Ads 720 x 90

Batuk Berdahak tak Kunjung Sembuh? Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Batuk berdahak tak kunjung sembuh

Batuk berdahak tak kunjung sembuh - Badan sehat dan tidak mengalami 1 penyakit pun memang menjadi suatu hal yang cukup langka. Pasalnya, tubuh manusia seperti kita sangat mudah mengalami sebuah penyakit walaupun tergolong ringan.

Walaupun ringan, apabila sistem daya tahan tubuh lemah, bisa menjadikan penyakit berubah menjadi cukup berat. Contohnya batu berdahak yang awalnya biasa saja, namun ternyata tidak kunjung sembuh. Dan kali ini akan membahas solusi batuk berdahak tak kunjung sembuh dan penyebabnya.

Batuk memang sebuah penyakit yang paling sering diderita oleh orang - orang di Bumi hampir semua kalangan. Toh, masalah batuk sebenarnya memiliki beragam bentuk ada yang parah, biasa saja dan sedang.

Batuk Berdahak tak Kunjung Sembuh


Salah satu batuk yang pernah kita alami adalah batuk yang disertai dengan dahak pada tenggorokan. Batuk seperti ini memang sangat mengganggu, walaupun ketika tidak ada dahak sudah mengganggu sekali.

Nah, sering kali pada seseorang yang mengalami masalah ini ada yang sembuh-nya sangat lama. Bahkan, batuk berdahak tak kunjung sembuh dan membuat si penderita bingung harus bagaimana untuk mengatasinya.

Karena sekarang membahas batuk, lebih baik langsung saja mengulas bagaimana cara mengatasi batuk berdahak tak kunjung sembuh serta ulasan penyebabnya. Berikut ini penjelasan yang harus anda perhatikan.

# Penyebab batuk berdahak kronis

Berbeda dengan batuk biasa, batuk kronis ini karena masalah yang sudah lama dan tidak kunjung sembuh. Kemungkinan besar, masalah ini bisa timbul karena ada beberapa penyakit yang sedang menyerang bagian pernafasan anda.

Batuk berdahak yang sebetulnya sebuah penyakit ringan, namun karena ada dorongan penyakit lain membuat masa hidupnya jadi lama. Apa saja penyakit yang membantu menyelamatkan batuk berdahak dari maut ?.

1. Asam lambung naik

Apa itu ? Bukan-nya asam lambung erat hubungannya dengan pencernaan bukan sistem pernafasan ? Mengapa bisa terjadi ? Asam lambung yang sangat berbahaya bagi lapisan pencernaan dan tenggorokan bisa menimbulkan masalah.

Dalam medis, kenaikan asam lambung merupakan salah satu penyebab batuk kronis terhadap beberapa orang. Gejala yang menandai naiknya asam lambung adalah, rasa atau sensai seperti terbakar pada lapisan yang dilewati asam lambung.

2. Infeksi saluran pernafasan

Karena ini berhubungan dengan sistem pernafasan, mungkin batuk yang tak kunjung sembuh itu karena adanya infeksi saluran pernafasan. Batuk berdahak ini bisa di awali dari kondisi flu, pilek dan serta batuk ringan.

Nah, pada saat seperti itu virus yang masuk ke dalam tubuh bisa sampai ke saluran pernafasan seperti paru - paru. Pada akhirnya, timbul-lah masalah berupa batuk entah berdahak atau tidak yang bisa bertahan lama alias tidak kunjung sembuh.

3. Penyakit pada paru - paru

Paru - paru menjadi bagian penting dalam sistem pernafasan, pertukaran udara terjadi di dalamnya. Selain itu, permasalahan pada paru - paru bisa menimbulkan berbagai penyakit yang bisa dikatakan berbahaya alias kronis tidak kunjung sembuh.

Batuk berdahak yang sering kita alami dan mungkin lama sembuh bisa saja menandakan adanya penyakit pada paru - paru anda. Penyakit tersebut seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) dan bronkitis akut.

4. Polusi udara

Udara setiap hari selalu kita hirup untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi darah dan tubuh. Kualitas dari udara di lingkungan kita akan mempengaruhi kesehatan dari sistem pernafasan yang kita miliki.

Polusi udara, menjadi penyebab mengapa kita bisa mengalami batuk berdahak yang mungkin lama sekali tidak kunjung sembuh. Kotoran yang kita hidup pada udara yang kotor bisa mengakibatkan saluran pernafasan mengalami iritasi.


5. Asma

Asma merupakan penyakit di mana terjadinya peradangan dan pembengkakan pada area saluran pernafasan. Asma bisa ditandai dengan sesak nafas yang sangat berat, selain sesak nafas batuk yang tak kunjung sembuh bisa jadi tanda-nya.

Mungkin akan sulit dalam membedakan apakah batuk kronis anda disebabkan oleh asma atau penyakit lainnya. Caranya sangat mudah, anda perlu mendekatkan diri pada bulu, serbuk sari dan debu. Bila tambah besar maka batuk disebabkan oleh asma.

# Cara mengobati batuk kronis

Setelah anda mengetahui berbagai penyebab mengapa bisa terjadi batuk berdahak tak kunjung sembuh, selanjutnya adalah solusinya. Tidak enak rasanya, apabila kita mengalami sebuah penyakit yang tak kunjung sembuh.

Ada berbagai solusinya yang bisa anda coba untuk mengatasi masalah ini dilihat dari penyebab yang ada. Tidak usah berlama - lama karena sudah lama, berikut ini beberapa solusi atas perkara anda.

1. Karena flu

Apabila penyebabnya penyakit flu, solusinya adalah anda harus meminum obat untuk menurunkan gejala flu yang ada. Anda bisa konsumsi obat dengan jenis dekongestan dan ekspektoran untuk meredakan-nya.

Pastikan terlebih dahulu dengan berkonsultasi kepada dokter supaya resep untuk berobat bisa tepat. Obat - obat jenis tersebut akan membantu menurunkan lendir serta membersihkan saluran pernafasan agar tidak terganggu.

2. Karena rokok

Asap rokok yang begitu berbahaya, bisa menimbulkan penyakit kronis pada bagian bronkitis pada paru - paru. Dan masalah tersebut, salah satu penyebab mengapa kita bisa mengalami batuk yang tidak sembuh - sembuh.

Solusi tepat, adalah mulai berhenti merokok dan menjalani hidup yang lebih sehat dan baik tanpa asap rokok. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat disertai dengan ber-olahraga secara rutin setiap hari.

3. Karena alergi

Batuk yang terus - menerus dan tak kunjung sembuh, bisa saja karena alergi yang sedang anda alami. Alergi bisa dalam bentuk apa saja, dalam kejadian ini adalah alergi debu yang sering membuat batuk.

Menjauh dari sumber alergi dan mulai menggunakan perlengkapan kesehatan ketika berhubungan dengan debu. Kalau sudah kambuh, anda bisa konsumsi obat supaya reda apabila masih konsultasi-kan ke dokter.

4. Karena asma

Serangan asma yang tiba - tiba bisa ditandai dengan batuk berdahak yang berkepanjangan alias kronis. Masalah asma dan menimbulkan batuk, bisa dilakukan ke dokter dan dilakukan tes pernafasan.

Dalam tindakan pertama ketika ini terjadi adalah menggunakan inhaler 2 kali sehari supaya batuk bisa sedikit reda. Apabila sudah dilakukan tindakan tersebut dan masih, segera periksa-kan ke dokter untuk pengobatan yang lebih lanjut.

Kurang lebih cukup itu saja pembahasan mengenai batuk berdahak tak kunjung sembuh dari penyebabnya hingga cara mengobati-nya. Ada banyak penyebab yang mempengaruhi masalah ini bisa terjadi dan hidup lama.

Walaupun begitu, tetap ada cara supaya masalah ini bisa selesai alias sembuh meskipun tidak total. Sekianlah artikel kali ini semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter