Penyebab Kemunduran dan Runtuhnya Kerajaan Kutai

Penyebab runtuhnya kerajaan kutai

Penyebab runtuhnya kerajaan kutai - Kerajaan yang ada di Indonesia ada dengan kebudayaan dan agama yang berbagai macam. Salah satu kerajaan yang ada dulu adalah kerajaan yang masuk ke dalam agama hindu - budha.

Kerajaan ini masuk lebih dahulu di wilayah tanah air sebelum agama islam. Contoh dari kerajaan hindu budha di Indonesia adalah kerajaan kutai di kalimanta timur. Namun, sekarang sudah runtuh dan kini kita akan membahas apa saja penyebab runtuhnya kerajaan kutai itu.

Kerajaan kutai menjadi salah satu kerajaan hindu budha di Indonesia yang muncul sekitar abad ke 4 M. Kerajaan ini terbilang sebagai salah satu kerajaan hindu budha terbesar yang ada pada saat itu.

Penyebab Runtuhnya Kerajaan Kutai


Setelah berdiri cukup lama dari abad ke 4 hingga abad ke 17 pada akhirnya kerajaan ini mengalami kemunduran. Dan sampai akhirnya mulai runtuh dan sekarang tinggal meninggalkan prasasti dan peninggalan lainnya.

Dari kemunduran dan runtuhnya kerajaan ini, pasti disebabkan oleh berbagai faktor sehingga mengalami hal ini. Faktor yang ada bisa disebabkan oleh internal kerajaan maupun desakan dari faktor eksternal.

Biasanya, tidak hanya satu atau dua saja yang bisa menimbulkan sebuah kerajaan bisa runtuh begitu saja. Ada beberapa penyebab, langsung saja berikut penjelasan mengenai penyebab runtuhnya kerajaan kutai.

1. Konflik antar kerajaan kutai

Karena di Kalimantan Timur tidak hanya adalah 1 kerajaan saja, maka bisa saja terjadi konflik antara 1 kerajaan dengan kerajaan lain. Salah satunya konflik antara kerajaan kutai Martadipura dengan kerajaan kutai Kertanegara.

Konflik bisa muncul karena proses asimilasi tidak menemui titik temu alias gagal hingga persetujuan. Karena gagal dalam prosesnya, maka terjadi sebuah perang hebat antara kedua kerajaan yang akhirnya di menangkan oleh kutai Kertanegara.

Karena menang, tanah kerajaan Martadipura diambil alih oleh Kertanegara dan menggabungkan-nya menjadi satu kerajaan. Pada masa Aji Batara Agung Dewa Sakti, diganti nama menjadi Kerajaan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

2. Tumbuhnya kerajaan islam

Setelah hidup cukup lama, kerajaan hindu budha mulai mengalami kemunduran akibat tumbuhnya kerajaan islam di Indonesia. Pertumbuhan kerajaan islam saat itu terbilang sangat pesat hingga hampir mencapai seluruh tanah air.

Pada awalnya, kerajaan islam dikembangkan dengan pusat di pulau Jawa yang memang menjadi tempat strategis. Walaupun begitu, kerajaan islam sudah mencapai hampir seluruh Indonesia dan mengancam kehidupan kerajaan hindu budha seperi kerajaan kutai.

Adanya perubahan tersebut, membuat kerajaan hindu budha semakin terdesak dan rakyatnya berubah menjadi islam. Seiring berjalan waktu islam mulai mencapai puncak dan akhirnya kerajaan mundur dan runtuh hanya meninggalkan peninggalan.

Baca juga : Kehidupan Politik Kerajaan Kutai dalam Prasasti Yupa

3. Tidak ada penerus tahta

Saat kerajaan kutai dipimpin oleh raja Mulawarman, kerajaan tersebut mencapai pada puncak kejayaan. Di mana, rakyat bisa hidup dengan sejahtera dan makmur dan menjadi salah satu kerajaan terbesar hindu - budha yang ada.

Setelah turun, kerajaan kutai dilanjutkan oleh raja - raja selanjutnya hingga raja ke 21 yaitu  raja Dharma Setia. Meskipun, setelah raja Mulawarman, kerajaan tidak terlalu berkembang lagi alias biasa - biasa saja.

Sayangnya, kerajaan tersebut mulai tidak ada penerus yang ingin menjadi raja atau pun tidak ada sistem yang baik dalam menjaga tahta penerus kerajaan. Sehingga, setelah raja Dharma Setia tidak ada lagi raja yang berkuasa di kerajaan tersebut.

Itulah beberapa penyebab mengapa kerajaan kutai di Kalimantan Timur bisa mengalami kemunduran dan akhirnya runtuh. Di dalam penyebab, ada faktor internal yaitu tidak baiknya sistem penerus raja pada kerajaan tersebut.

Untuk faktor eksternal, terjadi kegagalan dalam proses asimilasi serta adanya pertumbuhan islam di Indonesia. Sehingga mendesak kerajaan ini dalam himpitan yang begitu berisiko sehingga membuatnya runtuh.

Setelah runtuh, maka akan meninggalkan berbagai peninggalan - peninggalan yang bisa dipelajari untuk mengetahui sejarah dari kerajaan ini. Ada banyak peninggalan dari prasasti, mahkota emas dan lainnya.

Cukup, pembahasan yang bisa kami berikan tentang penyebab runtuhnya kerajaan kutai Kalimantan Timur, Indonesia. Sekian ulasan yang bisa disampaikan semoga bisa menambah wawasan anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel