Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua dan Guru, Jelaskan!

Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru jelaskan

Bagaimana cara menghormati orang tua dan guru jelaskan - Seorang anak sudah sepatutnya menghormati dan menghargai orang yang lebih tua. Hal ini menunjukan bahwa kita berbakti kepada orang sehingga hidup kita akan lebih baik.

Dalam menghormati seseorang bisa dilakukan di mana saja. Dari mulai lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah dan lingkungan yang lebih luas lagi. Lalu, bagaimana cara menghormati orang tua dan guru berikut penjelasan-nya.

Banyak anak - anak zaman sekarang yang tidak tahu bagaimana bersikap di depan orang yang lebih tua. Sehingga, banyak kelakuan yang dianggap tidak sopan bahkan cenderung tidak baik. Apalagi dilakukan di hadapan orang tua maupun guru.

Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua dan Guru, Jelaskan!


Sebagai anak, menghormati kedua orang tua sangat diharuskan terutama pada ibu. Itu untuk ruang lingkup keluarga, untuk di sekolah anda sebagai siswa juga patut patuh dan menghormati para guru yang ada.

Sebenarnya, untuk melakukan hal tersebut sangat mudah dilakukan. Cara sederhana, bisa dilakukan dan membuat orang tua dan guru menjadi senang. Berikut ini ulasan mengenai bagaimana cara menghormati orang tua dan guru yang baik.

1. Patuh akan perintah-nya

Anak atau siswa pasti akan menerima sebuah perintah untuk melakukan sesuatu. Apabila perintah tersebut tidak ada unsur kejelekan, maka kita harus segera melaksanakan-nya. Namun, bila jelek kita bisa menolak dengan halus supaya tidak tersinggung. Dengan begitu, kita telah melakukan bakti terhadap orang tua.

2. Bicara yang santun

Ketika berbicara bersama orang yang lebih tua entah kedua orang tua atau guru sebaiknya berbicara yang santun. Kita bisa berbicara lemah lembut supaya mereka enak untuk menerima-nya. Serta jangan sampai nada bicara kita lebih keras dari pada orang yang lebih tua.

3. Minta maaf ketika salah

Dalam melakukan segala hal, manusia tidak akan lepas dari yang namanya salah. Kita sebagai anak dan siswa sudah sepatutnya meminta maaf kepada orang tua ketika melakukan salah. Ya, meskipun perbuatan salah tersebut tidak dilakukan dengan sengaja alias tidak sengaja.

4. Mendengarkan semua nasihat-nya

Pada waktu - waktu tertentu, setiap orang tua dan guru selalu memberikan nasihat yang membangun. Nasihat ini pun sebenarnya juga buat kebaikan kehidupan kita kedepan-nya. Oleh karena itu, kita harus mendengarkan segala kata - kata yang keluar dengan baik supaya kehidupan kelak berjalan dengan baik.

Baca juga : Hubungan antara Takdir, Ikhtiar, Doa, dan Tawakal dalam Islam

5. Bangga dengan kedua orang tua atau guru

Kadang, seorang anak sering malu ketika orang tua-nya datang ketika kita sedang bersama teman. Mereka takut, kalau teman - teman kita mengolok - olok kita. Perilaku seperti ini sudah sepatutnya dibuang jauh - jauh. Malahan, kita harus bangga dengan orang tua dan guru meski keadaan-nya seperti apapun.

6. Menyimak penjelasan-nya

Selain mendengarkan nasihat, saat orang tua menjelaskan sesuatu sebaiknya kita juga menyimak-nya dengan baik. Apalagi ketika bersama guru, pelajaran yang tengah dijelaskan sudah sepatutnya didengarkan dan diperhatikan dengan baik. Dengan begitu, orang tua atau guru akan merasa senang.

7. Mencium tangan

Ketika berjumpa atau mau pergi, apabila kita sebelumnya bersama orang tua atau guru ada baiknya mencium tangan. Hal ini mengisyaratkan kalau kita meminta izin atau pun restu kepada orang yang lebih tua. Serta, di dalam kegiatan tersebut ada keutamaan yaitu merontok-kan dosa - dosa kedua orang yang tengah bersalaman.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan dalam menghormati orang tua atau guru sekalipun. Ada banyak yang bisa dikerjakan, lakukan semua cara di atas supaya kehidupan kelak kita nanti bisa lebih baik dan penuh berkah.

Ayo, bagi kalian yang belum menerapkan bagaimana cara menghormati orang tua dan guru segeralah lakukan cara di atas. Semoga anda bisa menjadi anak atau siswa yang berbakti kepada orang tua dan guru. Sekianlah ulasan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel