Penyebab Dahak Bercampur Darah tanpa Disertai Batuk

Penyebab Dahak Berdarah

Penyebab dahak berdarah - Batuk berdahak menjadi sebuah hal yang sangat sering dialami oleh banyak orang. Umumnya, orang yang mengalami batuk dan pilek sering kali disertai dengan dahak atau lendir yang sangat mengganggu.

Nah, ketika banyak orang yang sudah sembuh dari penyakitnya malah mereka tidak memperhatikan penyebab penyakitnya dulu. Apabila begini, tentu saja anda mengalami batuk berdahak terlalu sering. Coba deh untuk mengetahui penyebab dahak berdarah.

Dahak yang dikeluarkan ketika anda melakukannya, biasanya memiliki beberapa warna. Jenis - jenis tersebut bisa memberitahu ada seberapa parah penyakit yang tengah anda alami saat ini.

Dahak bisa berwarna merah karena diikuti dengan darah di dalamnya, dan itu cukup berbahaya serta perlu penanganan segera mungkin. Kalau tidak ya bisa bertambah parah dan menimbulkan penyakit lainnya. Sebelum itu terjadi, sebaiknya anda memperhatikan sebab - sebab terjadi kejadian tersebut.

Penyebab Dahak Berdarah


Banyak orang yang mengalami dahak di dalam tubuhnya, sering kali membiarkan hal itu terjadi begitu saja. Bahkan, mereka bisa tidak memperhatikan dan tidak melakukan sebuah tindakan untuk mengatasi penyakit yang tengah dialami.

Tak ingin mengalami dahak yang diikuti dengan darah, sebaiknya anda harus mengetahui apa penyebab dahak berdarah. Dengan begitu anda bisa menghindari hal - hal yang bisa menimbulkan dahak diikuti dengan darah.

1. Pneumonia

Penyakit pneumonia atau paru - paru basah ini ternyata bisa menjadi salah satu penyebab mengapa dahak yang dikeluarkan ada darahnya. Paru - paru basah ini adalah terjadinya infeksi dan mengakibatkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru - paru.

Orang yang sudah mengalami paru basah ini, biasanya akan mengalami gejala - gejala umum seperti sesak nafas, batuk berdahak, demam dan lainnya. Kantung udara akan terisi dengan cairan atau nanah. Orang yang sudah mengalami penyakit ini terlalu serius bisa menyebabkan dahak berdarah.

2.Penyakit TBC

Penyakit pada bagian pernafasan seperti TBC menjadi penyebab mengapa dahak yang anda keluarkan bisa berdarah. Sebetulnya, batuk berdahak sering disebabkan oleh penyakit yang satu ini, bahkan tingkatannya sekitar 30%.

Baca juga : Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Mudah secara Alami

Orang yang memiliki dahak berdarah, menandakan kalau dia telah mengalami masalah TBC yang sudah cukup parah. Pecahnya pembuluh darah di area paru - paru, mengakibatkan dahak yang keluar akan disertai dengan darah.

3. Bronkitis akut

Bronkitis adalah terjadinya infeksi di area paru - paru tepatnya di saluran udara oleh virus dan bakteri. Infeksi yang terjadi, akan memberikan dampak berupa peradangan pada bagian saluran udara di paru - paru.

Bronkitis dapat dikenali dengan memperhatikan masalah sebelumnya seperti flu dan pilek yang tidak sembuh selama 3 - 4 hari. bronkitis akut akan menyebabkan dahak yang dikeluarkan berdarah, akibat pecahnya pembuluh darah.

4. Emboli paru

Terjadinya penyumbatan pada saluran pembuluh darah di paru - paru oleh gumpalan darah, bisa membuat dahak yang keluar menjadi berdarah. Gumpalan darah yang menyumbat tersebut disebabkan oleh pembuluh darah dari bagian tubuh lainnya.

Contohnya pada betis, yang mengalami penggumpalan dan kembali ke paru - paru. Dampak yang dirasakan oleh yang menderita ini berupa sesak nafas, sakit dada, detak jantung tidak teratur dan lainnya. Akan lebih berbahaya apabila gumpalan darah tersebut menyumbat saluran udara.

5. Kanker paru - paru

Pertumbuhan sel hidup yang tidak teratur atau kanker pada paru - paru memiliki risiko yang sangat tinggi. Asap rokok menjadi pemicu utamanya, entah perokok aktif maupun pasif memiliki tingkat risiko yang sama.

Seseorang akan lebih tinggi mengalami kanker ketika berusia 40 tahun ke atas. ada awalnya, gejala kanker tidak terlihat dan akan terasa ketika sudah pada tingkat yang lebih tinggi. Dampak yang diberikan seperti batuk yang tak kunjung sembuh, batuk berdarah dan lainnya.

Itulah ulasan mengenai mengapa dahak yang dikeluarkan bisa diikuti darah alias berdarah. Hampir semua penyebabnya datang dari inti sistem pernafasan yaitu paru -paru yang sangat berdampak pada dahak yang dikeluarkan.

Apabila tidak menginginkan masalah ini terjadi pada diri anda , sebaiknya anda menjauhi berbagai hal buruk yang bisa merusak tubuh anda. Lakukan berbagai aktivitas yang baik supaya tubuh tetap sehat dan kuat. Sekianlah artikel kali ini semoga bisa bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Dahak Bercampur Darah tanpa Disertai Batuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel