Obat untuk Mengeluarkan Dahak yang Membandel di Tenggorokan

Mengeluarkan Dahak yang Membandel

Mengeluarkan dahak yang membandel - Dahak di dalam tubuh sering timbul bersamaan dengan penyakit lain seperti flu dan batuk. Dahak sendiri seperti lendir yang memiliki tekstur yang kental maupun cair sesuai kondisi masalahnya parah atau tidak.

Sistem pernafasan seperti paru - paru dan tenggorokan menjadi tempat yang sering dihinggapi oleh dahak. Lendir dalam tubuh ini, harus dikeluarkan dari dalam tubuh walaupun sering sulit dilakukan. Kali ini kita akan membahas solusi mengeluarkan dahak yang membandel.

Tekstur dahak yang berbeda - beda membuat kita harus mengambil tindakan yang berbeda pula supaya bisa mengeluarkannya. Ketika di dalam tubuh dahak bertekstur cair maka akan lebih mudah dikeluarkan.

Lain halnya dengan kental, maka akan sulit sebab sangat erat menempel di tenggorokan maupun paru - paru. Walau sulit, anda harus tetap mengeluarkannya, supaya masalah dahak ini bisa cenderung mereda. Namun, sayangnya masih banyak yang tidak mengetahui bagaimana caranya.

Mengeluarkan Dahak yang Membandel


Pada saat dahak menyerang maka sering kali disertai dengan masalah batuk dan disebut batuk berdahak. Dahak yang ada harus segera dikeluarkan entah sedikit demi sedikit hingga dahak bisa hilang dan penyakit mereda.

Saat ingin mengeluarkan dahak, sering kali sulit dilakukan sebab dahak ada yang susah untuk dikeluarkan alias membandel. Jadi, langsung saja berikut ini cara mengeluarkan dahak yang membandel supaya cepat keluar.

1. Konsumsi banyak air

Kondisi dahak yang terlalu kental, memang akan membuat dahak sulit dikeluarkan dari tenggorokan. Solusinya, anda perlu mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin kalau tidak 8 gelas setiap hari secara rutin.

Tips pertama sangat mudah dan berdampak baik, karena dahak akan berubah menjadi lebih cair dari pada sebelumnya. Konsumsi air yang cukup juga akan membantu memenuhi kebutuhan akan cairan dalam tubuh anda.

2. Makan bawang putih

Bawang putih yang memiliki rasa yang cukup tidak enak, ternyata bermanfaat untuk menyelesaikan masalah dahak ini. Sifat bawang putih yang anti bakteri dan jamur, bisa mengurangi dan mencegah timbulnya dahak.

Ketika mengalami dahak, segera konsumsi bawang putih sehingga bisa mengurangi masalah yang ada secara perlahan. Nantinya, bawang putih akan mengurangi bakteri penyebab dahak.

Baca juga : Penyebab Dahak Bercampur Darah tanpa Disertai Batuk

3. Menghirup uap air hangat

Selain mengkonsumsi air, anda bisa memanfaatkan uap yang dihasilkan ketika memasak air. Uap air hangat yang masuk melewati hidung, otomatis akan mengarah ke saluran pernafasan, sehingga mempengaruhi tekstur lendir atau dahak nantinya.

Menghirup uap air hangat secara berkala secara rutin, akan membuat dahak menjadi lebih cair dan mudah untuk dikeluarkan. Caranya sangat mudah, ada tinggal menghirup uap yang dihasilkan dan anda bisa menambahkan sedikit minyak kayu putih.

4. Minum air hangat

Tak hanya mengkonsumsi air biasa, sesekali anda bisa meminum air putih hangat supaya cepat meredakan masalah ini. Pada saat dahak menyerang, ada baiknya anda lebih rutin mengkonsumsi air putih hangat sebanyak - banyaknya atau 8 gelas sehari.

Air hangat yang dikonsumsi, akan membantu meredakan dahak dengan mengubah tekstur dahak menjadi lebih cair. Dengan begitu anda bisa cepat untuk mengeluarkan lendir dan masalah ini segera mereda dan selesai.

5. Berkumur air garam

Garam memiliki sifat anti bakteri yang baik untuk mengurangi bakteri penyebab dahak di dalam sistem pernafasan anda. Anda bisa gunakan garam untuk berkumur di area mulut dengan membuat larutan garam.

Dalam berkumur, jangan sampai larutan tertelan sebab bisa berbahaya bagi organ tubuh di dalam seperti usus. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari, hingga dahak bisa mereda dan penyakit ini selesai.

Nah itulah ulasan mengenai mengeluarkan dahak yang membandel di dalam tubuh supaya segera teratasi. Anda bisa melakukan semua atau salah satu cara di atas hingga masalah ini bisa selesai.

Lakukan cara tersebut dengan baik, dan terapkan cara tersebut hingga masalah dahak benar - benar teratasi. Sekianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Obat untuk Mengeluarkan Dahak yang Membandel di Tenggorokan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel