Cara Aman Mengeluarkan Dahak pada Bayi secara Alami

Cara mengeluarkan dahak pada bayi

Cara mengeluarkan dahak pada bayi - Penyakit bisa dengan mudah menyerang anak - anak atau bayi yang masih berumur di bawah 7 tahun. Di masa - masa bayi, biasanya memiliki sistem daya tahan yang masih kurang kuat.

Sehingga sulit untuk mempertahankan dari serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Penyakit yang sering hinggap adalah flu yang disertai dengan batuk atau dahak. Kehadiran dahak bisa sangat mengganggu, maka anda sebagai orang tua perlu cara mengeluarkan dahak dari bayi supaya lebih nyaman.

Dahak yang muncul setiap flu terjadi, bisa tinggal di area yang cukup sering digunakan keluar masuk makanan dan minuman. Tenggorokan, adalah tempat yang paling sering ditempati oleh dahak dan biasanya sangat lengket dan susah keluar.


Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi


Batuk berdahak, bagi orang dewasa bisa diatasi dengan sendiri karena sudah tahu bagaimana cara mengeluarkan dahak. Berbeda dengan  bayi yang belum bisa apa - apa, apalagi untuk mengeluarkan dahak yang ada pada dirinya.

Ketika bayi merasakan kehadiran dahak, yang pasti sangat mengganggu dan sering menyebabkan bayi rewel. Hal ini disebabkan, bayi sulit untuk tidur yang mana tenggorokan atau saluran pernafasan terganggu dengan dahak.

Nah, di sini sebagai orang tua harus tahu bagaimana bisa mengeluarkan atau mengatasi dahak pada si kecil. Hal ini tentu bisa mengurangi gangguan, berikut ini ulasan beberapa cara yang bisa anda lakukan.

1. Alat penyedot

Di dalam mengeluarkan dahak pada bayi, kita tidak bisa melakukan sesuai orang dewasa lakukan. Karena belum bisa, maka bayi harus dilakukan dengan alat penyedot khusus yang memang digunakan untuk mengeluarkan dahak, lendir dan lainnya.

Untuk mendapatkan alat ini, anda bisa beli di apotek atau toko medis yang sering menyediakan peralatan seperti ini. Lalu seperti apa pemakaian-nya, berikut langkah - langkah yang bisa anda lakukan.


  • Tekan bulatan besar, dan arah-kan pada rongga mulut untuk menarik dahak - dahak yang ada
  • Apabila dahak-nya terlalu kental, bisa anda beri larutan garam 2 - 3 tetes saja
  • Bila mulut sudah, buang angin dalam alat dan arah-kan pada lubang hidung dan lepaskan balon supaya dahak tertarik ke dalam balon
  • Ketika balon tidak mengembang, kemungkinan tersumbat oleh dahak atau lendir anda bisa bersihkan terlebih dahulu
  • Sudah bersih, lakukan penyedotan dahak kembali pada hidung si kecil
  • Lakukan secara per-tahap 2 kali sedot istirahat dan lakukan kembali

2. Uap air panas

Apabila anda tidak sempat membeli alat penyedot, ada cara lain yang bisa anda coba untuk mengeluarkan dahak pada tenggorokan si kecil. Uap panas yang di arahkan ke wajah bayi, membuat uap masuk ke hidung dan membantu mencairkan dahak.

Jika sudah begitu, maka dahak akan dengan mudah keluar dan membantu meredakan kerisauan si kecil. Untuk cara pemakaian, yuk ikuti langkah - langkah berikut ini.

  • Tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam baskom kecil dan tunggu hingga cukup hangat
  • Untuk mendapatkan rasa yang lebih menyegarkan anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih
  • Baringkan si kecil dengan posisi tengkurap, pastikan badan lebih tinggi dari pada kepala
  • Sembari si kecil diarahkan ke uap air, anda bisa menggosok atau menepuk punggung mereka
  • Jangan terlalu lama mengarahkan ke uap air panas, beri jarak supaya tidak kepanasan

3. Berjemur di pagi hari

Pada waktu pagi hari, sinar matahari memiliki manfaat yang baik buat kesehatan maupun kecantikan kulit. Masa - masa ini, cahaya belum mengandung sinar - sinar berbahaya seperti sinar UV, atau sinar yang buruk bagi kesehatan.

Ketika si kecil sedang mengalami dahak atau pilek, bisa diredakan degan melakukan penjemuran alias dede. Cara ini akan membantu meluruhkan dahak yang sulit di keluarkan, bagaimana caranya berikut tips-nya.

  • Bawa si kecil keluar pada jam 7 hingga 9 untuk berjemur di atas sinar matahari pagi
  • Jemur si kecil cukup 10 menit supaya bayi tetap nyaman
  • Saat berjemur, berikan minyak telon secara bergantian entah punggung maupun dada si kecil
  • Posisi-kan si kecil di mana kepala berada lebih rendah ketika tengkurap

4. Memberikan ASI

Dahak yang sukar keluar biasanya bertekstur kental dan lengket di dinding tenggorokan, hidung. Sehingga, untuk mengeluarkan-nya anda perlu mencairkan dahak atau lendir supaya mudah dikeluarkan nantinya.

Pemenuhan asupan ASI bagi bayi terutama usia di bawah 6 bulan, harus dilakukan apalagi yang sedang pilek. Berikan asupan ASI lebih banyak dari pada sebelumnya, supaya dahak lebih cepat cair dan mudah keluar.

Baca juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi di Malam Hari

5. Hangatkan bayi

Dalam kondisi seperti ini, anda perlu menjaga suhu disekitar atau tubuh si kecil tetap hangat. Lendir atau dahak pada tenggorokan dan hidung yang kental, sangat mengganggu si kecil sehingga membuat bayi mudah menangis alias rewel.

Oleh karena itu, menjaga kondisi tubuh tetap hangat akan membuat dahak berubah menjadi lebih cair. Pada akhirnya, lendir atau dahak akan mudah keluar dan bayi tidak terlalu terganggu dengan dahak atau lendir tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mengeluarkan dahak pada bayi kecil supaya mereka tidak terganggu dan tetap riang. Pemilihan cara bisa disesuaikan dengan kondisi bayi, ketika tidur anda bisa membuatnya hangat atau memberikan sentuhan uap air.

Lakukan cara tersebut secara rutin, supaya lendir tetap dalam kondisi cair dan mudah untuk keluar dari tubuh si kecil. Sekianlah cara yang bisa kami berikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Aman Mengeluarkan Dahak pada Bayi secara Alami "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel