Cara Alami Menghilangkan Bintik - Bintik Merah di Wajah Bayi

Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi

Cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi - Kulit bayi memiliki tingkat sensitif yang lebih tinggi dari pada kulit orang dewasa. Banyak perubahan yang bisa terjadi pada bayi, meski dipengaruhi dengan hal - hal kecil.

Salah satu perubahan yang sering dialami oleh para bayi dengan kulit adalah bintik merah pada area wajah terutama pipi. Kalau sudah melihat ada bintik di wajah si kecil tentu membuat hati kita tergerak untuk menghilangkan-nya. Artikel ini akan mencoba memberikan beberapa cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi.

Kemunculan bintik merah pada wajah bayi bisa menandakan kalau kulit bayi tersebut alergi terhadap suatu hal. Namun, masyarakat banyak menganggap kalau tanda bintik merah pada kulit si kecil disebabkan oleh ASI yang menetes di kulit.

Masalah kulit bayi ini besar kemungkinan juga pertanda akan sesuatu hal. Dan ini juga membuktikan kalau kulit bayi sangat sensitif terhadap sesuatu sehingga menimbulkan perubahan pada kulit dengan cepat.

Cara Menghilangkan Bintik Merah di Wajah Bayi


Pada saat bayi mengalami hal seperti ini, sebagai orang tua tentu ingin sekali untuk melakukan perawatan supaya bintik merah bisa segera hilang. Sayangnya, banyak sekali orang tua yang belum mengetahui dengan pasti caranya.

Padahal, untuk menghapus masalah tersebut bisa dilakukan dengan mudah bahkan perawatan yang dilakukan tidak terlalu rumit. Penyelesaian dari bintik merah harus disesuaikan dengan masalah yang ada.

Sebab, bintik merah ini bisa muncul kemungkinan besar menandakan sebuah penyakit. Dan untuk menghilangkan bintik tersebut harus diselesaikan dari sumber penyakitnya. Berikut ini cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi menurut penyakit yang dialaminya.

1. Cacar air

Bintik merah yang dialami oleh si kecil kemungkinan disebabkan oleh adanya masalah cacar air. Cacar air memang sangat sering dialami oleh anak - anak, bahkan seperti bayi sekalipun juga bisa mengalami hal tersebut.

Bintik merah akibat cacar air, biasanya timbul karena pengaruh virus. Warna merah dan berisi cairan, menjadi tanda kalau si kecil tengah mengalami cacar air. Penyakit ini sendiri bisa ditularkan melalui cairan tersebut.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut anda tidak memerlukan perawatan khusus apapun. Sebab, dalam jangka waktu 5 - 7 hari umumnya bintik merah akibat cacar air akan segera kering. Untuk pencegahan biasanya dilakukan vaksinasi cacar air.

2. Biang keringat

Mengeluarkan keringat memang sangat baik, bisa membantu mengeluarkan racun - racun yang ada dalam tubuh. Tapi, sering kali kulit mengalami berbagai permasalahan apalagi bayi, sehingga akan menimbulkan masalah biang keringat.

Biang keringat ini banyak dialami anak - anak, walau tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengalaminya. Biasanya, masalah ini bisa dikenali dengan tanda - tanda seperti kulit kemerahan, terasa gatal, dan adanya sedikit bengkak.

Baca juga : Cara Mengatasi Bayi Rewel Menurut Islam pada Malam Hari

Biang keringat banyak disebabkan cuaca yang terlalu panas dan agak lembab. Untuk mengatasinya, anda bisa memindahkan si kecil dari ruang tersebut ke tempat yang sejuk. Ditambah anda bisa memberikan bedak bayi yang cocok buat kulitnya.

3. Jerawat bayi

Jerawat tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun juga bayi juga bisa mengalaminya. Tidak seperti orang dewasa, jerawat pada bayi ini hal umum yang terjadi ketika jangka waktu 2 - 4 minggu setelah hari lahirnya.

Kemunculan dari jerawat ini, hingga kini masih belum diketahui asal usulnya sehingga terjadi masalah ini. Tapi, jangan risau akan hal itu karena masalah ini akan segera hilang dan sembuh selang beberapa minggu atau sekitar 3 minggu.

Untuk perawatan terhadap masalah ini, anda bisa mencuci wajah si kecil dengan air bersih. Pastikan hanya membilas-nya dengan lembut tanpa perlu menggosok terlalu keras. Lakukan cara ini setiap habis keluar rumah atau wajah bayi terlihat sedikit kusam.

4. Eksim

Penyakit selanjutnya adalah eksim yang memang banyak dialami oleh anak - anak. Sering kali permasalahan eksim ini bisa terjadi berkepanjangan hingga usia mereka cukup dewasa. Dampak munculnya eksim antara lain kulit gatal, berwarna merah dan kering.

Eksim banyak menyerang kulit bayi karena sangat sensitif dan mudah mengalami berbagai alergi. Untuk area wajah sendiri, eksim bisa hadir di area bawah mata dan sekitar telinga. Bagian lain juga bisa mengalami eksim yaitu pada area kulit yang melipat - lipat.

Penanganan yang bisa dilakukan yaitu menghindarkan bayi dari suhu dan cuaca yang ekstrem dan bisa membuat kulit bayi mengalami masalah. Mandikan si kecil 2 hari sekali dan kering dengan dengan menepuknya. Setelah selesai, anda bisa memberikan salep sesuai dengan resep dokter.

5. Biduran

Bayi memiliki kulit yang sensitif dan mudah mengalami alergi terhadap sesuatu hal. Biduran menjadi salah satu mengapa terdapat bintik merah di wajah bahkan seluruh badan si kecil. Bayi yang mengalami biduran ditandai dengan ruam merah hampir di sekujur tubuhnya.

Ini bisa terjadi karena si kecil mengalami alergi terhadap sesuatu benda atau hal seperti makanan, suhu, obat - obatan dan lainnya. Suhu dan makanan menjadi penyebab utama yang mempengaruhi terjadinya biduran pada si kecil.

Perawatan yang bisa anda ambil untuk menyelesaikan ini yaitu melakukan perawatan seperti biasanya saja. Sebab, biduran ini akan sembuh seperti cacar air dalam selang waktu kurang lebih beberapa hari saja. Apabila tidak segera sembuh anda bisa merujuk-nya ke rumah sakit.

Nah, banyak bukan cara menghilangkan bintik merah di wajah bayi sesuai dengan masalah yang dialami si kecil. Dalam hal ini, anda perlu sekali memperhatikan penyebab mengapa si kecil bisa mengalami bintik merah.

Dengan begitu, anda bisa melakukan tindakan lanjutan untuk mengatasi masalah tersebut. Apabila anda khawatir, anda bisa merujuk-nya ke dokter dan minta konsultasi-nya. Sekianlah artikel kali ini semoga bisa memberikan wawasan baru buat anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel