Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur

Cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur - Kondisi hidung pada saat pilek sangat erat hubungan-nya dengan hidung tersumbat. Kejadian hidung tersumbat, bisa terjadi kapan saja namun yang paling sering adalah ketika tidur.

Apabila sudah begini, bawaannya sulit sekali bernafas karena hanya 1 lubang hidung saja. Alhasil, tidur menjadi terganggu bahkan sulit untuk tidur nyenyak. Tak ingin seperti itu, sekarang kita akan mencoba menyelesaikan hal tersebut dengan cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

Hidung tersumbat terjadi karena lendir yang ada di dalam hidung mengering dan menutup lubang hidung. Hidung tersumbat akan sering terjadi ketika pilek, namun ada juga yang mengalami hal tersebut tapi tidak dalam kondisi pilek.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur


Peristiwa seperti ini bisa dialami oleh semua orang entah anak - anak hingga orang dewasa. Jika sudah mengalami hal seperti ini sih, hampir semua kegiatan terganggu dari bernafas aja agak sulit karena hanya 1 lubang.

Fakta tersebut, tentu ada perasaan untuk menyudahi ini semua supaya kita bisa bernafas lega dan mudah untuk menghirup udara segar. Apalagi ketika tidur, hidung tersumbat bisa mengganggu anda tanpa anda suruh.

Tak ingin itu terjadi berlanjut - lanjut, mendingan anda melakukan tindakan untuk mengatasinya. Apabila anda bingung bagaimana caranya, berikut cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur.

1. Posisi kepala lebih tinggi

Posisi kepala pada saat tidur ternyata akan mempengaruhi kelancaran dari lendir yang ada pada hidung. Untuk melancarkan, posisi kepala anda saat tidur usahakan lebih tinggi dari posisi badan anda.

Caranya, siapkan 1 bantal atau beberapa bantal tipis untuk memposisi-kan kepala anda lebih tinggi. Buat tumpukan bantal yang bisa membuat kepala dan saluran pernafasan nyaman ketika tidur.

2. Konsumsi air yang cukup

Hidung yang tersumbat, bisa menandakan kalau lendir yang ada bertekstur kental dan mudah menyumbat lubang. Solusinya, anda bisa mengkonsumsi air putih sebanyak mungkin supaya lendir bisa berubah agak cair.

Untuk mencegah hal itu terjadi pada saat tidur, anda bisa minum banyak air sebelum tidur di mulai. Kalau tidak, anda juga bisa menyiapkan botol air di dekat anda sewaktu - waktu anda membutuhkan.

3. Menggunakan pelembab udara

Solusi lainnya dalam mengatasi perkara ini adalah dengan menggunakan alat pelembab udara pada dalam kamar. Dengan alat ini, ruangan akan terasa lebih lembab dan bisa melancarkan saluran pernafasan anda.

Pemakaian alat ini akan memberikan se-gudang manfaat selain melancarkan saluran pernafasan, juga dapat memberikan kenyamanan saat tidur. Alat ini bisa anda letakkan di mana saja dari dekat anda atau lainnya.

4. Gunakan inhaler

Dalam mengatasi hidung tersumbat entah karena pilek atau tidak 1 solusinya adalah inhaler. Inhaler mengandung aroma yang hangat seperti mentol dan mint dimana ini sangat ampuh dalam menuntaskan hidung tersumbat.

Pemakaian-nya yang sangat mudah, pas sekali anda gunakan ketika akan tidur. Anda bisa meletakkan alat ini di dekat anda, sehingga sewaktu - waktu anda menggunakan tidak terlalu ribet mencarinya.


Baca juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijatan

5. Oleskan balsem

Memberikan sesuatu yang hangat pada area hidung tersumbat bisa melancarkan lendir sehingga saluran pernafasan bekerja dengan baik. Oleskan balsem sedikit saja pada area tenggorokan dan sedikit di hidung.

Oleskan secara tipis supaya tidak terlalu panas. Selain itu, biarkan aroma yang hangat masuk ke dalam hidung yang membantu mengubah tekstur lendir jadi cair. Lakukan dengan bak jangan sampai terkena mata dan mulut.

6. Oleskan minyak kayu putih

Selain balsem anda bisa menggunakan alternatif-nya yaitu minyak kayu putih yang cukup hangat bagi tubuh. Karena sifat yang hangat dan aroma yang menyegarkan, sangat cocok untuk mengatasi masalah ini dengan cepat.

Bagi anda yang tidak kuat dengan panas balsem, anda bisa menggantinya dengan ini karena akan terasa hangat. Oleskan pada hidung dan lubang hidung supaya hidung hangat dan aroma menyegarkan juga masuk.

Bagaimana, ada banyak cara bukan untuk mengatasi lubang hidung anda yang tersumbat saat tidur. Ada bisa menerapkan 1 persatu cara di atas hingga anda bisa nyaman untuk tidur tanpa terganggu hidung yang tersumbat.

Oke, silakan anda coba semua cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur di atas secara baik dan benar. Sekianlah ulasan yang bisa kami berikan kali ini semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel