Cara Melatih Bayi agar Bisa Tengkurap pada Umur 2, 3, 4 Bulan

Cara Melatih Bayi Tengkurap

Cara melatih bayi tengkurap - Perkembangan bayi dari dalam rahim hingga sudah keluar harus selalu diperhatikan. Cara ini dilakukan untuk mengetahui sampai manakah pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Sebab, ada waktu - waktu di mana si kecil sudah menguasai suatu hal. Salah satunya tengkurap pada usia 5 bulan bayi sudah harus bisa tengkurap sendiri. Apabila belum, anda bisa memberikan cara melatih bayi tengkurap biar bisa melakukan sendiri.

Tengkurap adalah posisi di mana badan mengarah ke bawah dengan kepala di angkat agak ke atas. Ada banyak halangan ketika bayi ingin melakukan hal seperti ini, salah satunya kekuatan yang mereka miliki.

Banyak bayi yang tidak bisa tengkurap karena kurang kuat untuk mengangkat kepala-nya. Tengkurap sudah harus bisa dikuasai dengan baik oleh si kecil pada saat umur 5 bulan, dan bulan - bulan sebelumnya si kecil bisa mula diberikan pelatihan untuk tengkurap.

Cara Melatih Bayi agar Bisa Tengkurap


Ketika bayi mulai memasuki bulan ke-4 anda pun sudah bisa memberikan latihan tengkurap kepada si kecil. Sedangkan bayi belum bisa tengkurap meskipun sudah berusia 5 bulan, anda juga bisa melakukan pelatihan.

Ada beberapa gerakan yang bisa anda coba supaya memberikan stimulasi kepada si kecil untuk bisa tengkurap dengan baik. Langsung saja, berikut ini cara melatih si kecil supaya bisa segera melakukan tengkurap dengan baik.

1. Membiasakan bayi untuk tengkurap

Hal pertama adalah membiasakan bayi dalam kondisi tengkurap, supaya si kecil familiar dengan posisi seperti ini. Cara ini bisa anda lakukan selagi anda menggendong si kecil disertai dengan gerakan menepuk - tepuk punggung si kecil.

Cara lain yang bisa diterapkan yaitu ketika bermain posisi si kecil tengkurap di atas perut anda. Lalu, ajak bermain dengan memberikan canda atau hal lainnya. Sehingga si kecil akan nyaman dan terlatih untuk posisi tengkurap dengan baik.

2. Memberikan ruang yang cukup

Pada perkembangan bayi pada usia 4 bulan biasanya si kecil akan mulai mengguling - gulingkan badan-nya entah ke kanan atau kiri. Ini bisa menjadi titik awal di mana Ia ingin mengubah posisi tidurnya menjadi tengkurap.

Berikan ruang yang cukup kepada si kecil supaya leluasa melakukan hal tersebut serta disertai sedikit bantuan. Apabila sudah mulai terbiasa maka sering waktu mereka akan bisa tengkurap dengan baik, walau disertai dengan latihan rutin.

3. Berikan mainan di hadapan si kecil

Mainan yang memikat hati si kecil sangat berdampak besar dalam melatih posisi tengkurap si kecil. Bagaimana tidak, dengan mainan bayi biasanya akan berlama - lama dalam posisi saat itu entah itu tengkurap.

Apabila bayi dalam posisi tengkurap, tentunya akan memberikan hal positif supaya bayi bisa segera tengkurap dengan baik. Jadi, berikan mainan di hadap mereka pastikan yang sangat memikat pandangan si kecil.

4. Mengubah posisi menyusui

Waktu yang sangat tepat untuk melatih si kecil adalah ketika menyusui yang biasanya dilakukan secara rutin setiap harinya. Anda bisa mengubah posisi yang dulunya miring menjadi bayi yang tengkurap dan anda terlentang.

Baca juga : Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu ASI Langsung

Biarkan si kecil dengan kondisi di atas perut anda dan usahakan dalam kondisi yang nyaman. Ketika menyusu bayi akan berusaha menyeimbangkan tubuhnya dan mengangkat sedikit kepala-nya. Anda bisa melakukan hal tersebut secara rutin dan pastikan kondisi si kecil tetap nyaman.

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai cara melatih bayi tengkurap dengan baik dan benar. Ada banyak cara yang harus anda terapkan kepada si kecil, anda bisa lakukan secara rutin supaya bayi segera bisa melakukan sendiri.

Perkembangan bayi yang bisa tengkurap sangat penting sebab ini berhubungan dengan proses selanjutnya yaitu merangkak. Sekianlah artikel kali ini, semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat dan wawasan buat anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel