Hubungan antara Takdir, Ikhtiar, Doa, dan Tawakal dalam Islam

hubungan antara takdir, ikhtiar, doa dan tawakal

Hubungan antara takdir, ikhtiar, doa, dan tawakal - Mengikuti berbagai sunnah - sunnah agam islam memang sangat baik. Selain mendapatkan bayaran berupa pahala, mengerjakan sunnah juga bisa memberikan ketenangan hati yang baik.

Ada banyak sunnah seperti percaya takdir, berikhtiar, berdoa dan tawakal. Ini hanya sebagian kecil, ternyata ada hubungan antara takdir, ikhtiar, doa dan tawakal yang sangat berarti sekali. Dan kali ini kita akan segera membahas hal tersebut.

Mengerjakan berbagai perbuatan baik yang diajarkan oleh agama menjadi nilai plus bagi umat muslim yang mengerjakan. Contohnya mempercayai takdir bawasanya hidup telah diatur oleh Allah SWT sebelum kita hidup.

Berikhtiar meminta pertolongan kepada Allah terhadap kesulitan yang ditimpa. Meminta sesuatu kepada tuhan dengan cara berdoa secara terus menerus. Maka, niscaya Allah akan memberikan limpahan rezeki yang anda minta dengan segera.

Hubungan antara Takdir, Ikhtiar, Doa, dan Tawakal


Ketika anda mempelajari materi mengenai takdir, ikhtiar, doa dan tawakal, sebetulnya ada sedikit hubungan dari hal - hal tersebut. Tindakan tersebut memiliki kaitan yang mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

Apabila anda ingin sekali mengetahui apa sebenarnya hubungan dari sunnah - sunnah tersebut?. Tenang saja, berikut ini ulasan mengenai permasalahan apa hubungan dari takdir, ikhtiar, doa dan tawakal.

Sebelum menjelaskan inti dari permasalahan di atas, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari hal - hal tersebut. Jangan sampai sebagai umat muslim tidak mengetahui materi atau ilmu dasar dalam agama islam. Langsung saja berikut pengertian dari takdir, ikhtiar, doa dan tawakal.

A. Pengertian Takdir

Takdir adalah sebuah ketetapan yang telah Allah tulis di lauhil mahfud sejak zaman ajali. Takdir umumnya dibagi menjadi dua menurut sifatnya yaitu takdir muallaq dan takdir mubrom. Penjelasan bisa anda baca di bawah ini.

  • Takdir mullaq adalah takdir yang sudah ditetapkan dan akan terjadi sesuai dengan ikhtiar dan tawakal yang dilakukan. Jadi, hal ini bisa anda dapatkan dengan cara berusaha dengan sungguh - sungguh dengan mengharapkan kebaikan dari Allah.
  • Sedangkan, takdir mubrom adalah takdir yang sudah pasti terjadi dan tidak dapat diubah lagi oleh manusia atau pemilik takdir. Contoh takdir ini seperti jenis kelamin, kematian, urusan jodoh dan lainnya.
B. Pengertian Ikhtiar

Pernah mendengar kata ikhtiar? Ikhtiar adalah usaha - usaha yang dilakukan oleh manusia yang digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Tentu saja usaha yang dilakukan harus sesuai dengan syariat islam, supaya hasil yang didapatkan mendapatkan keberkahan.

Selain untuk memenuhi kebutuhan, ikhtiar juga berarti mendapatkan hal yang ia kehendaki. Sehingga seseorang yang memiliki ikhtiar yang tinggi, akan mencoba bekerja keras hingga mencapai sebuah titik di mana ia merasa cukup sukses.


C. Pengertian Doa

Berdoa memang sangat dianjurkan kepada umat muslim, namun apa itu doa? Doa adalah sebuah seruan permohonan atau meminta kepada Allah. Doa identik dengan orang yang berserah diri meminta sebuah pertolongan kepada Allah sebagai penguasa alam semesta.

Doa banyak berisi tentang sebuah permohonan yang dilakukan manusia kepada tuhannya. Hampir semua agama di dunia melakukan hal seperti ini, tak terkecuali agama islam. Contoh doa adalah meminta rezeki, pertolongan, kemudahan, kebaikan dunia akhirat dan lainnya.

D. Pengertian Tawakal

Bertawakal banyak dilakukan oleh orang - orang yang sedang menerima musibah. Tawakal sendiri adalah usaha berserah diri kepada Allah dengan sepenuh hati dan berniat ingin mendekatkan diri dalam menghadapi berbagai persoalan hidup di dunia ini.

Tawakal bukanlah aktivitas fisik, melainkan hati. Yang mana hati untuk mencoba rendah hati dan menyerahkan segala urusan kepada Allah. Jadi, mereka berserah diri dan tetap melakukan usaha dengan kemampuan yang ada.

Nah, dari pengertian di atas sebenarnya anda bisa mulai memahami sedikit mengenai hubungan dari soal - soal di atas. Apabila anda kesulitan menarik kesimpulan dari pengertian sebelumnya, coba simak penjelasan berikut ini.

Penjelasan hubungan antara takdir, ikhtiar, doa dan tawakal

Allah sudah sejak lama menetapkan takdir ke semua hambanya. Dengan mengetahui hal tersebut, maka manusia atau kita seharusnya tidak melemahkan usaha yang dilakukan. Namun, tetap mendirikan ikhtiar yang kuat untuk mencapai sesuatu yang dikehendaki.

Dengan cara terus berdoa dan disertai dengan tawakal kepada Allah, serta niat yang begitu kuat. Maka takdir yang anda miliki dan kehidupan bisa sedikit di rumah. Dengan catatan, bukan takdir mubrom yang memang tidak dapat diubah oleh manusia.

Persoalan diatas memiliki keterkaitan yang sangat kuat, sudah seharusnya manusia menerapkan sunnah - sunnah di atas dengan benar. Dengan begitu hidup dan usaha yang dilakukan dapat menghasilkan berkah yang banyak dalam hidupnya.

Bagaimana, apakah anda mulai memahami hubungan dari ke-empat hal di atas. Seharusnya anda sudah bisa sedikit memahami penjelasan dari ulasan di atas. Sangat mudah dipahami apabila anda sudah mengetahui pengertiannya.

Jika sudah paham, sebaiknya anda juga melakukan hal - hal yang telah dijelaskan seperti berusaha keras, berdoa dan berserah diri kepada Allah. Sekianlah artikel kali ini semoga anda bisa mendapatkan manfaat atas artikel tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Hubungan antara Takdir, Ikhtiar, Doa, dan Tawakal dalam Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel