Pengaruh Letak Geologis terhadap Kondisi Alam Indonesia

Pengaruh Letak Geologis terhadap Kondisi Alam Indonesia
Share
Pengaruh Letak Geologis Indonesia

Pengaruh letak geologis indonesia - Letak geologis dari suatu wilayah memiliki karakteristik yang berbeda- beda, untuk sama kecil sekali kemungkinannya. Letak geologis merupakan letak dari wilayah, benua yang berdasarkan kondisi geologis-nya.

Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki kondisi geologis yang bermacam - macam. Hal ini bisa dilihat dari batuan, tanah dan lainnya. Lalu seperti pengaruh letak geologis Indonesia terhadap kehidupan manusia-nya.

Letak geologis dari suatu wilayah alias daerah bisa dilihat dari struktur dan susunan batuan yang ada. Atau juga dari jenis tanah, yang mana ini dipengaruhi oleh lempeng entah pergerakan atau hal lainnya.

Indonesia memiliki geologis yang tergolong cukup unik dan berbahaya. Wilayah Indonesia dalam kondisi geologis-nya dilewati lempeng bumi serta dikelilingi  oleh gunung api aktif dan samudra yang sangat luas.


Pengaruh Letak Geologis Indonesia


Karena itu semua maka geologis Indonesia memiliki pengaruh besar bagi kehidupan yang ada di dalamnya. Pengaruh ini bisa memberikan keuntungan maupun kerugian bagi kehidupan entah dari segi ekonomi maupun sosial.

Hampir setiap pulau memiliki geologis yang berbeda - beda, meski begitu tetap ada kesamaan di dalamnya. Lalu, seperti apa pengaruh letak geologis ini bagi bangsa Indonesia, langsung saja berikut ini ulasannya.

1. Keanekaragaman hayati

Kondisi fisik dari wilayah Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Keberadaan gunung serta lempeng membuat makhluk hidup di dalamnya memiliki jenis yang sangat banyak. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki flora dan fauna yang berbeda atau endemik.

Keanekaragaman hayati inilah yang menjadi pengaruh dari letak geologis bagi bangsa Indonesia. Kondisi geologis yang beragam membuat makhluk hidup yang ada harus beradaptasi dan menghasilkan perbedaan setiap daerahnya.

2. Rawan bencana

Setiap daerah di dunia pasti memiliki tingkat bencana berbeda - beda, dan untuk Indonesia memiliki tingkat yang cukup tinggi. Bagaimana tidak, letak geologis dari Indonesia sendiri dikelilingi oleh gunung api yang aktif, lempeng bumi dan samudra yang luas.

3 hal tersebut, bisa menimbulkan beragam bencana yang tentunya mengancam keselamatan dan kedamaian. Bencana yang ada bisa berupa gunung meletus, tsunami, gempa bumi dan bencana alam lainnya.

Baca juga : Keuntungan Letak Geologis Indonesia di Berbagai Sektor

3. Sumber daya alam yang melimpah

Karena memiliki letak geologis yang kaya dan sangat beraneka ragam membuat kekayaan alam yang ada sangat berlimpah. Hal ini bisa disebabkan oleh aktor dari keberadaan gunung api, lautan luas dan lempeng bumi.

Di dalam tanah Indonesia tersimpan berbagai sumber daya alam yang sangat berguna bagi kehidupan, entah batu, besi nikel dan lainnya. Oleh karena itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah ruah.

4. Memiliki berbagai jenis tanah

Tanah menjadi salah satu media yang sangat pening dalam pertanian, perkebunan supaya hasil yang di dapatkan bisa baik. Tanah bisa terbentuk karena pelapukan batu oleh lumut dan jadilah tanah yang bisa digunakan.

Di Indonesia sendiri memiliki beberapa jenis tanah yang memiliki karakteristik dan kelebihan sendiri. Jenis - jenis tanah tersebut bisa terbentuk karena sumbernya ada yang dari batu, abu vulkanik, dan lainnya.

5. Hasil laut tinggi

Dari letak geologis Indonesia, terletak di antara 2 samudra serta pulau Indonesia yang berbentuk kepulauan. Membuat bangsa ini memiliki area perairan yang sangat luas dengan potensi hasil laut yang luar biasa.

Dengan wilayah laut yang begitu besar tentunya membuat Indonesia memiliki hasil laut yang berlimpah atau tinggi.Tak jarang ada pencurian ikan di area Indonesia karena potensi laut yang sangat baik membuat negara lain iri.

Nah itu saja pembahasan mengenai pengaruh letak geologis Indonesia bagi kehidupan masyarakat yang ada di dalamnya. Ada banyak pengaruh yang ditimbulkan dari mulai keuntungan maupun kerugian.

Walaupun begitu kerugian bisa menjadi keuntungan dan sebaliknya keuntungan bisa menjadi kerugian. Sekianlah artikel kali ini yang bisa kami berikan semoga bisa menambah wawasan anda semua.

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel