Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri - Cirinya

Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri - Cirinya
Share
Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri - Cirinya

Kenampakan alam wilayah daratan dan ciri cirinya - Bumi terbagi menjadi 2 wilayah yaitu daratan dan perairan yang keduanya memiliki luas yang sangat besar. Namun, sebagian dunia ini terdiri dari wilayah perairan yang mencapai 70% dari luas wilayah bumi.

Wilayah - wilayah tersebut juga bisa disebut sebagai sebuah kenampakan alam atau bentang alam. Kenampakan dari kedua wilayah tersebut memang memiliki berbagai macam, yang bisa menjadi pembelajaran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ciri - cirinya.

Kita sebagai manusia hidup dan berkembang di wilayah daratan, sehingga kita akan banyak mengetahui struktur daratan. Hal ini berbanding terbalik dengan wilayah perairan di mana kita manusia sangat minim pengetahuan mengenai wilayah perairan. Namun, untuk kenampakan wilayah perairan, kita sudah cukup banyak tahu mengenai hal tersebut.

Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri - Cirinya


Daratan di bumi tidak hanya sekadar daratan saja, melainkan ada beberapa jenis dan nama yang berbeda. Hal ini bisa dibedakan melalui berbagai sudut pandang, dari mulai bentuknya, struktur da lainnya. Untuk bentang alam daratan terbagi menjadi beberapa bagian yang dilihat dari bentuknya dan letaknya.

Disetiap jenisnya memiliki ciri - ciri tertentu, sehingga kita bisa mengetahui apakah itu jenis daratan tertentu. Sebelumnya, kenampakan daratan adalah sebuah bentang alam yang ada di daratan. Sehingga segala bentuk daratan akan dijelaskan di dalamnya. Langsung saja berikut ini beberapa ciri dari kenampakan alam wilayah daratan.

1. Dataran tinggi

Dataran ini terletak di ketinggian sekitar 300 - 600 meter di atas permukaan air laut. Umumnya, pada wilayah ini memiliki udara yang dingin dan menyejuk-kan. Tak jarang digunakan sebagai tempat perkembangan perkebunan dari mulai teh, kopi dan lainnya. Jadi tak khayal, kalau di dataran tinggi kita akan melihat banyak tanah lapang yang ditanami berbagai tanaman.

2. Dataran rendah

Wilayah dataran rendah terletak pada ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan air laut. Pada area ini terdapat banyak sekali kenampakan alam perairan dari mulai sungai hingga danau. Apabila dataran tinggi sering digunakan untuk kegiatan perkebunan, dataran rendah cenderung ke kegiatan yang beragam dari industri, perkantoran bahkan pertanian.

3. Pegunungan

Wilayah ini terdapat pada ketinggian yang paling tinggi yaitu berkisar di atas 700 meter di atas permukaan air laut. Seperti dataran tinggi, pegunungan memiliki udara yang segar dan sejuk serta bebas dari polusi udara. Hutan pada area ini terjaga dengan baik dan sering digunakan sebagai lokasi perlindungan flora dan fauna dari kepunahan.

4. Lembah

Dataran yang dikelilingi oleh pegunungan atau pun perbukitan yang luasnya mencapai beberapa kilometer persegi. Pembentukan sebuah lembah diakibatkan oleh proses alam atau geologis. Jadi, ciri - ciri dari kenampakan alam daratan lembah adalah dihimpit oleh perbukitan yang cukup tinggi dengan udara yang cukup panas atau hangat.

Baca juga : Pengaruh Letak Geologis terhadap Kondisi Alam Indonesia

5. Tanjung

Sebuah kenampakan daratan yang menjorok ke depan alias mengarah ke lain. Atau disebut juga daratan yang dikelilingi oleh lautan di ketiga sisinya dari mulai depan dan samping kanan dan kiri. Apabila tanjung tersebut memiliki luas yang cukup besar bisa disebut sebagai semenanjung. Jadi, cirinya adalah daratan yang menjorok ke arah laut dan ketiga sisinya dikelilingi laut. Tanung sering digunakan sebagai tempat berlabuh kapal besar.

Uraikan pengertian wilayah dataran tinggi


Dataran di bumi ini terbagi menjadi beberapa bagian sesuai yang telah dijelaskan di atas. Salah satunya dataran adalah dataran tinggi yang terletak pada 300 - 600 meter di atas permukaan air laut. Pada umumnya pada jenis dataran yang satu ini digunakan untuk kegiatan pertanian atau pun perkebunan sebab tanah dan udaranya sangat cocok.

Jadi, pengertian dataran tinggi adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 300 meter dari atas permukaan air laut. Adanya dataran tinggi diakibatkan dari proses erosi yang terus menerus terjadi dan proses sedimentasi. Di Indonesia memiliki beberapa dataran tinggi yang cukup menarik di setiap daerahnya.

Dari dataran tinggi tersebut memiliki udara dan struktur tanah yang masih sangat baik. Alhasil, banyak masyarakat yang memanfaatkan-nya sebagai ladang pertanian maupun perkebunan. Tanaman yang sering ditanam pada area seperti ini contohnya adalah tej, kopi, cengkeh, dan tanaman yang membutuhkan udara yang sejuk.

Contoh kenampakan alam di dataran rendah


Selain dataran tinggi, bentuk dataran lainnya adalah dataran rendah yang memang banyak dan cukup luas area-nya di Indonesia. Pada dataran rendah ini, terletak pada 200 meter di atas permukaan air laut. Sehingga, kalau dilihat dari ketinggian tersebut dataran rendah terbilang cukup atau relatif rendah dibanding dengan dataran lainnya.

Struktur dataran rendah cenderung lebih datar dan memiliki luas yang cukup besar dibanding dengan dataran tinggi. Pada dataran rendah, kegiatan yang dilakukan masyarakat cenderung beraneka ragam. Dari mulai pertanian, perkantoran atau bisa dibilang sebagai pusat kegiatan.

Sebetulnya, kita hidup banyak di wilayah dataran rendah dan sebagian lagi terletak pada dataran tinggi. Hampir di semua pulau di Indonesia pada dataran rendah digunakan sebagai pusat kegiatan dari ekonomi, sosial dan lainnya. Langsung saja saya berikan beberapa contoh kenampakan alam di dataran rendah.

Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri - Cirinya
Perminyakan - dataran rendah 
Kegiatan penambangan minyak dan pengumpulan hasil minyak banyak dilakukan pada dataran rendah. Selain ketersediaan, proses penambangan bisa dilakukan dengan mudah karena dataran yang cukup baik. Salah satu tempat penampungan minyak bumi di jawa tengah berada di Cilacap.

Kenampakan Alam Wilayah Daratan dan Ciri - Cirinya
Pemukiman dan perkantoran - dataran rendah

Berbeda dengan dataran tinggi yang cenderung unggul pada kegiatan pertanian. Sedangkan pada dataran rendah lebih beragam dari mulai pertanian hingga industri. Selain kegiatan ekonomi, dataran rendah menjadi tempat pemukiman yang banyak dipilih masyarakat. Salah satu alasannya adalah sistem transportasi yang baik.

Nah, itulah penjelasan mengenai kenampakan alam wilayah daratan dan ciri - cirinya. Ada beberapa bentuk dari sebuah daratan yang bisa diketahui melalui bentuk dan ketinggiannya. Dari daratan yang beraneka ragam memiliki manfaat dan fungsi mereka sendiri. Sekianlah ulasan kali ini semoga bisa bermanfaat buat kita semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel