Tujuan Pameran Seni Rupa di Sekolah bagi Siswa

Tujuan Pameran Seni Rupa di Sekolah

Tujuan pameran seni rupa di sekolah - Pameran memang identik dengan seni pertunjukan terhadap hasil - hasil karya manusia. Dari kita, pasti pernah dengar tuh kata pameran entah di lingkungan masyarakat atau pun sekolah.

Salah satu seni yang sering melakukan pameran adalah seni rupa yang memang hasilnya harus dipamerkan. Supaya, hasilnya bisa diamati dan dilihat oleh banyak orang. Lokasi pameran bisa di mana saja, mulai di gedung, rumah bahkan di sekolah. Kemudian, apa sih tujuan pameran seni rupa di sekolah?.

Seni rupa banyak menghasilkan sebuah produk - produk yang begitu baik dan cukup diminati. Alhasil, bagi kita yang memang peminat dari hasil - hasil seni tentu harus tahu jadwal pameran. Dengan begitu, kita akan tahu, hasil karya dari seniman yang luar biasa.


Tujuan Pameran Seni Rupa di Sekolah


Dari penjelasan di atas, sudah sedikit membahas mengenai sebuah tujuan dari pelaksanaan suatu pameran seni rupa. Pada dasarnya, melakukan kegiatan pameran entah itu di mana, biasanya memiliki tujuan yang sama salah satunya untuk seni rupa seperti ini.

Pada sekolah - sekolah tertentu, khususnya sekolah seni pasti akan melakukan kegiatan pameran. Hal ini cukup penting entah bagi seniman atau penonton yang datang untuk melihat. Jadi, apa sih tujuan pameran seni rupa di sekolah? berikut ini ulasan tujuannya,

1. Untuk sosial, entah pelaksanaan pameran dilakukan dengan skala besar atau kecil di sekolah. Dengan tujuan untuk kegiatan sosial entah itu berupa sumbangan terhadap orang miskin dan lainnya. Sumbangan bisa di dapat dari penjualan dari produk seni rupa atau pun penjualan tiket.

2. Untuk komersial, Pelaksanaan pameran seni rupa di sekolah bisa bersifat komersial alias mencari profit. Keuntungan yang di dapat bisa di dapat untuk seniman atau pun penyelenggara pameran tersebut. Jadi, pameran di maksudkan supaya ada penjualan produk seni yang dipamerkan.

3. Untuk kemanusiaan, Layaknya sosial, pameran bisa dimaksudkan sebagai tujuan kemanusiaan. Kemanusiaan di sini bisa berupa untuk melestarikan, pembinaan serta mengembangkan seni rupa yang ada. Selain itu, hasil - hasil penjualan produk seni rupa nantinya akan diberikan atau arahkan ke kegiatan kemanusiaan.

4. Untuk pembelajaran, Kegiatan pameran yang dilakukan di lingkungan sekolah pastinya ada maksud pembelajaran. Selain tujuan di atas, pameran seni rupa bisa memberikan atau menumbuhkan sikap apresiasi siswa terhadap seniman. Dengan begitu, kita tahu bagaimana menyikapi hasil dari seorang seniman.

Baca juga : Macam - Macam Pola Lantai pada Tari dan Contoh Tarianya

Itulah beberapa tujuan pameran seni rupa di sekolah yang perlu kita ketahui untuk menjawab soal. Kalau pameran yang dilakukan di sekolah, sebenarnya dia lebih menekankan pada edukasi alias pembelajaran.

Yang mana, siswa bisa mengetahui ilmu yang didapat melalui pelaksanaan pameran di lingkungan sekolah. Pembelajaran yang di dapat berupa apresiasi terhadap seniman, memberikan tanggapan dan lainnya. Sehingga membuat siswa menjadi lebih aktif.

Nah, itu saja pembahasan yang bisa kami berikan mengenai tujuan pameran seni rupa di sekolah. Ada banyak tujuan di balik pelaksanaan dari sebuah pameran yang dilakukan. Sekianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...