Latar Belakang Munculnya Merkantilisme di Eropa


Latar belakang merkantilisme - Ekonomi menjadi sebuah hal yang penting untuk mendapatkan predikat negara yang maju. Oleh karena itu, banyak bangsa - bangsa dunia yang merombak berbagai sistem perekonomian-nya.

Banyak teori - teori yang membahas berbagai macam sistem ekonomi yang pernah ada. Di eropa sendiri adalah sebuah teori ekonomi yang disebut sebagai merkantilisme. Sistem ini muncul sekitar abad ke 16 dan latar belakang merkantilisme banyak dipengaruhi oleh ekonomi yang tengah terjadi.

Merkantilisme, menjadi salah satu teori ekonomi dari berbagai macam teori - teori dari sistem perekonomian di dunia. Kemunculan dari sistem ekonomi terbaru ini, pasti ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Namun, sering kali hal itu membuat sebuah permasalahan yang sangat serius bagi kedamaian bangsa - bangsa di dunia ini. Karena sistem inilah, banyak terjadi ekspansi terhadap beberapa negara supaya bisa menguasai perdagangan yang ada.

Latar Belakang Merkantilisme


Munculnya sebuah sistem ekonomi biasanya disebabkan oleh berbagai hal tertentu. Ada banyak hal yang melatarbelakangi terjadinya sistem teori ekonomi dari merkantilisme. Umumnya banyak hal dan kejadian yang mempengaruhi sehingga teori ini bisa muncul. 

Nah, lalu apa yang menyebabkan sistem yang satu ini bisa muncul dan berkembang sangat pesat di negara - negara eropa. Oke, langsung saja berikut ini ulasan mengenai latar belakang merkantilisme.

A. Pengertian Merkantilisme

Sebelum membahasnya lebih jauh, pengertian merkantilisme itu sendiri apa sih?. Merkantilisme merupakan sebuah sistem ekonomi yang hadir pada abad ke 16. Sistem ini banyak digunakan oleh negara - negara eropa, dan bertujuan untuk memperluas kekuasaan dengan mengorbankan kekuasaan negara saingan.

Dalam penerapan sistem ekonomi merkantilisme memiliki fungsi mengumpulkan cadangan moneter yang ada dengan keseimbangan ekonomi yang baik. Penerapan ini terutama ditujukan pada barang - barang yang sudah jadi, alias siap pakai.

B. Latar Belakang Merkantilisme

Dalam kemunculan sistem baru biasanya disebabkan oleh berbagai kemungkinan yang terjadi saat itu. Histori dari sistem itu salah satunya adalah karena adalah perang dan adanya keinginan untuk melakukan sebuah ekspansi secara kolonial. Dan ini menjadi salah satu teori, penyebab merkantilisme ada.

Namun sering kali, teori yang diungkapkan antara satu sejarawan dengan lainnya memiliki beda pendapat. Kemungkinan besar perbedaan pandangan yang menjadi patok mengapa teori yang diberikan berbeda. Langsung saja, berikut ini beberapa latar belakang merkantilisme.

Kebijakan - kebijakan yang digunakan dalam sistem ini begitu banyak dan bisa menguntungkan dan merugikan beberapa pihak. Penguasaan perdagangan menjadi tujuan utama, untuk kebijakan yang diterapkan anda bisa simak di bawah ini.

  • Memunculkan berbagai koloni oleh negara - negara luar
  • Di dalam koloni, dilarang berdagang selain dengan negara koloni tersebut
  • Terjadi monopoli dengan port pokok yang ditetapkan
  • Larangan mengekspor emas dan perak, bahkan untuk digunakan alat pembayaran sekalipun
  • Hadirnya subsidi ekspor
  • Pembatasan upah
  • Memaksimalkan sumber daya alam dalam negara sendiri
  • Konsumsi domestik dikurangi untuk perdagangan
  • Mengenalkan manufaktur melalui penelitian

Itu menjadi sebuah kebijakan yang diambil di dalam sistem ekonomi merkantilisme yang lebih dominan di negara - negara eropa. Pelaksanaan sistem ekonomi seperti ini pasti akan menimbulkan masalah, sebab pasti ada salah satu pihak yang merasa dirugikan atas hadirnya sistem merkantilisme.

Puncak dari kejayaan sistem perekonomian ini ketikan terjadi pada abad ke 17 atau sekitar tahun 1638. Salah satu negara yang sangat menjunjung tinggi sistem ini adalah negara Perancis, bahak merkantilisme diajarkan di sekolah - sekolah sana.

Hadirnya sistem ini ketika itu setelah terjadi perang yang tengah gencar dilakukan. Karena kondisi ekonomi yang memburuk maka dibutuhkan sebuah sistem ekonomi yang bisa membangun perekonomian. Jadi, tujuan dari merkantilisme ini yaitu membangun ekonomi, sehingga bisa memperkuat perekonomian negara tersebut.

Nah, itulah pembahasan yang bisa kami berikan kepada anda tentang latar belakang merkantilisme. Sekian semoga dengan ulasan di atas bisa menambah wawasan anda semua tentang dunia ekonomi dan sejarah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel