Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan dengan Mudah secara Alami

Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Cara mengeluarkan dahak di tenggorokan - Penyakit yang umum dialami oleh banyak orang adalah batuk. Masalah yang berhubungan dengan sistem pernafasan ini bisa diderita hampir semua kalangan, bahkan bayi baru lahir aja bisa mengalaminya.

Ada banyak jenis batuk salah satunya batuk berdahak. Arti berdahak, yaitu batuk yang disertai dengan lendir di area tenggorokan. Dan sering kali lendir atau dahak ini sulit keluar. Kali ini kita akan coba kupas bagaimana cara mengeluarkan dahak di tenggorokan.

Batuk berdahak ialah kondisi di mana seseorang yang mengalami batuk biasa namun disertai dengan hadirnya dahak atau lendir. Mengalami batuk saja sudah bikin seseorang kerepotan, apalagi ini yang disertai dengan dahak.

Belum lagi, dahak ini sering kali susah untuk dikeluarkan. Hasilnya, tenggorokan seseorang tersebut akan terganggu dan terasa tidak nyaman. Jadi, tentu saja harus diketahui tindakan yang bisa mengeluarkan dahak tersebut dari tenggorokan anda.

Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan


Nah, banyak orang kebingungan untuk mengatasi hal tersebut dan bisa terbebas dari permasalahan dahak. Masalahnya, belum banyak yang tahu kalau masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah yaitu menggunakan bahan - bahan alami.

Karena di sini anda sedang mencari caranya, kita akan mengulas-nya hingga anda memahami dan mengetahui caranya. Langsung saja berikut ini adalah cara mengeluarkan dahak dari tenggorokan anda.

1. Banyak konsumsi air

Mengkonsumsi air putih dengan teratur dan cukup bisa membantu menjaga stabilitas cairan dalam tubuh. Selain bisa menjaga kesehatan, konsumsi air putih yang banyak bisa menurunkan penyakit dengan melarut-kan racun - racun dalam tubuh.

Ketika anda mengalami batuk berdahak, bisa anda atasi dengan konsumsi air putih yang banyak. Kondisi dahak yang cukup kental membuatnya susah keluar, oleh karenanya anda bisa anda buat encer dengan konsumsi air putih tersebut.

2. Gunakan daun mint

Mint banyak digunakan berbagai olahan makanan entah untuk rempah atau hiasan. Namun, banyak orang yang mulai memanfaatkan daun mint untuk melegakan tenggorokan. Hal ini disebabkan karena daun mint memiliki rasa yang menyegarkan.

Dalam penggunaan mint juga bisa membantu menurunkan dahak yang ada pada tenggorokan anda sehingga bisa keluar. Cara memanfaatkannya yaitu anda bisa seduh daun mint dan meminumnya secara rutin.

Baca juga : Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Pijatan

3. Hirup uang air hangat plus minyak kayu putih

Uap air hangat bisa digunakan dalam mengeluarkan dahak - dahak yang ada di dalam tubuh salah satunya tenggorokan. Uap ini akan berguna untuk mengubah tekstur dari dahak menjadi lebih cair, sehingga mudah keluar dari tenggorokan.

Cara ini juga bisa anda tambahkan dengan larutan minyak kayu putih secukupnya. Dengan begitu, uap air juga akan sedikit memberikan kesan menyegarkan. Siapkan air panas dan tuangkan sedikit minyak kayu putih, silakan anda hirup dan lakukan secara rutin setiap hari.

4. Minum air hangat

Konsumsi air putih yang cukup sudah bisa mengatasi dahak pada tenggorokan apabila dilakukan secara rutin. Selain konsumsi air putih biasa, anda juga bisa konsumsi air putih versi hangatnya yang juga efektif mengeluarkan dahak.

Air hangat ini tak hanya membantu merubah dahak yang ada, namun juga memberikan rasa nyaman pada area tenggorokan anda. Sebaiknya, dalam mengkonsumsi-nya ketika bersuhu hangat jangan terlalu panas, jangan lupa untuk mengaplikasikan-nya secara rutin juga.

5. Konsumsi bawang putih

Cara lainnya adalah mengkonsumsi salah satu rempah dapur yaitu bawang putih. Bawang putih ini memiliki rasa yang begitu enak, bahkan bisa menimbulkan rasa yang tidak mengenakan. Namun, anda bisa gunakan ini untuk menyelesaikan permasalahan yang tengah anda alami.

Dalam hal ini, bawang putih berfungsi sebagai bahan yang memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur. Konsumsi secara teratur bawang putih akan berguna dalam membasmi bakteri - bakteri penyebab dahak yang tengah anda alami ini.

6. Menghirup uap air saja

Selain menghirup uap air yang ditambah dengan minyak kayu putih, anda bisa mengaplikasikan uap air saja. Telah anda ketahui sebelumnya, uap air ini berguna untuk merombak tekstur dari dahak yang sebelumnya kental menjadi encer.

Apabila dilakukan dengan baik dan rutin, dahak anda bisa cepat keluar karena dahak yang sudah menjadi cair. Cara melakukannya, yaitu masak air hingga mendidih dan tempatkan pada baskom. Nah, silakan anda menghirup uap yang dihasilkan dari air tersebut.

7. Campuran madu dan jahe

Kedua bahan ini sudah terkenal sebagai obat tradisional yang efektif mengobati penyakit. Madu bisa mengobati berbagai penyakit dalam hal ini berlaku pada bahan yang satunya yaitu jahe. Sifat jahe yang hangat akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan.

Jahe ini bahkan sudah dikenal oleh masyarakat dahulu dalam menyelesaikan masalah batu berdahak. Dalam memanfaatkan bahan ini untuk batuk berdahak anda bisa mengkonsumsi-nya menjadi minuman. Air jahe dan madu silakan dicampurkan dan minum hingga habis. Lalu konsumsi ini secara berkala hingga dahak mulai berkurang.

8. Berkumur air garam hangat

Lagi - lagi air hangat menjadi kunci dari menyelesaikan batuk berdahak ini. Namun, di sini anda bisa menambahkan sedikit garam ke dalamnya untuk mengampuhkan cara ini. Bukan untuk dikonsumsi, melainkan hanya digunakan untuk media berkumur saja.

Garam yang anti bakteri bisa membunuh bakteri - bakteri penyebab timbulnya dahak. Nah, siapkan air hangat dan tuangkan garam sekitar 2 sendok makan dan aduk hingga larut. Bila sudah, anda bisa mulai gunakan untuk berkumur. Lakukan cara ini dengan rutin dan pastikan jangan sampai tertelan.

Nah, bagaimana banyak cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang bisa anda terapkan di rumah. Anda bisa memilih salah satu cara yang mungkin mudah dan gampang dalam penerapan-nya. Kalau sudah begitu, anda bisa meneruskan caranya secara terus menerus hingga dahak keluar.

Anda bisa memilih salah satu cara diatas, dengan begitu anda bisa lakukan dengan baik dan rutin. Apabila dilakukan dengan baik dan benar, kemungkinan sembuh akan begitu cepat. Sekianlah artikel kali ini, semoga dengan artikel ini bisa memberikan wawasan terhadap anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel