Ads 720 x 90

Peranan BUMS dalam Perekonomian di Negara Indonesia

Peran BUMS dalam Perekonomian

Peran BUMS dalam perekonomian - Sebuah lembaga atau badan usaha tentu sangat diperlukan untuk sebuah perekonomian negara. Badan usaha berkembang dan tumbuh di suatu negara untuk meningkatkan ekonomi yang ada.

Kesejahteraan masyarakat menjadi hal yang menjadi dasar mengapa dibentuk sebuah badan usaha. Ada 2 jenis badan usaha di Indonesia yaitu BUMN dan BUMS. Keduanya memiliki peran yang hampir sama, sekarang kita akan membahas peran BUMS dalam perekonomian.

Badan - badan usaha swasta bisa dibentuk oleh siapa saja, dan bukan miliki negara alias milik rakyatnya. Berbeda dengan badan usaha miliki negara yang sepenuhnya diatur oleh pemerintahan, walaupun di peruntukan untuk rakyatnya.

Keberadaan kedua badan usaha ini sangat penting terhadap perekonomian negara. Terlebih badan usaha swasta yang memiliki peluang yang lebih tinggi untuk dikembangkan. Karena kemampuan masyarakat yang bervariasi dan memiliki kelebihan tersendiri.

Peran BUMS dalam Perekonomian


BUMS atau badan usaha milik swasta adalah badan usaha yang dibentuk dan dirawat oleh pihak - pihak swasta dengan tujuan keuntungan yang besar. Seperti BUMN, badan usaha swasta ini juga membantu mengelola SDA yang ada.

Dengan begitu, perekonomian nasional bisa meningkat dengan pesat yang dilakukan oleh pihak - pihak swasta yang bekerja sama dengan pemerintah. Selain peran tersebut, masih banyak peran yang dimiliki oleh BUMS. Berikut ini beberapa peran dari badan usaha swasta tersebut.

1. Membantu pemerintah

Seperti badan usaha milik negara, badan swasta yang satu ini juga membantu meningkatkan perekonomian nasional. Dengan mengelola SDA yang yang tersedia, bisa membantu mempercepat pertumbuhan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Adanya badan usaha seperti ini sangat membantu pemerintahan dalam mengurangi pengangguran. Jumlah pengangguran yang berkurang serta peningkatan kegiatan ekonomi tentu memberikan dampak posistif bagi ekonomi nasional.

Baca juga : Cara Mengatasi Pengangguran Siklis atau Konjungtur

2. Peningkatan kegiatan ekonomi

Telah disinggung sedikit, adanya badan usaha ini sangat mempengaruhi kegiatan ekonomi yang ada. Bagaimana tidak, biasanya badan ini akan membantu memberikan pekerjaan terhadap masyarakat luas.

Sehingga kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi serta konsumsi bisa meningkat. Kebutuhan yang terus meningkat memaksa adanya pertumbuhan kegiatan ekonomi produksi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

3. Mengurangi pengangguran

Sebuah badan usaha biasanya akan membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak supaya terbentuk dengan baik. Pekerja yang diambil dari masyarakat tentu sangat menguntungkan bagi ekonomi nasional.

Usaha swasta bisa menarik banyak pekerja untuk memenuhi kuota yang ada. Dengan fakta tersebut, tentu bisa mengurangi jumlah pengangguran yang ada. Dengan meningkatkan pekerja tentu membantu mempercepat  pertumbuhan ekonomi.

4. Daya beli meningkat

Masyarakat yang sudah bekerja dan mendapatkan pendapatan, pastinya akan memiliki rasa ingin memiliki sesuatu. Kebutuhan yang terus meningkat dan sangat diperlukan, memaksa anda untuk melakukan tindakan membeli.

Badan usaha swasta tersebut, juga akan berdampak untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Karena mereka sudah ber-pendapatan maka mereka akan berusaha memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

5. Memperlancar pembangunan

Pelaksanaan kegiatan ekonomi yang dilakukan badan swasta biasanya memiliki pendapatan yang luar biasa. Sebelum diproses, pendapatan yang diperoleh tersebut harus dilakukan tindakan bayar pajak, baru bisa diproses.

Pembayaran pajak dari badan swasta kepada pihak pemerintah dengan jumlah tertentu akan dipergunakan untuk pembangunan. Semakin baik badan swasta yang ada semakin lancar pembangunan yang akan dilakukan oleh negara.

6. Pemerataan pendapatan masyarakat

Indonesia terkenal dengan perbedaan geografis serta sumber daya alam yang sangat bervariasi antara satu daerah dengan daerah lainnya. Hal tersebut akan berdampak adanya perbedaan pendapatan yang dimiliki oleh masyarakat.

Ini terjadi karena perekonomian yang berjalan bergantung pada sumber daya alam dan manusianya. Semakin baik kedua komponen tersebut maka bisa semakin baik pula pendapatan yang diperoleh oleh masyarakat.

7. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Hadirnya BUMS memberikan berbagai lowongan atau kesempatan bekerja bagi masyarakat yang belum bekerja. Badan usaha swasta juga membantu terjadinya proses pemerataan pendapatan dan meningkatkan daya beli masyarakat.

Dengan kegiatan ekonomi yang meningkat dan memiliki kualitas yang baik, memberikan pertumbuhan ekonomi yang baik pula. Keberadaan sangat bermanfaat dan membantu pemerintah mengatasi permasalahan ekonomi.

Nah itulah beberapa peran BUMS atau bada usaha milik swasta dalam perekonomian nasional Indonesia. Banyak manfaat yang ada dengan hadirnya badan usaha ini, sebab bisa membantu mengatasi permasalahan ekonomi bersama pemerintah.

Dengan semakin banyak badan swasta pada sebuah negara tentu akan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan menjadikan negara tersebut negara yang masuk. Sekianlah artikel kali ini semoga dengan ulasan di atas dapat menambah wawasan anda semua.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter