Pengertian atau Arti Sejarah Menurut Moh Yamin

Pengertian Sejarah Menurut Moh Yamin

Pengertian sejarah menurut moh yamin - Kejadian - kejadian penting di masa lalu yang berhubungan dengan manusia, disebut sebagai sebuah sejarah. Banyak sejarah sudah tercipta di dunia ini, disetiap sejarah memiliki keunikan tersendiri.

Orang - orang telah mengetahui sedikit arti dari sejarah yaitu kejadian penting di masa lampau. Memang pengertian dari sejarah seperti itu, namun bagaimana pendapat para tokoh penting. Salah satunya pengertian sejarah menurut Moh Yamin.

Sejarah sudah sepatutnya kita pelajari untuk mengetahui hal - hal yang telah terjadi di masa lampau. Dengan begitu, bisa dijadikan sebuah referensi atau pembelajaran bagi orang - orang saat ini.

Pengertian Sejarah Menurut Moh Yamin


Dalam menanggapi arti dari sebuah sejarah, biasanya para tokoh memiliki pemikiran yang berbeda - beda. Walaupun begitu, maksud dari hal tersebut sama hanya kata - kata mereka yang agak berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Moh Yamin juga ikut mendefinisikan mengenai arti sebuah kata dari sejarah yang memang sudah banyak diketahui oleh orang - orang. Lalu, seperti apa tanggapan dari Moh Yamin mengenai pengertian sejarah.

#Pengertian sejarah secara umum

Sebelumnya, anda sebaiknya mengetahui arti dari sejarah secara umum supaya anda mengetahui maksud kata ini. Pengertian sejarah secara umum adalah sebuah kajian yang berisi tentang masa lampau, khususnya yang berkaitan dengan manusia.

Jadi, secara umum sejarah itu adalah pembelajaran yang erat hubungannya dengan masa - masa yang telah terjadi alias lampau. Dan sejarah ini, pembahasan-nya lebih tertuju pada kegiatan atau aktivitas dari manusia karena manusia adalah objek penting dalam sejarah.

#Pengertian sejarah menurut Moh Yamin

Setelah mengetahui arti secara umum, anda bisa mulai memahami maksud dari Moh Yamin mengenai sejarah. Sejarah adalah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dapat dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Menurut Moh Yamin, sejarah itu hasil dari penyelidikan terhadap peristiwa yang telah terjadi terhadap berbagai aspek, dari lokasi, peninggalan, cerita dan lainnya. Namun, tanggapan beliau, penyelidikan tersebut harus bisa dibuktikan dengan bahan atau barang kenyataan.

Selain Moh Yamin, beberapa tokoh dan ahli juga menyampaikan pendapat mereka mengenai sejarah. Apabila anda ingin mengetahui isi dari pendapat mereka, berikut beberapa pengertian sejarah menurut beberapa ahli.

- Roeslan Abdulgani

Ilmu sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti dan menyelidiki secara sistematis keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan pada masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan.

- W.H. Walsh

Sejarah itu menitikberatkan pada pencatatan yang berarti dan penting saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan dan pengalaman-pengalaman manusia pada masa lampau pada hal-hal yang penting sehingga merupakan cerita yang berarti.

- Patrick Gardiner

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari apa yang telah diperbuat oleh manusia.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai pengertian dari sebuah sejarah menurut Moh Yamin serta beberapa ahli lainnya. Ada banyak definisi yang bisa anda ambil, walaupun setiap pendapat hampir mengacu pada pengertian umum.

Jadi, anda bisa lebih mendalami pada pengertian yang disampaikan secara umum dan apabila kurang bisa mengambil dari para ahli. Sekianlah artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan berguna.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian atau Arti Sejarah Menurut Moh Yamin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel