Manfaat yang Diperoleh dari Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Manfaat Keanekaragaman Hayati di Indonesia

Manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia - Makhluk hidup yang ada di dunia ini memiliki keragaman yang begitu banyak. Bahkan dalam satu wilayah kecil, memiliki beragam jenis makhluk hidup yang tinggal.

Contohnya di Indonesia sendiri memiliki keanekaragaman hayati yang begitu tinggi. Kelompok hayati bisa berupa tanaman, hewan dan lainnya yang peting hidup. Dari hal itu, pasti ada banyak manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia yang bisa di dapat.

Keanekaragaman hayati bagi bangsa Indonesia menjadi sebuah hal yang sangat mudah ditemukan. Perbedaan sifat geologis dan geografis, tentu mempengaruhi makhluk hidup yang tinggal di area tersebut.

Hal inilah yang membuat mengapa Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi ketimbang bangsa lain. Walaupun ini tidak terlepas dari kekuasaan Tuhan yang menciptakan segala makhluk hidup yang ada di dunia ini.

Manfaat Keanekaragaman Hayati di Indonesia


Dari hadirnya peristiwa ini, tentu membuat Indonesia menjadi salah satu bangsa yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Dari fakta tersebut, tentunya ada banyak manfaat yang bisa diambil oleh bangsa Indonesia.

Lalu, seperti apa manfaat yang seharusnya bisa di dapatkan oleh kita sebagai rakyat bangsa Indonesia. Berikut merupakan beberapa manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia yang bisa di dapatkan.

1. Sumber pangan

Tanaman - tanaman hayati yang tumbuh secara liar begitu saja, bisa dijadikan sebagai sumber pangan terutama masyarakat di pedalaman. Bahkan dari beberapa jenis tanaman pangan, bisa dijadikan bahan pangan utama.

Di Indonesia ada banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai sumber pangan, hal ini tergantung kebiasaan masyarakatnya. Bahan pangan tersebut seperti singkong, beras, jagung, sagu dan lainnya.

Selain sumber pangan utama, ada tanaman lain yang bisa dijadikan sampingan entah sayuran atau buah - buahan. Sumber pangan ini juga bisa didapatkan dari hewan entah itu ayam, rusa, udang dan lainnya.

2. Sebagai obat

Berbagai keanekaragaman hayati yang ada ternyata bisa memiliki manfaat untuk dijadikan obat terhadap berbagai penyakit. Tumbuhan memiliki jenis yang lebih banyak ketimbang hewan yang bisa kita manfaatkan untuk obat alami.

Untuk tanaman, ada banyak sekali jenis yang memiliki kegunaan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Contoh tanaman-nya seperti jahe, kunyit, mengkudu, dan masih banyak lagi lainnya yang bisa anda manfaatkan.

Sedangkan untuk hewan, ada madu yang dihasilkan dari lebah madu yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Minyak hewan entah itu minyak tawon yang digunakan untuk memijat badan yang lelah karena aktivitas yang banyak.

Baca juga : Contoh Keanekaragaman Hayati Tingkat Ekosistem pada Tumbuhan

3. Bahan sandang

Kita dalam melaksanakan segala aktivitas perlu pakaian untuk menutup badan kita. Dan umumnya, sandang ini berasal dari bahan alami entah dari tumbuhan maupun hewan. Kedua bahan tersebut diproses hingga menjadi kain.

jadi, manfaat dari keanekaragaman hayati adalah bisa digunakan sebagai bahan sandang yang sangat berguna. Setiap sandang memiliki sifat dan tekstur yang berbeda - beda sesuai dengan bahan pembuatan sebelumnya.

Ada banyak yang bisa digunakan, untuk tumbuhan bisa dari tanaman kapas, pisang, rami dan banyak lagi. Sedangkan hewan, bisa diambil dari kulit hewan entah kambing, sapi yang umumnya digunakan untuk membuat jaket, sepatu, sabuk.

4. Kebutuhan papan

Dalam menjalankan kehidupan, kita pasti memerlukan sebuah tempat tinggal untuk berlindung dari lingkungan sekitar. Nah, dalam membuat tempat tinggal kita sering menggunakan kayu dari tumbuhan.

Dari ini merupakan menjadi salah satu bentuk dari manfaat keanekaragaman hayati untuk kebutuhan papan atau tempat tinggal. Tanaman yang sering digunakan di antaranya pohon jati, kelapa, dan sebagainya.

Pemanfaatan-nya pun bisa beragam dari mulai cagak, atap, pagar dan kegunaan lainnya. Tidak hanya kayu, daun juga bisa entah untuk membuat atap rumah sederhana. Memang banyak manfaat tanaman untuk kehidupan manusia.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai manfaat keanekaragaman hayati di Indonesia. Ada banyak yang bisa kita ambil untuk kehidupan, entah pangan, sandang, papan, dan lainnya. Dan itu semua bisa kita dapatkan dari alam.

Dalam memanfaatkan itu semua, kita juga perlu memperhatikan kelestarian dari komponen hayati tersebut supaya tidak habis. Sekianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat yang Diperoleh dari Keanekaragaman Hayati di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel