Cara Mengobati Cantengan di Jari Tangan dengan Cara Alami

Cara Mengobati Cantengan di Jari Tangan

Cara mengobati cantengan di jari tangan - Kuku yang tumbuh dengan posisi yang tidak sesuai bisa menimbulkan luka yang cukup serius. Tidak sesuai-nya posisi tumbuh si kuku bisa terjadi pada semua jari entah pada kaki atau pun pada tangan. Namun, yang paling berisiko terkena masalah seperti ini pada kaki.

Iya, permasalahan kuku seperti ini dikenal sebagai cantengan pada kuku jari yang sering menyebabkan jari bernanah. Jari tangan juga tidak bisa lepas terkena serangan ini, jadi ada cara mengobati cantengan pada jari tangan  dengan mudah.

Perawatan yang tidak baik pada kuku jari, akan meningkatkan risiko dari serangan masalah ini. Laki - laki atau pun perempuan entah dia pekerja, siswa bisa saja mengalami masalah ini kapan saja. Aktivitas mereka terutama pada kaki sering membuat kuku kaki tumbuh dengan tidak baik. Sehingga memunculkan masalah cantengan dan harus dilakukan perawatan.

Cara Mengobati Cantengan di Jari Tangan


Ya, selain pada jari kaki kita masalah cantengan juga bisa menyerang pada jari - jari manis di tangan kita. Gejala dan penyebab dari cantengan pada tangan sebetulnya sama saja dengan apa yang terjadi pada kaki. Walaupun pada tangan memiliki volume yang sangat jarang ketimbang kaki yang memang memiliki risiko yang lebih tinggi.

Ketika kita mengalami masalah seperti ini, apabila dibiarkan akan menjadikan masalah ini menjadi lebih parah lagi. Jadi, harus ada penanganan segera supaya luka akibat pertumbuhan kuku yang salah bisa teratasi. Langsung saja berikut ini langkah - langkah untuk menyelesaikan masalah cantengan kita.

1. Merendam tangan di air garam

Langkah awal yang bisa kita lakukan adalah dengan merendam tangan yang mengalami cantengan ke dalam air garam yang hangat. Kegiatan seperti ini akan membuat rasa sakit akibat cantengan bisa sedikit mereda dari pada sebelumnya. Selain itu, berguna pula untuk menurunkan pembengkakan pada jari yang mengalami kuku yang bermasalah.

Baca juga : Penyebab Betis Pegal dan Sakit Serta Cara Mengatasi Betis Sakit

Pada saat kita merendam jari tangan, coba deh kita buka kulit atau menggeser kulit menjauhi dari kuku. Ini supaya air garam hangat bisa masuk dengan mudah ke titik masalah yang ada. Dengan begitu, rasa sakit yang timbul akibat masalah ini bisa mereda secara bertahap. Lakukan cara ini beberapa kali atau sekitar 4 kali sehari.

2. Keringkan, dan jaga kondisi jari tetap kering

Langkah berikutnya, kita harus mengeringkan jari terutama pada area yang luka. Setelah merendam tangan ke air garam hangat, segera keringkan dengan handuk dengan cara tidak mengusap-nya. Ketika beraktivitas pastikan juga luka cantengan tetap dalam kondisi kering dan tidak lembab. Hal ini bisa mencegah pertumbuhan dari bakteri pada luka yang ada.

3. Memotong kuku yang tumbuh tidak baik

Memang akan cukup sulit untuk memotong hanya sekadar merapikan kuku yang tumbuh secara tidak rapi. Kita bisa melakukannya dengan cara baik, teliti dan tidak tergesa - gesa sebab bila tidak tenang bisa kena luka. Rapi-kan kuku yang tidak rapi, terutama yang tumbuh menusuk ke arah kulit. Pastikan ketika memotong kuku tidak dilakukan secara dalam atau terlalu mengarah ke dalam.

4. Konsumsi obat pereda nyeri

Tidak kuat menahan rasa sakit plus nyeri yang timbul akibat pertumbuhan kuku yang salah?. Jika iya, kita bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit yang timbul pada jari kita. Kalaupun kita kuat menahan dan rasa tersebut hanya kadang kala, kita bisa memilih tidak untuk meminumnya. Jadi, cara ke-4 ini bersifat opsional sesuai kebutuhan kita atau pribadi sendiri.

5. Memberikan antibiotik

Luka pada tubuh kita apalagi menghasilkan nanah yang cukup banyak, maka akan berisiko timbul infeksi. Untuk menghindari hal itu terjadi, kita bisa memberikan salep atau obat oles berupa antibiotik. Dengan cara ini, kita bisa mengurangi risiko luka cantengan yang ada dari serangan infeksi. Selain itu, tentu akan mencegah pertumbuhan bakteri atau virus yang bisa memperburuk keadaan.

6. Berikan perban kasa

Ketika ingin melakukan aktivitas entah di rumah atau ke luar, ada baiknya kita balut luka dengan perban. Layaknya luka pada tubuh lainnya, dengan cara ini bisa melindungi luka dari hal - hal asing. Setelah menggunakan perban dari kasa, apabila kita pengguna sarung tangan ada baiknya menghindari hal tersebut. Hal tersebut supaya si luka atau cantengan tidak bertambah.

Nah, itulah beberapa langkah dalam cara mengobati cantengan di jari tangan dengan baik dan benar. Ada beberapa hal yang patut kita perhatikan supaya waktu untuk penyembuhan bisa terjadi dengan cepat. Apabila anda tengah mengalami masalah ini, segera praktek-kan cara di atas. Sekianlah artikel kali ini, semoga dengan penjelasan di atas dapat bermanfaat buat kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengobati Cantengan di Jari Tangan dengan Cara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...