Letak Perbedaan Ceramah dan Pidato Berdasarkan Cirinya

Perbedaan ceramah dan pidato

Perbedaan ceramah dan pidato - Di berbagai kesempatan kita sudah banyak mengetahui mengenai ceramah atau pun pidato. Kalau di acara agam islam sering ada sesi ceramah yang dilakukan oleh pemuka agama alias ustadz.

Tapi, untuk acara dunia seperti memperingati hari lahir sering ada sesi pidato oleh penjabat setempat. Kedua hal ini memiliki struktur yang hampir mirip. Namun, tetap saja ada perbedaan ceramah dan pidato yang bisa anda ketahui. Dan kali ini kita akan membahas hal tersebut secara tuntas supaya kita lebih mengenal arti keduanya.

Penerapan kedua kegiatan ini, biasa dilakukan pada acara - acara penting atau sedang melakukan kegiatan. Dari ceramah dan pidato, biasanya berisi berbagai hal - hal yang dapat memberikan motivasi atau ajaran baik kepada semua orang.


Perbedaan Ceramah dan Pidato


Ceramah adalah kegiatan komunikasi 2 arah antara pembicara dan pendengar yang dilakukan pada sesi tanya jawab. Sering kali, ceramah lebih berisi pada ajaran - ajaran yang religius atau mengenai keutamaan, larangan dan agama.

Sedang pidato, adalah bentuk komunikasi 1 arah yang hanya dilakukan oleh pembicara saja. Untuk pidato, sering diisi dengan informasi - informasi yang bersifat umum, jadi bisa membahas segala hal dari urusan dunia hingga agama.

Namun, dari kedua kegiatan ini memiliki perbedaan yang bisa anda ketahui. Memang, hampir sama dari mulai penyampaian-nya hingga pelaksanaan-nya. Langsung aja, berikut ini ulasan mengenai perbedaan ceramah dan pidato.

1. Menurut bentuk komunikasi

Dalam sesi ceramah, biasanya terjadi komunikasi antara pembicara dan pendengar melalui sesi tanya jawab. Komunikasi ini menyimpulkan kalau ceramah adalah bentuk komunikasi 2 arah. Sedangkan pidato, dia lebih ke pembicara mengutarakan sesuatu dan pendengar hanya diam mendengarkan saja.

2. Menurut topik-nya

Dari segi topik, ceramah bisa diisi dengan berbagai informasi alias bebas mau mengutarakan apa saja. Namun, sering kali berisi mengenai ajaran - ajaran agama yang tentu berhubungan dengan kebaikan. Untuk pidato, lebih mengutarakan hal - hal yang bersifat umum dan bisa menyinggung berbagai hal.

3. Menurut insteraksi

Pada bagian ceramah, sering terjadi interaksi antara pembicara dengan pendengar sebab sifatnya 2 arah. Berbeda dengan pidato, dia lebih menekan-kan pada asupan  pembicara saja dan tidak ada interaksi. Interaksi pada ceramah seperti pembicara bertanya kepada pendengar, untuk pidato hampir tidak terjadi hal tersebut.

Baca juga : Ciri Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah beserta Contohnya

4. Menurut lokasi

Pelaksanaan kegiatan ceramah bisa dilakukan di berbagai tempat dari mulai bus, rumah, masjid dan lainnya. Sedangkan pidato, biasanya dilaksanakan pada forum - forum tertentu atau instansi. Jadi, ceramah bisa dilakukan lebih fleksibel sebab tidak memandang tempat sedangkan pidato dia lebih tertuju pada tempat resmi.

5. Menurut waktu

Waktu pelaksanaan ceramah, sebetulnya bisa dilakukan kapan saja tidak terlalu memperhatikan hari - hari tertentu. Untuk pidato, waktu bisa dilakukan kapan saja juga, namun kebanyakan dilakukan pada hari - hari tertentu. Nah, untuk urusan waktu pelaksanaan kedua hal ini sebetulnya bisa dilakukan kapan saja.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel