Cara Mengobati Sakit Cantengan Bernanah pada Jari Tangan

Cara Mengobati Sakit Cantengan Bernanah pada Jari Tangan
Share
Cara Mengobati Cantengan pada Jari Tangan

Cara mengobati cantengan pada jari tangan - Permasalahan pada kuku seperti cantengan memang bisa sangat menyakitkan bagi orang yang mengalaminya. Cantengan bisa terjadi di area jari tangan maupun kaki, sebab ini dikarenakan pertumbuhan kuku.

Pada sebagian orang pernah mengalami cantengan di area tangan yang tentu sama sakitnya. Dan kalau tidak segera diobati maka dapat berbahaya dan menjadi lebih parah. Oleh karena itu, kita akan membahas tentang cara mengobati cantengan pada jari tangan.

Cantengan yang terjadi pada jari tangan memiliki risiko terkena lebih kecil dari pada area kaki. Sebab, kuku pada kaki lebih cenderung mengalami pertumbuhan yang salah, seperti mengalami pertumbuhan kuku ke dalam.

Sehingga kuku menusuk ke daging jari kita dan membuat infeksi pada area tersebut. Walaupun begitu, jari pada tangan juga memiliki risiko terkena cantengan meskipun kecil. Pertumbuhan kuku pada jari tangan biasanya sedikit lebih rapi dan tidak merusak.

Cara Mengobati Cantengan pada Jari Tangan


Ketika jari anda mengalami masalah cantengan ini, maka anda harus segera melakukan tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Kalau tidak, maka bisa berbahaya dan menimbulkan masalah yang lebih parah lagi.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang mesti anda lakukan supaya masalah ini bisa mereda. Apabila anda tidak mengetahui bagaimana cara mengobati cantengan pada jari tangan, langsung saja simak ulasan di bawah.

1. Mencuci tangan

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah mencuci tangan hingga bersih sebanyak 4 kali sehari. Dalam mencuci tangan di sini, anda harus menggunakan air hangat dan sabun kemudian merendam tangan selama 20 menit.

Cara ini akan membantu membersihkan luka akibat cantengan dari berbagai bakteri dan mengurangi sedikit infeksi. Apabila ini dilakukan secara rutin setiap hari, bisa mempercepat penyembuhan dari cantengan yang anda alami.

2. Potong kuku

Untuk hal ini, memang akan sedikit sulit untuk dilakukan sebab anda harus memotong kuku yang menyebabkan cantengan. Kuku yang menusuk ke daging harus bisa anda potong supaya tidak terlalu parah lagi.

Baca juga : Cara Menyembuhkan Cantengan yang Sudah Lama secara Alami

Potong kuku dengan menggunakan potong kuku kecil secara berhati - hati jangan sampai melukai bagian lain. Kalau anda tidak bisa melakukan langkah ini, anda bisa melakukannya ke dokter untuk dilakukan sedikit operasi.

3. Memberikan antiseptik

Seperti luka luar lainnya, luka akibat cantengan bisa anda berikan sedikit obat berupa antiseptik. Obat ini berguna untuk mengurangi jumlah bakteri yang ada, di mana bakteri ini menyebabkan infeksi yang menimbulkan nanah.

Jadi, berikan sedikit antiseptik pada luka secara berkala supaya mengurangi terjadinya infeksi. Dengan begitu, luka bisa berkurang dan tidak menimbulkan cairan seperti nanah dan tidak berbau.

4. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan tubuh memang sangat penting dilakukan, supaya bisa terhindar dari berbagai masalah atau penyakit. Hal ini berlaku pula pada saat anda mengalami cantengan, di mana anda harus benar - benar menjaga kebersihan.

Ini berguna untuk mencegah bakteri tumbuh dengan baik di area luka akibat cantengan pada jari tangan anda. Anda bisa mencuci tangan secara rutin disertai dengan penggunaan sabun atau menerapkan cara yang pertama tadi.

5. Konsultasi ke dokter

Cara yang terakhir adalah anda bisa memeriksakan-nya kepada ahlinya yaitu dokter. Apabila telah anda lakukan cara - cara di atas namun belum reda, langsung saja anda membawanya ke dokter untuk dilakukan tidak operasi.

Anda bisa membawa langsung permasalahan ini, apabila memang sudah terlihat parah entah sudah keluar nanah, darah dan lainnya.

Nah, itulah ulasan mengenai bagaimana cara mengobati cantengan pada jari tangan dengan baik dan benar. Lakukan semua cara di atas, supaya luka cantengan yang anda alami bisa segera sembuh.

Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara di atas secara rutin dan teratur hingga luka cantengan benar - benar mereda. Sekianlah artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel