Ads 720 x 90

Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Sedikit secara Alami

Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Sedikit secara Alami

Cara memperbanyak asi yang sudah sedikit secara alami - Memberikan air susu kepada bayi tentu harus dilakukan supaya si kecil mendapatkan nutrisi yang cukup. Hal ini untuk memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan tubuh si kecil.

Namun sayangnya kadang ada permasalahan ketika ingin memberikan hal tersebut. Dari mulai si kecil tidak mau minum susu atau ASI yang mulai sedikit. Nah, ada cara memperbanyak ASI yang sudah sedikit secara alami, apabila ASI yang anda miliki tinggal sedikit.

Permasalahan ketika memberikan nutrisi kepada si kecil selalu saja ada, entah masalah si kecil atau si ibu-nya. Akibatnya, bisa membuat dampak buruk bagi kesehatan bayi dan pemenuhan nutrisi pada bayi jadi kurang.

ASI ini sangat bermanfaat sekali, dari mulai meningkatkan sistem imun si kecil, menghilangkan lapar, dan lainnya. Sayangnya, sering kali persediaan air susu ibu mengalami jumlah yang sedikit sehingga kebutuhan ASI si kecil jadi kurang.

Cara Memperbanyak ASI yang Sudah Sedikit secara Alami


Apabila anda sebagai ibu mengalami pengurangan jumlah ASI, sebaiknya segera melakukan tindakan supaya ASI bisa bertambah banyak. Apalagi, si kecil masih sangat membutuhkan nutrisi dari ASI tersebut.

Untuk memperbanyak ASI yang sudah mulai mengalami pengurangan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan secara alami dan tradisional. Namun, jika anda tidak tahu bagaimana cara melakukannya, berikut ini ulasan tips-nya.

1. Memompa ASI

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memompa ASI supaya jumlahnya bertambah. Mama muda yang baru pertama kali, sering kali mengalami kesulitan ketika menyusui hasilnya, jumlah ASI yang diberikan hanya sedikit.

Memompa di sini bukanlah mementingkan tentang berapa banyak jumlah ASI yang dikeluarkan nantinya. Namun, dengan cara ini bertujuan untuk merangsang payudara memproduksi ASI yang lebih baik lagi.

2. Buat posisi menyusui yang baik

Posisi ketika menyusui ternyata bisa berpengaruh terhadap jumlah ASI yang keluar oleh si payudara ibu. Salahnya posisi ketika menyusui, sering sekali dialami oleh orang tua muda yang tentunya masih belum terbiasa melakukannya.

Bahkan, posisi yang salah bisa mengakibatkan puting susu menjadi sakit. Oleh karenanya, anda harus memperhatikan posisi ketika menyusui. Posisi-kan anda dan si kecil hingga benar - benar se-nyaman mungkin, supaya tubuh tetap rileks.

3. Istirahat yang cukup

Faktor kelelahan menjadi salah satu yang menyebabkan performa tubuh menjadi berkurang. Lelahnya tubuh bisa disebabkan pekerjaan serta istirahat yang sangat kurang sehingga badan menjadi lemas dan rentan stres.

Baca juga : Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu ASI Langsung

Untuk memperbaiki jumlah ASI yang mulai sedikit, anda bisa memperbaiki waktu istirahat anda sehingga tubuh beristirahat dengan cukup. Anda bisa beristirahat ketika si kecil tidur, maksimal-kan waktu tersebut untuk menyegarkan tubuh anda.

4. Beri ASI secara rutin

Memberikan ASI secara terus - menerus, meskipun jumlah susu sangat sedikit bisa menjadi solusinya. Pada awalnya, jumlah ASI yang dimiliki tidak terlalu banyak serta jadwal menyusui yang kurang teratur.

Anda bisa mencoba memberikan ASI secara terus - menerus secara rutin. Dengan cara ini akan merangsang produksi susu pada payudara lebih banyak lagi. Hal ini menjadi proses alami yang sering terjadi pada payudara.

5. Membersihkan puting dan beri pijatan

Menjaga kebersihan dan kesehatan area payudara sangat mempengaruhi ketersediaan air susu yang dimiliki ibu. Ketika ASI mulai berkurang jumlahnya, anda bisa membersihkan area puting supaya air susu keluar dengan baik.

Selain itu, anda bisa memberikan sedikit pijatan untuk memberikan rangsangan pada payudara. Sehingga produksi susu pada payudara bisa kembali membaik dan jumlah susu untuk bayi menjadi tercukupi.

6. Kompres payudara

Selain masalah bagian dalam payudara, kondisi tekstur juga bisa mempengaruhi mengapa ASI yang keluar sedikit. Ketika payudara dalam keadaan yang cukup keras, bisa menyebabkan bayi sulit untuk menghisap dan meminum susu.

Apabila ini berlanjut akan mempengaruhi jumlah dan kualitas ASI nantinya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa memberikan tindakan kompres pada payudara. Sehingga payudara dapat berubah menjadi lebih lunak dan dapat dengan mudah di hisap oleh si kecil.

7. Konsumsi makanan peningkat ASI

Ketika ketersediaan ASI mulai berkurang, bahkan untuk memenuhi kebutuhan si kecil saja kurang. Anda harus segera melakukan tindakan supaya ASI yang ada memiliki jumlah yang cukup bahkan berlimpah untuk si kecil.

Cara yang bisa anda ambil adalah mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI. Buah pepaya, daun katuk, wortel dan bayam adalah makanan yang bisa membantu memperbanyak jumlah ASI.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai cara memperbanyak ASI yang sudah sedikit secara alami dengan mudah. Lakukan semua cara di atas hingga ASI yang ada bisa meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan dari si kecil.

Bila sudah kembali, anda bisa menerapkan cara ini, supaya bisa mencegah terjadinya jumlah ASI yang berkurang. Sekianlah artikel kali ini, semoga dengan ulasan tadi bisa menambah wawasan anda semuanya.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter