Tahap Heuristik dalam Penelitian Sejarah dalam Merekonstruksi Masa Lalu

Tahap Heuristik dalam Penelitian Sejarah

Tahap heuristik dalam penelitian sejarah - Mengali sebuah sejarah harus disesuaikan dengan bukti - bukti yang ada di lokasi terjadinya sejarah. Pengambilan dan pengumpulan tersebut merupakan bagian dari sebuah penelitian sejarah.

Ada beberapa tahap dan metode yang harus dilakukan oleh sejarawan dalam meneliti sebuah sejarah. Salah satu tahap yaitu tahap heuristik yang mana tahap ini berlangsung di awal penelitian. Namun tak hanya itu, kita akan membahas tahap heuristik dalam penelitian sejarah secara lengkap.

Penemuan sebuah sejarah tidak begitu saja diketahui oleh banyak orang, perlu proses yang cukup panjang sehingga ditemukan-nya fakta sejarah. Dalam melakukannya tentu seorang sejarawan memerlukan berbagai tahapan yang amat penting.

Tahap Heuristik dalam Penelitian Sejarah


Langkah awal yang harus dilakukan dalam melakukan penelitian sejarah adalah observasi pada area terjadinya sejarah. Sehingga akan terlihat beberapa peninggalan, yang bisa dijadikan sebuah bukti adanya sejarah.

Lalu, seperti apa tahap dari heuristik dalam sebuah kegiatan penelitian terhadap sejarah?. Bagian ini menjadi teramat penting, sebelum tahap - tahap berikutnya. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai hal tersebut.

Tahap heuristik adalah proses awal penelitian yang bertujuan untuk mencari dan mengumpulkan sumber data dan informasi terkait dengan masalah yang tengah diteliti dalam hal ini sebuah sejarah.

Dalam berburu dan mengumpulkan berbagai data, biasanya bisa di dapat dari berbagai sumber entah itu dokumen, lokasi bersejarah atau informasi dari orang terkait. Dengan begitu, bisa mendukung dari sejarah yang sedang diteliti.

Sumber data ini teramat penting sebab, bisa menjadi faktor utama dalam melanjutkan sebuah penelitian. Sumber data sekecil apapun akan teramat penting dan bisa menjadi penunjang informasi mengenai sejarah.

Baca juga : Pengertian atau Arti Sejarah Menurut Moh Yamin

Telah disebutkan sebelumnya, sumber data bisa di dapat dari berbagai sumber kalau tidak salah ada 3. Sumber tersebut ada dokumen, cerita masyarakat, dan benda - benda peninggalan pada zaman saat terjadinya sejarah tersebut.


  • Dokumen adalah sumber data yang berisi tulisan yang memuat berbagai informasi penting yang sangat jelas. Bentuk ini sering ditemukan berupa buku naskah, perjanjian, arsip - arsip penting, prasasti dan lainnya.
  • Cerita adalah sumber yang berasal dari ucapan orang - orang yang masih terkait dalam sejarah. Entah itu keturunan tokoh, saksi mata yang masih hidup yang biasanya dilakukan dengan cara wawancara secara langsung.
  • Benda peninggalan adalah sumber data berupa benda - benda bersejarah yang digunakan oleh masyarakat dalam sejarah. Benda peninggalan bisa berupa bangunan, senjata yang penting benda - benda kuno.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai tahap heuristik dalam penelitian sejarah. Proses pencarian sejarah bisa memerlukan waktu yang cukup lama, sebab di dalamnya harus dilakukan tahap - tahap yang cukup penting.

Menurut anda bagaimana penjelasan di atas, apakah sudah paham atau belum? apabila belum silakan ditanyakan di kolom komentar ya. Sekian dari kami, semoga dengan artikel di atas bisa bermanfaat dan berguna.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tahap Heuristik dalam Penelitian Sejarah dalam Merekonstruksi Masa Lalu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel