Cara Mengatasi Pengangguran Siklis atau Konjungtur

Cara Mengatasi Pengangguran Siklis

Cara mengatasi pengangguran siklis - Pengangguran menjadi momok besar bagi sebuah negara, sebab dengan adanya pengangguran mempengaruhi kualitas sebuah negara. Semakin sedikit jumlah pengangguran pada sebuah negara, maka kemungkinan negara itu maju sangat besar.

Berbeda halnya ketika sebuah negara memiliki pengangguran yang cukup banyak. Pengangguran memiliki beberapa jenis salah satunya pengangguran siklis. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara mengatasi pengangguran siklis ini.

Pengangguran adalah seseorang yang tidak memiliki pekerjaan apapun yang bisa menghasilkan sebuah pendapatan. Umumnya, pengangguran hanya duduk dan tidur di rumah tanpa melakukan sebuah kegiatan apapun.

Namun, biasanya mereka juga akan berusaha mencari sebuah pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan. Yang mana, pendapatan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari - harinya dari mulai makan, membeli pakaian dan lainnya.

Cara Mengatasi Pengangguran Siklis


Dalam bidang ekonomi, pengangguran bisa dibedakan menjadi beberapa jenis menurut penyebabnya. Salah satu jenisnya ialah pengangguran siklis, dan jenis ini menjadi salah satu penyebab utama mengapa banyak sekali pengangguran.

Jenis ini bisa disebabkan oleh kondisi perekonomian dalam sebuah negara, yaitu hubungan antara permintaan dan produksi. Hal ini terjadi karena permintaan konsumen terhadap sebuah barang mengalami penurunan, dan menyebabkan aktivitas produksi menurun pula.

Apakah anda mulai melihat gambaran apa itu pengangguran siklis? Apabila belum anda bisa membaca ulasan mengenai pengertiannya di bawah ini. Serta anda bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi pengangguran siklis supaya bisa berkurang.

A. Pengertian Pengangguran Siklis

Pengangguran siklis adalah pengangguran yang muncul karena dampak dari proses fluktuasi dalam siklus konjungtur perekonomian sebuah negara. Pengambaran dari hal ini seperti terjadinya PHK secara massal akibat resesi ekonomi besar - besaran.

Siklus konjungtur adalah sebuah proses terjadinya perubahan dari perekonomian. Perubahan kegiatan ini, tentunya memerlukan sebuah adaptasi yang mana sebuah perusahaan terpaksa memberhentikan beberapa pekerja untuk menekan biaya pengeluaran.

Baca juga : Keuntungan Letak Geologis Indonesia di Berbagai Sektor

Ketika siklus konjungtur ini terjadi, memang para penggiat usaha tentu akan kesulitan dalam mengatur usahanya. Sebab, perubahan kegiatan ekonomi sulit ditebak seperti bisa bernasib untung atau malah bisa bernasib buruk bagi usahanya itu.

Apabila sudah seperti ini, tentu diperlukan sebuah tindakan untuk mengatasi semua hal ini. Jika tidak, pengangguran yang ada bisa bertambah dan jumlahnya bisa sangat banyak dan berdampak buruk. Oleh karena itu berikut cara mengatasi pengangguran siklis.

B. Cara Mengatasi Pengangguran Siklis

Sebuah permasalahan ekonomi dalam sebuah negara sudah sepatutnya diperhatikan dengan baik. Hal ini sangat erat hubungannya dengan tingkat kemajuan dari sebuah negara. Semakin sedikit pengangguran-nya, semakin baik sebuah negara tersebut mengelola perekonomian-nya.

Walau terlepas dari faktor lainnya, pengangguran seperti dampak siklus konjungtur sudah pasti harus segera ditindak lanjuti. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan in. Berikut ini ulasannya,

1. Meningkatkan keterampilan pekerja

Skill menjadi sebuah hal yang sangat penting dalam dunia pekerja. Skill ini dibutuhkan untuk mengerjakan suatu hal dengan cepat dan tepat. Dengan meningkatkan keterampilan seseorang, maka orang tersebut bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada orang lain.

Contohnya, dia bisa bekerja sendiri dengan membuat produk sendiri sesuai dengan keterampilan yang dia miliki. Ketika ingin memperluas usahanya, anda bisa mempekerjakan orang lain yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan apapun.

2. Lapangan Pekerjaan yang Ditambah

Sebenarnya tidak hanya pemerintah saja, anda atau masyarakat juga bisa melakukan perluasan sebuah lapangan pekerjaan. Berkaitan dengan cara pertama, seseorang bisa membangun dan menyediakan sebuah lapangan pekerjaan baru.

Dengan begitu, orang - orang bisa mulai bekerja dengan anda yang dimulai dari keterampilan yang anda miliki. Menambah lapangan pekerjaan memang terbukti efektif mengurangi tingkat pengangguran yang ada di sebuah negara.

3. Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Agar tidak terjadinya pengangguran siklis ini, caranya adalah meningkatkan daya beli masyarakat. Permintaan yang meningkat sehingga proses produksi sebuahproduk juga akan meningkat. Untuk melakukannya memerlukan sebuah pekerja yang cukup banyak dan tidak perlu men-siklis pekerja.

Selain bisa mengatasi terjadinya pengangguran siklik, meningkatkan daya beli masyarakat bisa berdampak positif lainnya. Seperti bisa menarik pekerja - pekerja baru sehingga mengurangi pengangguran yang ada walau dengan jumlah sedikit.

Nah, itulah pembahasan mengenai cara mengatasi pengangguran siklis yang sering dialami oleh beberapa negara berkembang. Perubahan sistem perekonomian dalam mengatasi pengangguran memang sangat dibutuhkan.

Hal paling utama adalah memperbaiki kualitas sumber daya manusia dan meningkatkan daya olah terhadap sumber daya alam yang ada. Sekianlah artikel kali ini, semoga dengan ulasan tersebut bisa menambah wawasan anda semuanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel