Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari Hari Skip to main content

Postingan Terbaru

Featured post

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details

Insurance Policy Coverage Endorsement Approval Details - Brief Explanation Of What Will Be Covered In The Essay In this essay, I will be discussing TOPIC/ISSUE. The purpose of this essay is to STATE PURPOSE. This essay will begin by DESCRIBE FIRST POINT. Next, DESCRIBE SECOND POINT. Finally, DESCRIBE THIRD POINT. Through this analysis, it will become clear that STATE THESIS/ARGUMENT. In order to fully understand TOPIC/ISSUE, it is important to consider DISCUSS ADDITIONAL POINTS IF NECESSARY. By the end of this essay, you will have gained a comprehensive understanding of TOPIC/ISSUE. Overview Of Insurance Policies Insurance policies are contracts between an individual or an entity and an insurance company that provide financial protection against unforeseeable events. They are designed to safeguard individuals, businesses, and assets from the risks and damage that can be caused by unfortunate occurrences, such as accidents, natural disasters,

Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari Hari

Contoh algoritma dalam kehidupan sehari hari - Penggunaan algoritma sering kita jumpai pada perangkat elektronik atau yang berhubungan dengan teknologi. Contoh dari penggunaan algoritma terdapat pada search engine seperti google, youtube, Bing dan lainnya.

Tak hanya pada teknologi saja, dalam kehidupan sehari - hari kita juga menggunakan algoritma. Ada banyak kegiatan yang mengusung algoritma, seperti apa contoh algoritma dalam kehidupan sehari - hari, berikut ulasan-nya.

Sebelum membahas mengenai contoh dari algoritma, tahu enggak sih apa itu algoritma? Pengertian algoritma adalah urutan langkah dalam menyelesaikan perkara disusun secara sistematis. Jadi, itu adalah proses dari sebuah kegiatan dan disebut sebagai algoritma.


Contoh Algoritma dalam Kehidupan Sehari Hari


Setelah kita mengetahui apa arti dari algoritma sendiri, pastinya kita akan mulai tahu apa saja contoh dari penerapan algoritma. Ada banyak aktivitas yang tentunya mengusung sebuah proses yang disusun secara berurutan.

Jika kita masih belum tahu apa - apa saja contoh dari algoritma sebaiknya kita pahami sebentar definisi dari masalah ini. Atau, anda bisa baca ulasan di bawah mengenai contoh algoritma dalam kehidupan sehari - hari.

1. Mengirim surat

Dalam melakukan pengiriman surat, kita pasti akan melakukan berbagai langkah yang tersusun secara urut. Lalu, seperti apa algoritma dalam kita mengirim surat dari awal hingga diterima oleh penerima. Berikut contohnya,
  • Siapkan kertas dan amplop
  • Tuliskan pesan pada kertas sesuai keinginan anda
  • Bila sudah, lipat kertas dan masukan ke dalam amplop
  • Rekat-kan penutup amplop
  • Dan bubuh-kan alamat tujuan
  • Sekarang, pergi ke kantor pos
  • Dan tunggu hingga proses pengiriman
Di atas, contoh dari langkah - langkah yang dilakukan secara urut dan sistematis. Apabila tidak dilakukan dengan urut, maka hasil yang diberikan akan aneh bahkan tidak jadi. Ingin tahu lebih banyak lagi contoh dari algoritma dalam kehidupan sehari - hari? berikut ini contohnya.

2. Makan

Setiap kita ingin makan, maka kita harus melakukan berbagai kegiatan yang akan tertuju pada aktivitas makan. Dan kegiatan tersebut juga termasuk ke dalam algoritma sebab tersusun secara rapi dan sistematis.
  • Cuci tangan
  • Ambil piring dan sendok
  • Isi nasi, lauk pauk pada piring
  • Taruh pada meja
  • Minum air putih
  • Makan hingga habis
  • Minum air putih
  • Selesai
3. Mencuci piring

Membersihkan piring sehabis dipakai, memang menjadi kegiatan sehari - hari yang pasti dikerjakan. Kegiatan ini juga termasuk sebagai algoritma, sebab memerlukan langkah - langkah yang tersusun secara sistematis.
  • Siapkan spons dan sabun cuci piring
  • Letak-kan piring pada wastafel
  • Beri air sedikit pada piring
  • Bersihkan dengan spons dan sabun cuci
  • Lakukan di kedua sisi piring
  • Bilas piring hingga sabun hilang
  • Sudah, letak-kan di samping wastafel
  • Tunggu hingga air kering
  • Pindahkan ke rak piring
  • tutup rak piring dengan penutup
  • Selesai
Nah itulah sih, beberapa contoh algoritma dalam kehidupan sehari - hari dan sering dilakukan. Sebetulnya, masih ada banyak lagi kegiatan sehari - hari yang termasuk dalam algoritma atau prosedur kegiatan yag tersusun secara sistematis.

Mengetahui contoh dari masalah ini, bisa anda temukan apabila sudah memahami definisi dari algoritma itu sendiri. Dengan begitu kita bisa menggambarkan seperti apa kegiatan yang masuk dalam masalah ini. Sekianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan berguna.

Popular posts from this blog

Dampak Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik

Dampak positif perkembangan iptek di bidang politik - Semakin maju sebuah peradaban maka teknologi di dalamnya juga semakin meningkat. Berbagai peralatan elektronik dibuat untuk memudahkan segala kegiatan yang manusia lakukan. Salah satu wujud hasil dari perkembangan IPTEK munculnya smartphone dan lainnya. Tidak hanya pada teknologi saja, ilmu pengetahuan juga meningkat dengan pesat. Alhasil berbagai penemuan selalu tercipta dan menjadi sebuah pembelajaran baru. Dampak dari perkembangan tersebut bisa menciptakan hal positif maupun negatif. Kedua dampak ini akan terus berdampingan ketika sebuah perkembangan muncul. Dampak Positif Perkembangan IPTEK di Bidang Politik Akan semakin baik, apabila perkembangan dari ilmu pengetahuan dan teknologi atau IPTEK ini muncul dampak baik. Jika itu terjadi, maka bisa saja sebuah negara atau kecilnya daerah bisa berkembang maju. Dampak positif yang di terima tidak hanya pada satu atau dua bidang saja, melainkan beberapa sekaligus. Bidang

Penyebab Kemunduran dan Runtuhnya Kerajaan Kutai

Penyebab runtuhnya kerajaan kutai -  Kerajaan yang ada di Indonesia ada dengan kebudayaan dan agama yang berbagai macam. Salah satu kerajaan yang ada dulu adalah kerajaan yang masuk ke dalam agama hindu - budha. Kerajaan ini masuk lebih dahulu di wilayah tanah air sebelum agama islam. Contoh dari kerajaan hindu budha di Indonesia adalah kerajaan kutai di kalimanta timur. Namun, sekarang sudah runtuh dan kini kita akan membahas apa saja penyebab runtuhnya kerajaan kutai itu. Kerajaan kutai menjadi salah satu kerajaan hindu budha di Indonesia yang muncul sekitar abad ke 4 M. Kerajaan ini terbilang sebagai salah satu kerajaan hindu budha terbesar yang ada pada saat itu. Penyebab Runtuhnya Kerajaan Kutai Setelah berdiri cukup lama dari abad ke 4 hingga abad ke 17 pada akhirnya kerajaan ini mengalami kemunduran. Dan sampai akhirnya mulai runtuh dan sekarang tinggal meninggalkan prasasti dan peninggalan lainnya. Dari kemunduran dan runtuhnya kerajaan ini, pasti disebabkan oleh

Jelaskan Proses Perkecambahan pada Biji secara Fisika dan Kimia

Jelaskan proses perkecambahan -  Perkecambahan merupakan awal dari kehidupan yang terjadi pada tanaman. Sebelum mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang lebih lanjut, di awali dengan perkecambahan. Proses ini biasanya terjadi dari sebuah biji yang dihasilkan oleh tanaman itu sendiri. Yang mana, dari biji tersebut akan tumbuh sebuah tanaman baru atau disebut dengan benih. Proses perkecambahan sangat penting apalagi pada tanaman berbiji. Pada awalnya, biji yang akan melakukan perkecambahan masih dalam keadaan dorman atau beristirahat. Perlu diketahui juga, di dalam biji tersimpan berbagai enzim yang akan membantu perkecambahan yang akan berlangsung. Proses pertumbuhan dari biji hingga tumbuh benih tanaman memerlukan waktu yang cukup. Banyak faktor yang mempengaruhi dari perkecambahan sehingga dapat membantu berlangsungnya sebuah prosesnya. Pada proses awal, air lah yang akan mempengaruhi biji tersebut. Jelaskan Proses Perkecambahan secara Fisika dan Kimia Selain air, faktor