Cara Mengatasi Bayi yang Susah BAB pada Umur 2 Bulan

Cara Mengatasi Bayi yang Susah BAB pada Umur 2 Bulan
Share
Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Umur 2 Bulan

Cara mengatasi bayi susah bab umur 2 bulan - Buang air menjadi salah satu hasil pencernaan dan sistem metabolisme yang harus dilakukan. Sebab, biasanya bahan - bahan yang dibuang bisa berbahaya dan beracun bagi tubuh apabila tidak segera dibuang.

Buang air besar merupakan bentuk pembuangan terhadap sisa dari sistem pencernaan. Kegiatan ini akan dilakukan oleh semua umur tak terkecuali bayi. Kadang bayi umur 2 bulan mengalami susah BAB, berikut ini cara mengatasi bayi susah BAB umur 2 bulan.

Di dalam tubuh manusia terhadap berbagai sistem yang membantu proses di dalamnya. Salah satunya sistem pencernaan yang mana nantinya akan menghasilkan tinja alias feses hasil atau sisa pencernaan.

Pelaksanaan BAB seharusnya bisa dilakukan 1 kali sehari, maka sistem pencernaan bisa dikatakan normal alas tidak mengalami gangguan. Namun, kalau tidak begitu maka ada sedikit masalah terhadap sistem pencernaan-nya.

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB Umur 2 Bulan


Pada bayi yang masih berusia 2 bulan, sering kali juga mengalami susah BAB walaupun asupan makanan masih dari ASI. Mungkin ini terjadi kesalahan pada bagian pencernaan mereka entah proses penyerapan atau lainnya.

Apabila bayi mengalami susah BAB seperti itu, maka segera ambil tindakan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika anda tidak mengetahui bagaimana caranya, berikut ini beberapa tips mengatasi bayi susah BAB umur 2 bulan.

1. Suruh bayi bergerak

Pertama, anda bisa memberikan rangsangan dengan menyuruh bayi untuk bergerak entah berjalan, merangkak atau gerakan lainnya. Anda bisa juga membantu menggerakkan kaki si kecil ke bawah dan ke atas keadaan berbaring.

Gerakan kecil seperti akan membantu mempercepat proses turunnya sisa sistem pencernaan. Lakukan cara ini pada saat ingin mengganti popok supaya lebih enak dan leluasa bergerak bagi si kecil.

2. Mandi air hangat

Selanjutnya, ketika bayi mengalami susah BAB maka anda bisa memandikan si kecil dengan air hangat. Dengan cara ini, bisa membuat tubuh si kecil menjadi lebih rileks dan nyaman supaya proses sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Mandi air hangat bagi si kecil, anda bisa memberikan sedikit pijatan bagi si kecil pada area tertentu seperti perut kiri dari atas ke bawah. Selain itu, belakang perut hingga pantat juga anda bisa sedikit pijat selama 3 menit.

Baca juga : Penyebab Bayi Susah BAB dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

3. Mengganti susu formula

Apabila anda sudah memberikan susu formula kepada si kecil untuk pengganti ASI, mungkin letak kesalahannya terdapat pada susu. Kandungan susu formula bisa saja tidak cocok bagi pencernaan si kecil.

Terlalu padat pada pencernaan membuat feses yang dihasilkan menjadi cukup keras dan susah BAB. Jadi, solusinya adalah mengganti susu formula tersebut dengan susu lainnya supaya susah BAB bisa teratasi.

4. Hindari makanan padat

Saat masih umur 2 bulan, bayi sebaiknya tidak diberikan berbagai jenis makanan yang padat dan susah dicerna. Apabila tetap dipaksa tentu hasilnya pada pencernaan akan terganggu seperti susah buang air.

Jadi, hindari untuk memberikan makanan yang padat gizi dan serat seperti susu formula yang mempengaruhi tekstur tinja nantinya. Usahakan untuk memberikan ASI saja pada saat bayi masih berumur di bawah 6 bulan.

5. Berikan posisi tengkurap

Bayi yang susah BAB bisa di atasi dengan memberikan posisi pada si kecil menjadi tengkurap. Posisi ini akan membantu merangsang menurunkan sisa pencernaan di perut supaya BAB bisa lancar.

Jadi, sering - sering posisi-kan bayi dalam posisi tengkurap disertai dengan pijat pada belakang perut secara perlahan. Dalam posisi ini anda harus selalu memperhatikan si kecil supaya tidak terjadi hal yang tidak baik.

Nah, itulah ulasan mengenai cara mengatasi bayi susah BAB umur 2 bulan supaya jadi lebih lancar. Dengan cara di atas kesempatan bayi memiliki BAB lancar lebih besar namun kemungkinan untuk masih tidak normal juga bisa.

Jadi, usahakan untuk melakukan cara - cara di atas dengan baik dan benar lalu lakukan secara rutin setiap harinya. Sekianlah artikel pada kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

0 Response

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel