Ads 720 x 90

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas (PT) Terbuka / Tertutup

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas

Kelebihan dan kekurangan perseroan terbatas (PT) - Bentuk - bentuk usaha masyarakat dunia memiliki macam - macam bentuk. Namun, yang jelas sih usaha yang dilakukan diluar campur tangan pemerintah bersifat swasta alias miliki swasta. Sehingga segala urusan perusahaan akan di tangani sendiri tanpa campur tangan pemerintah.

Salah satu bentuk usaha swasta dari masyarakat adalah perseroan terbatas, alias PT. Pendirian sebuah PT bisa dilakukan oleh semua orang dengan izin usaha tentunya dari pemerintah. Hadirnya usaha jenis ini memiliki keuntungan tersendiri. Dan kali ini kita akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan perseroan terbatas.

Di Indonesia, berdirinya PT atau perseroan terbatas, memang banyak sekali jumlahnya. Hal ini juga tentu membantu pembangunan dan wilayah negara. Dalam pendiriannya, perseroan terbatas harus ada perjanjian dari beberapa orang. Beberapa orang tersebut akan menanamkan modalnya berupa saham dengan dibentuknya akta notaris.

Kelebihan dan Kekurangan Perseroan Terbatas (PT)


Berdirinya sebuah usaha swasta seperti ini, tentu akan memberikan dampak terhadap ekonomi di masyarakat. Terutama di sekitarnya sebab bisa menjadi lapangan pekerjaan bagi mereka yang tidak bekerja. Selain dampak positif tentu ada beberapa dampak negatif yang akan diberikan.

Selain itu, ada loh kelebihan dan kekurangan dari pendirian perseroan terbatas ini. Lalu seperti apa kekurangan dan kelebihan tersebut?. Berikut ini penjelasan mengenai permasalahan di atas.

#Kelebihan perseroan terbatas

  • Pemegang saham akan memiliki tanggung jawab yang terbatas terhadap utang - utang miliki perusahaan. Jadi, apabila perusahaan punya utang maka pemegang saham hanya perlu bertanggung jawab sebesar saham yang dimilikinya.
  • Dari segi badan hukum perseroan terbatas sangat terjamin. Sebab kepemilikan tidak bergantung pada beberapa orang alias pemilik bisa berganti - ganti.
  • Kepemilikan perusahaan sangat mudah berganti tangan. Sebab, pergantian hanya perlu menjual belikan saham kepada orang lain.
  • Untuk memperluas usaha dari perusahaan dapat dilakukan dengan mudah. Caranya adalah hanya perlu mengeluarkan saham - saham baru.
  • Pengelolaan sumber - sumber modal akan dikelola dengan baik dan efisien. Hal ini dikarenakan, dikelola oleh manajemen dan spesialisasi.
  • Dengan adanya jaminan hukum yang baik. Membuat perusahaan menjadi terpercaya dan meningkatkan keberlangsungan perusahaan.
  • Perusahaan dapat dengan mudah meningkatkan pengelolaan sumber daya. Dengan cara, mengganti pekerja dengan cara melakukan PHK.

#Kekurangan perseroan terbatas

  • Perseroan terbatas menjadi subyek pajak tersendiri. Ketika pendapat dari perusahaan, tentu akan dilakukan pemotongan pajak. Setelah itu, pemegang saham akan diberikan bagian dan akan dikenakan pajak kembali. Dengan begitu pemotongan pajak dilakukan 2 kali dari perusahaan mau pun kepada pemegang saham.
  • Proses dari pendiri perusahaan jenis perseroan terbatas ini tergolong sulit. Sebab, dalam pembangunannya, dibutuhkan akta notaris serta surat izin khusus terhadap usaha. Hal ini berbanding terbalik dengan usaha swasta lainnya yang cenderung lebih mudah.
  • Pendirian pada perseroan terbatas, biasanya akan memakan biaya yang cukup besar. Makanya, dibutuhkan partner yang cukup banyak untuk membangun sebuah usaha perseroan terbatas ini.
  • Perusahaan jenis perseroan terbatas, biasanya rahasia dapur sangat sulit untuk dirahasiakan. Pasalnya, hampir setiap pekerjaan entah itu laba akan dilaporkan kepada pemegang saham. Sehingga, privasi dari perusahaan akan diketahui oleh cukup banyak orang.
  • Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tidak bisa terlalu leluasa. Sebab, mereka harus taat dan patuh terhadap segala regulasi pemerintah.
Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari perseroan terbatas alias PT. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam mendirikan sebuah usaha swasta. Sebab, ada regulasi pemerintah yang harus diperhatikan.

Kalau tidak, bisa - bisa usaha yang ingin kita ingin dirikan ditolak dan harus dibubarkan. Selain itu, perhatikan juga kelebihan dan kekurangan di atas, supaya bisa menjadi tolak ukur dan gambaran. Sekianlah artikel kali ini, semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu menyelesaikan masalah anda.
Newest Older

Related Posts

Subscribe Our Newsletter