Ads 720 x 90

Jenis Barang Tambang dan Manfaatnya bagi Manusia

Barang Tambang dan Manfaatnya

Barang tambang dan manfaatnya - Di dalam perut bumi tersimpan berbagai sumber daya yang bisa dimanfaatkan. Dalam memanfaatkan-nya, manusia perlu melakukan penggalian alias penambangan terhadap perut bumi.

Barang - barang tambang bisa didapatkan apabila telah menggali beberapa puluh meter ke dalam perut bumi. Ketika melakukan penambangan akan ada banyak sekali barang tambang yang bisa dimanfaatkan. Dan kali ini, kita akan mencoba membahas mengenai barang tambang dan manfaatnya.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali spot atau area yang digunakan untuk pertambangan. Biasanya, setiap pertambangan menambang satu jenis sumber daya tambang. Dan itu dilakukan secara terus menerus hingga kedalaman ratusan meter.

Barang Tambang dan Manfaatnya


Saat menggali atau menambang, seseorang bisa menemukan berbagai jenis barang. Yang biasanya, memiliki fungsi atau manfaat yang berbeda - beda. Ada yang berguna untuk perhiasan, bahan bakar, furniture dan lainnya.

Nah, disetiap fungsi yang digunakan memiliki bahan dasar yang berbeda - beda. Barang tambang yang dipergunakan dalam pemanfaatan cukup berbeda. Langsung saja berikut ini ulasan mengenai beberapa barang tambang dan manfaatnya.

1. Minyak bumi

Sumber daya tambang salah satunya minyak bumi yang keberadaan-nya sangat penting sekali. Minyak bumi sendiri merupakan hasil dari fosil - fosil makhluk hidup yang telah mati sejak lama. Ketersediaan minyak bumi untuk sekarang mulai sedikit sebab penggunaan yang sangat besar.

Di dunia, minyak bumi dimanfaatkan untuk berbagai hal. Dari mulai untuk transportasi, industri, rumah tangga dan lainnya. Minyak bumi tersebut, nantinya akan diolah menjadi berbagai jenis produk yang sering manusia gunakan.

2. Gas alam

Selain minyak bumi, barang tambang lainnya adalah gas alam. Barang ini termasuk sebagai bahan bakar yang berasal dari fosil - fosil makhluk hidup. Sama seperti minyak bumi, pembentukan gas alam membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sedangkan manfaatnya, gas alam sering digunakan berbagai kebutuhan. Contohnya, gas untuk memasak, bahan bakar industri dan lainnya. Karena pemanfaatan yang terlalu berlebih, membuat persediaan gas alam mulai menipis.

3. Timah

Batu - batu yang ada dalam tanah bumi, biasanya tersedia berbagai barang tambang. Salah satunya, biji timah yang cukup penting untuk pembuatan produk. Timah bisa didapatkan dengan melalui proses pelapukan batuan granit.

Dalam industri, timah akan digunakan untuk bahan dasar pembuatan kaleng, pelapis besi dan lainnya. Ketika biji timah diolah kembali, maka bisa menjadi logam timah, atau pun kertas timah. Untuk kertas timah sering digunakan untuk bungkus permen, makanan ringan.

4. Batu bara

Barang tambang dari fosil makhluk hidup selain minyak bumi dan gas bumi adalah batu bara. Barang tambang yang satu ini berbentuk layaknya batu mirip arang, dengan warna hitam pekat. Karena pemanfaatan yang cukup intens oleh industri maka persediaan juga mulai menipis.

Manfaat batu bara, sering digunakan sebagai bahan bakar dalam industri. Selain sebagai bahan bakar produksi, batu bara juga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Batu bara dipilih karena memiliki suhu panas yang stabil.

5. Tembaga

Kita tahu, benda - benda yang terbuat dari tembaga. Tembaga ini asalnya dari perut bumi didapat dengan cara melakukan penambangan. Biji tembaga bisa didapat melalui rangkaian proses dari pelarutan hingga sampai menjadi bijih tembaga.

Untuk manfaat, tembaga sering digunakan dalam proyek listrik sebab bagus dalam menghantarkan listrik. Selain listrik, tembaga banyak dimanfaatkan untuk keperluan industri, konstruksi, kesenian gamelan, dan lainnya.

Baca juga : Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui Beserta Gambarnya

6. Nikel

Barang tambang nikel sangat penting dalam penguatan mutu dari besi. Layaknya besi, nikel lebih memiliki keunggulan dari mulai lebih kuat, tidak cepat berkarat dan lainnya. Nikel dapat diperoleh dengan pelarutan batu - batuan yang ada di dalam perut bumi.

Dalam memanfaatkan nikel, sering digunakan dalam pembuatan uang logam. Selain bahan utama, nikel sering juga digunakan untuk bahan campuran seperti besi, kuningan dan lainnya. Hal ini berguna untuk memperkuat bahan yang sebelumnya kurang baik.

7. Emas

Emas menjadi salah satu barang tambang yang paling sering dicari oleh masyarakat dunia. Bukan tambang biasa, melainkan permata yang memiliki nilai harga yang cukup tinggi. Emas bisa didapat dengan pelarutan batuan dengan bahan kimia.

Sudah banyak yang tahu, manfaat dari emas adalah untuk perhiasan supaya menambah penampilan. Selain perhiasan, sekarang ini sudah banyak restoran yang menggunakan emas sebagai tambahan dalam makanan.

Nah, itulah beberapa barang tambang dan manfaatnya yang bisa kita peroleh ketika memanfaatkan-nya. Ada banyak barang tambang yang bisa kita peroleh dengan melakukan penggalian. Setiap daerah memiliki ciri khas barang tambang.

Dari produk tambang, manusia bisa mendapatkan berbagai manfaat. Dari mulai sektor industri, rumah tangga, pasar dan masih banyak kebutuhan lainnya. Sekianlah ulasan di atas, semoga bisa bermanfaat dan berguna.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter