Persebaran Flora dan Fauna di Dunia beserta Contohnya

Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Persebaran flora dan fauna di dunia - Makhluk hidup di dunia ini, memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda - beda. Setiap daerah, biasanya memiliki flora dan fauna yang unik dan tidak dimiliki di daerah lain. Hal ini bisa dipengaruhi oleh persebaran yang mungkin tidak banyak diketahui manusia.

Beberapa hewan dan tumbuhan, ada yang tinggal di beberapa tempat saja dan tidak ada ditempat lainnya. Persebaran yang tidak beraturan tersebut, membuat tempat tinggal mereka bebas. Dan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai persebaran flora dan fauna.

Flora dan fauna, merupakan bagian makhluk hidup yang ada di dunia ini. Keberadaan mereka akan selalu saling mempengaruhi satu sama lainnya. Dan keberadaan mereka bisa berbeda dari daerah satu dengan daerah lainnya. Hal itu bisa terjadi karena persebaran yang mereka lakukan dulu.


Seperti apa persebaran flora dan fauna di dunia ini?


Telah kita ketahui bahwa, flora dan fauna di dunia ini sebelumnya telah mengalami perpindahan alias persebaran. Makanya, ada beberapa daerah yang memiliki flora atau pun fauna yang sama. Contohnya Papua dengan Australia yang memiliki kesamaan pada fauna yang dimilikinya.

Dampak dari persebaran ini, membuat beberapa daerah di dunia bisa memiliki atau pun tidak memiliki flora dan fauna yang sama. Hal ini, kembali lagi dari perilaku hewan dan tumbuhan ketika adanya perubahan di bumi. Langsung saja, berikut ini penjelasan mengenai persebaran flora dan fauna di dunia.

#Persebaran fauna di dunia


Hewan atau fauna akan dengan mudah melakukan perpindahan ke suatu daerah yang mereka inginkan. Mereka ana berpindah dan menetap, dan pola perpindahan alias persebaran mereka ter-gambar dalam sebuah peta. Peta tersebut, menggambarkan beberapa daerah di mana kita bisa menemukan fauna tersebut.

1. Paleartik

Fauna jenis ini adalah hewan - hewan yang berada ditempat aslinya. Persebaran fauna ini ada di seluruh benua Eropa, Rusia, sekitar kutub utara dan lainnya. Contoh dari fauna jenis paleartik adalah kelinci, anjing, kelelawar, kijang dan masih banyak lainnya.

2. Neartik

Fauna neartik memiliki area persebaran seperti Amerika Serikat, Amerika Utara, dan Greenland. Hewan - hewan di wilayah ini contohnya adalah bison, domba gunung, kalkun liar dan lainnya. Selain itu, ada beberapa hewan yang sama dengan fauna paleartik di zona ini.

3. Neotropik

Fauna neotropik mengalami penyebaran di wilayah Amerika Selatan dan banyak di area Meksiko. Area ini memiliki iklim tropis serta iklim sedang di sebelah selatan. Contoh dari fauna adalah ikan piranha, belut listrik, tapir, kera hidung merah dan kelelawar penghisap darah.
4. Ethiopia

Wilayah persebaran dari fauna ethiopia adalah benua Afrika, Madagaskar serta Asia. Hewan - hewan yang hidup seperti gajah afrika, gorila, babon, jerapah, kijang, singa dan lainnya. Pada wilayah ini, juga terdapat beberapa hewan oriental seperti kucing, tikus, bajing dan lainnya.

5. Oriental

Fauna oriental memiliki wilayah persebaran seperti area Asia Selatan, Asia Tenggara termasuk Indonesia di dalamnya. Contoh fauna yang ada zona ini adalah badak, gajah, orang utan, reptil seperti ular, buaya, biawak dan lainnya.

Baca juga : Contoh Komponen Biotik dan Abiotik di Lingkungan Sekolah

6. Australia

Fauna dari australia memiliki wilayah persebaran seperti benua Australia, Papua, Maluku dan beberapa mulai di dekatnya. Hewan - hewan di area ini contohnya kangguru, koala, platipus dan lainnya. Untuk burung adalah burung cendrawasih, kasuari, kakatua.

#Persebaran flora di dunia


Selain persebaran para fauna, flora di dunia menyebar hampir ke seluruh belahan dunia. Makanya, setiap daerah di dunia ini terdapat tanaman endemik alias hanya ada di daerah tertentu saja. Persebaran flora di dunia terbagi menjadi beberapa bagian, berikut ini ulasan-nya.

1. Hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis adalah bioma hutan yang selalu dalam keadaan basah atau lembab. Letak hutan ini pada daerah tropis dengan intensitas hujan yang cukup tinggi. Daerah yang memiliki hutan seperti ini ada di area Asia, Australia, Afrika, Amerika Selatan, Meksiko, dan daerah lainnya.

2. Hutan gugur

Hutan gugur merupakan bioma hutan terdapat tumbuhan yang menggugurkan daun - daun-nya di musim tertentu. Hutan gugur bisa di temukan di benua Amerika seperti Amerika Serikat atau pun di Eropa kaya Jerman dan Denmark. Daun - daun yang berguguran diakibatkan pasokan air yang berkurang serta cuaca yang panas.

3. Sabana

Sabana atau disebut juga padang rumput adalah area yang luas dan ditumbuhi dengan berbagai macam rumput. Tanaman yang tumbuh rata - rata adalah tanaman tidak berkayu seperti rumput contohnya. Hutan kaya gini banyak ditemukan di daerah Eropa seperti Swiss, Belanda, Spanyol dan lainnya.

4. Tundra

Tundra sendiri adalah sebuah bioma di mana pertumbuhan dari tanaman terhambat karena suhu rendah. Sehingga, di daerah tundra tidak terdapat banyak pepohonan karena hambatan suhu. Umumnya tanaman yang tumbuh adalah rumput, lumut, tumbuhan kayu yang pendek dan tumbuhan biji se-musim.

5. Taiga

Taiga atau hutan konifer adalah hutan yang tersusun atas tanaman konifer, pinus dan lainnya. Tumbuhan tak berkayu seperti semak serta tumbuhan basah hanya tumbuh dengan jumlah sedikit. Hutan seperti ini banyak berada di area belahan utara bumi seperti Rusia dan Kanada. Karakteristik dari tanaman hutan taiga adalah daun berbentuk duri dan kandungan lilin.

6. Gurun

Gurun merupakan sebuah area yang memiliki intensitas hujan yang sangat rendah. Gurun didominasi dengan pasir dan bebatuan saja. Tanaman yang bisa bertahan di padang pasir seperti rumput tertentu, kaktus, pohon kurma dan zaitun. Kondisi ini banyak ditemukan di area Afrika Utara, Australia, Indonesia, Amerika Utara dan lainnya.

Nah bagaimana pembahasan mengenai persebaran flora dan fauna di dunia? Ada banyak sekali makhluk hidup yang ada dan terletak ditempat - tempat yang mungkin banyak tidak diketahui. Sekianlah artikel kali ini, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel