Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli Ekonomi

Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli

Pengertian pengangguran menurut para ahli - Pengangguran menjadi suatu masalah yang banyak dialami oleh berbagai negara. Bahkan untuk negara - negara berkembang permasalahan pengangguran menjadi suatu hal yang sangat penting.

Sebab, negara yang sedang berkembang dan menuju negara maju perlu sumber daya yang baik. Entah itu dari mulai sumber daya alam atau sumber daya manusianya. Maka kalau ada masalah di salah satu sumber daya tentu akan mengganggu pembangunan.

Sebelum itu, tentu anda harus melihat dari segi jumlah pengangguran yang ada sebelum menarik kesimpulan. Semakin banyak pengangguran yang ada tentu harus segera dikurangi jumlahnya supaya tidak semakin buruk dampaknya.

Dalam mengatasinya, pemerintah atau pihak swasta bisa memberikan pelatihan atau membuka lowongan pekerjaan. Sehingga, masyarakat bisa menciptakan lapangan pekerjaan atau bisa mendapat pekerjaan yang sesuai.

Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli


Dari atas kita telah membahas mengenai soal pengangguran, namun apa itu pengangguran sebenarnya. Pengangguran memang sudah menjadi permasalahan di berbagai banyak negara dan pemerintah pun sudah banyak melakukan usaha untuk mengurangi jumlahnya.

Namun, sayangnya masih banyak saja pengangguran yang ada bahkan kian tahun selalu bertambah jumlahnya. Mengulas mengenai pengertian dari pengangguran, seperti apa definisi pengangguran menurut para ahli sendiri.

Baca juga : Cara Mengatasi Pengangguran Siklis atau Konjungtur

Nah, di sini kita akan membahas mengenai pengertian pengangguran sesuai dengan pendapat para ahli. Langsung saja berikut ini pengertian secara umum dan menurut para ahli ekonomi sendiri.

#Secara Umum

Pengangguran adalah sebutan terhadap orang yang tidak bekerja sama sekali, bekerja 2 hari dalam seminggu, mencari kerja yang layak. Pengangguran berlaku kepada angkatan kerja yang sudah seharusnya bekerja tapi belum mendapatkan pekerjaan.

#Sadono Sukirno

Pengangguran adalah seseorang yang masuk ke dalam angkatan kerja namun masih dalam keadaan sedang mencari kerja. Namun, masih saja belum mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan cukup layak.

#Payman J. Simanjuntak

Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja berusia angkatan kerja yang tidak bekerja sama sekali atau bekerja kurang dari dua hari selama seminggu sebelum pencacahan dan berusaha memperoleh pekerjaan.

#Menakertrans

pengangguran adalah orang yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan,mempersiapkan suatu usaha baru, dan tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan.

Nah itulah beberapa pengertian pengangguran menurut para ahli ekonomi yang mengeluarkan pendapatnya mengenai hal ini. Intinya sama yaitu orang yang tidak bekerja sama sekali atau tengah mencari pekerjaan tapi belum mendapatkan.

Untuk membangun sebuah negara menjadi lebih maju, maka rakyatnya harus bekerja dengan baik entah menciptakan pekerjaan, ikut dengan orang lain atau hal lainnya. Sekianlah pembahasan kali ini, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat buat anda semua.

0 Response to "Pengertian Pengangguran Menurut Para Ahli Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel