Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Menerima Pesan dan Cara Mengatasinya

Whatsapp Tidak Bisa Menerima Pesan

Whatsapp tidak bisa menerima pesan - Penggunaan chatting online semakin hari semakin merebak di masyarakat dunia. Hal ini juga memunculkan berbagai layanan pesan online yang dilakukan oleh media - media besar dan yang memang mengembang hal tersebut.

Aplikasi whatsapp menjadi salah satu gambaran dari media online yang saat ini sering digunakan. Namun sayangnya, penggunaan whatsapp sering kali mengalami error seperti tidak bisa menerima pesan baru apapun.

Padahal, kalau tidak bisa menerima pesan anda tidak mengetahui apa yang telah teman atau keluarga kirimkan. Whatsapp yang telah menjadi media pesan cepat terbesar di dunia, bahkan sangat populer tentu akan melakukan perbaikan atas hal tersebut.

Namun, semua kesalahan tidak hanya pada pihak whatsapp saja melainkan pada perangkat yang anda miliki. Kesalahan dalam penggunaan perangkat handphone bisa menjadi pemicu mengapa whatsapp anda tidak bisa menerima pesan apapun.

Whatsapp Tidak Bisa Menerima Pesan


Apabila anda tengah mengalami masalah seperti ini, tentunya harus segera dilakukan tindakan supaya pesan tadi bisa segera masuk. Anda bisa mengecek dan memperbaiki beberapa aspek di handphone anda sehingga pesan bisa diterima.

Kalau anda tidak mengetahui bagaimana cara mengatasi whatsapp yang mengalami masalah tidak bisa menerima pesan, tenang saja. Kali ini kita akan membahas solusi whatsapp tidak bisa menerima pesan dari teman.

1. Silakan cek koneksi internet

Hal paling mendasar, coba cek koneksi internet yang anda miliki apakah berjalan baik atau tidak. Anda bisa cek melalui browser dan coba untuk mengakses internet melalui browser tersebut. Jika tidak bisa untuk menjelajah, maka koneksi anda sedang tidak baik.

Beberapa handphone yang beredar, terdapat handphone yang diberikan sebuah fitur pembatasan data. Sehingga, ponsel yang anda miliki akan membatasi pemakaian kuota data dan mempengaruhi pada layanan yang digunakan secara online.

Apabila masalah anda terletak pada koneksi internet, segera perbaiki masalah tersebut dengan begitu kelar masalahnya. Sedangkan fitur, anda bisa menonaktifkan hal tersebut hingga pesan bisa masuk.

2. Aplikasi whatsapp yang tertutup

Penggunaan aplikasi pembersih tentu bisa menghemat pemakaian baterai yang anda miliki sehingga bisa dipakai untuk jangka waktu yang lama. Tapi, penggunaan aplikasi pembersih ini bisa saja menjadi penyebab mengapa whatsapp anda tidak bisa menerima pesan.

Penutupan paksa aplikasi yang tidak dipakai di layar belakang oleh aplikasi pembersih ram, membuat operasional-nya berubah. Pesan - pesan yang seharusnya masuk ke whatsapp anda, tidak akan langsung masuk ke dalam aplikasi.

Solusinya, anda bisa membuka kembali whatsapp tersebut dan menunggu pesan - pesan tadi masuk. Atau anda bisa mengatur untuk mencegah penutupan paksa terhadap aplikasi whatsapp yang anda gunakan.

3. Menghapus cache whatsapp

Aplikasi - aplikasi yang anda gunakan, tanpa anda sadari menyimpan cache yang berguna nantinya. Cache adalah riwayat pemakaian aplikasi, yang nantinya berguna untuk membuka aplikasi dengan cepat tanpa menunggu cukup lama.

Apabila pemakaian aplikasi terlalu sering, maka ukuran cache yang dimiliki juga akan lebih banyak lagi. Ketika sudah banyak cache yang dikumpulkan, bisa saja mempengaruhi aplikasi tersebut, seperti tidak menerima pesan.

Baca juga : Cara Mengatasi Jaringan Lemot Telkomsel pada Hp Kamu 100% Work

Jadi, anda bisa selesaikan masalah ini dengan menghapus cache dari aplikasi whatsapp tersebut. Setelah terhapus,  maka whatsapp pada handphone anda bisa segera menerima pesan dari teman dan keluarga anda.

4. Update aplikasi whatsapp

Ketika anda mengalami permasalahan seperti ini, bisa saja diakibatkan whatsapp yang anda gunakan telah kadaluarsa. Sehingga, fitur - fitur pada aplikasi tersebut tidak bekerja secara baik dan normal, bahkan mengalami kendala.

Cobalah untuk cek update dari aplikasi whatsapp, bisa jadi masalah yang anda terima karena versi terbaru sudah tersedia. Jadi, silakan update aplikasi whatsapp dan nikmati pesan - pesan yang sudah masuk.

5. Matikan fitur penghemat daya

Menggunakan penghemat daya bisa bermanfaat untuk memperpanjang daya pakai dari handphone anda. Sayangya, penggunaan fitur ini sering kali menghentikan berbagai aplikasi yang berjalan di layar belakang.

Hasilnya, whatsapp yang seharusnya bekerja di layar belakang malah terhenti bekerja. Alhasil, aplikasi tadi tidak bisa menerima pesan dari mana pun karena tidak aktif. Solusinya, anda bisa menonaktifkan fitur penghemat daya, hingga pesan - pesan bisa masuk.

6. Manfaatkan fitur mode pesawat

Fitur mode pesawat sangat penting digunakan ketika berada di dalam pesawat supaya tidak mengganggu penerbangan. Walau tidak dalam pesawat, fitur ini sangat berguna untuk menyelesaikan berbagai masalah koneksi.

Apabila koneksi yang anda miliki sedang buruk, sehingga aplikasi online seperti whatsapp mengalami pending, coba cara ini. Aktifkan mode pesawat dan tunggu 3 menit, baru kemudian nonaktifkan kembali mode pesawat tadi.

Nantinya, pesan - pesan yang tadinya pending bisa segera masuk dan anda bisa membacanya. Ini bisa menjadi cara awal ketika anda mengalami permasalahan seperti ini, jadi manfaatkan mode pesawat ini dengan baik.

7. Lihat pemakaian ram

Bagi anda yang menggunakan handphone yang dibuat jaman dahulu, tentu memiliki spesifikasi yang sangat minim. Salah satunya adalah ukuran ram yang ada di perangkat tersebut memiliki jumlah yang terbatas.

Apabila ram yang digunakan terlalu banyak, maka beberapa aplikasi tidak bisa berjalan dengan semestinya. Dampak pada aplikasi whatsapp seperti terjadi pending ketika mengirim atau pun menerima pesan.

Jadi, bersihkan aplikasi - aplikasi yang berjalan tapi tidak digunakan waktu itu. Selain itu nonaktifkan fitur penghemat ram apabila handphone anda memiliki fitur ini. Kalau sudah maka pesan tadi akan segera masuk tanpa pending apapun.

Nah, itulah artikel mengenai penyebab whatsapp tidak bisa menerima dan mengirim pesan apapun dan cara mengatasinya. Coba beberapa cara di atas, supaya aplikasi whatsapp yang anda gunakan kembali pulih.

Apabila salah satu cara di atas belum bisa menyelesaikan masalah tersebut, coba cara lain hingga benar - benar terselesaikan. Sekianlah ulasan kali ini, semoga dengan artikel

0 Response to "Penyebab Whatsapp Tidak Bisa Menerima Pesan dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...