan yang dilakukan dengan susah payah.

Baca juga : Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia

4. Terbentuklah negara kesatuan Indonesia

Sebuah negara yang dijajah dan belum menyatakan kemerdekaan belum bisa disebut sebagai negara atau bangsa yang satu. Hal ini bisa terjadi karena, hak dan kekuasaan dari negara tersebut masih ditangan negara penjajah. Berbeda hal jika negara tersebut, misal Indonesia yang menyatakan kemerdekaan, maka resmi Indonesia berdiri di tanah mereka sendiri. Alhasil, sedikit demi sedikit terbentuklah negara Indonesia yang kuat.

5. Puncak dari jerih payah perjuangan

Perjuangan yang dilakukan oleh pahlawan zaman dahulu tentu memiliki sebuah tujuan yang besar. Dan tujuan mereka mungkin banyak dan salah satu dan paling utama adalah memperoleh kemerdekaan. Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 agustus 2019 bisa saja menjadi sebuah puncak dari perjuangan. Bagaimana tidak, masa ini menjadi masa di mana mereka bisa terbebas dari kejam-nya penjajahan yang banyak memakan korban.

6. Penderitaan rakyat mulai mereda

Dalam masa penjajahan tidak ada sesuatu hal yang menyenangkan di dalamnya, yang ada hanya kesengsaraan yang begitu berat. Kerja paksa yang di alami oleh rakyat Indonesia memberikan dampak buruk bagi mereka dari kelaparan, kematian dan lainnya. Dengan hadirnya kemerdekaan yang dilakukan oleh Indonesia menjadi momentum berakhirnya penderitaan rakyat. Negara penjajah pun diharuskan meninggalkan bangsa Indonesia dan tidak ada lagi penjajah di tanah air Indonesia.

7. Harkat martabat bangsa Indonesia meningkat

Sebuah bangsa yang telah menyatakan kemerdekaan dan terbebas dari penjajahan tentu membuat harkat dan martabat menjadi meningkat. Hal ini berbeda dengan bangsa yang masih terus menerus di jajah, mereka masih dikendalikan dengan tangan para penjajah dan tidak bisa bebas untuk bergerak. Proklamasi yang dilakukan 17 agustus 1945 memberikan perubahan yang cukup signifikan bagi bangsa Indonesia.

8. Adanya kesempatan untuk lebih maju

Bangsa yang sudah merdeka dan bebas dari segala bentuk penjajahan tentu lebih leluasa dalam melakukan berbagai hal. Mengatur bangsa dan negara dengan baik maka bisa menciptakan kemajuan yang bermanfaat untuk dirinya dan dunia. Kemerdekaan tidak hanya bebas dari penjajahan secara fisik saja melainkan dari segala aspek. indonesia setelah merdeka tidak langsung membaik, melainkan secara bertahap dan menjadi negara yang besar.

9. Menciptakan bangsa yang berdaulat

Setelah menyatakan kemerdekaannya, bangsa Indonesia tentu harus menciptakan kedaulatan di dalam wilayahnya. Karena Indonesia terdiri dari berbagai pulau dengan keberagaman di dalamnya. Maka Indonesia perlu menerapkan fungsi kedaulatan secara ke dalam alias ke wilayahnya sendiri. Sebuah bangsa tentu tidak bisa berdiri sendiri, dan perlu bantuan dari bangsa lain. Di sini, ini merupakan penerapan dari kedaulatan secara ke luar.

Ada banyak makna proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 bagi bangsa Indonesia yang harus kita ketahui. Kita hidup sekarang ini lebih enak karena perjuangan berat yang telah dilakukan oleh para pahlawan zaman dulu. Oleh karena itu, kita tidak boleh melupakan begitu saja apa - apa saja makna dari proklamasi tersebut. Sekianlah artikel kali ini, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat buat kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel