Bayi Rewel Setelah Imunisasi DPT, Ini Cara Mengatasinya

Bayi Rewel Setelah Imunisasi DPT

Bayi rewel setelah imunisasi dpt - Bayi memiliki daya tahan dan sistem imun yang masih kurang kuat terhadap berbagai masalah. Maka dari itu, diperlukan pemberian vaksin terhadap bayi supaya tubuhnya jadi lebih kuat menahan berbagai penyakit.

Imunisasi entah cacar, dpt dan lainnya sangat berguna untuk keberlangsungan pertumbuhan dan perkembangan si kecil nantinya. Namun, sering kali bayi rewel setelah imunisasi dpt dan lainnya.

Pemberian vaksin dilakukan dengan cara suntik ke tubuh bayi secara perlahan. Ada banyak jenis imunisasi yang diberikan ketika masih balita. Pemberian yang tepat membantu anak terhindar dari berbagai masalah penyakit ketika besar nanti.

Walau banyak sekali manfaat yang diberikan, masih saja banyak orang tua yang melakukan vaksin terhadap si kecil. Mereka takut dampak obat atau membuat bayi menjadi rewel. Padahal itu semua bisa diatasi dengan mudah oleh dokter atau orang tua.

Bayi Rewel Setelah Imunisasi DPT


Apabila masalah anda sekarang adalah bayi menjadi rewel setelah melakukan imunisasi dpt tenang saja. Bayi rewel bisa karena bekas suntik yang membuat tangan jadi agak sakit dan terasa akan lemas.

Namun, bila diatasi dengan baik dan benar bisa membuat si kecil nyaman dan tidak menangis lagi. Berikut ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi bayi rewel akibat imunisasi dpt.

1. Berikan suasana tenang

Ketika bayi mengalami rewel, alangkah baiknya anda memberikan sedikit ruang yang nyaman serta suasana yang mendukung. Menangis membuat hati agak berantakan dengan anda melakukan cara ini sedikit demi sedikit bayi akan tenang dan berhenti menangis.

Baca juga : Penyebab Bayi Rewel dan Tidak Mau Menyusu ASI Langsung

Ada banyak yang bisa anda berikan, seperti melakukan kegiatan yang membuat tenang, memakaikan pakaian yang nyaman dan suhu yang pas. Kemungkinan besar saat imunisasi bayi akan enggan untuk menyusu jadi anda bisa melakukan hal di atas.

2. Menggendong bayi

Setelah melakukan imunisasi, biasanya perasaan takut pada bayi masih ada sehingga membuatnya menjadi sedikit rewel. Alangkah baiknya anda bisa menggendong-nya setelah imunisasi untuk mengurangi rasa takut dan sakit yang dialami-nya.

Apabila si kecil sudah merasa nyaman dan tenang bisa jadi rewel cepat berhenti entah karena tidur atau hal lainnya. Jadi, menggendong bayi menjadi pilihan tepat untuk mengatasi bayi rewel.

3. Beri kompres dingin

Ada telah mengetahui juga, setelah melakukan imunisasi akan meninggalkan sedikit rasa sakit dan menimbulkan sedikit bengkak. Dampak inilah yang sering membuat banyak anak - anak dan bayi mengalami rewel terus menerus.

Padahal ini adalah hal wajar, solusinya anda bisa memberikan kompres dengan suhu dingin yang bertujuan mengurangi rasa sakit dan bengkak yang dihasilkan.

4. Alihkan perhatiannya

Saat rewel dan bayi masih memikirkan dan merasakan bekas imunisasi yang masih sakit. Anda bisa mulai memberikan perhatian supaya pikiran bayi bisa teralih-kan dari hal - hal imunisasi yang barusan dilakukan.

Anda bisa mengajak-nya bermain hal - hal yang ringan dan bisa membuat-nya tersemyum atau bergembira.

5. Berikan susu

Solusi dalam mengatasi rewel akibat imunisasi paling ampuh adalah memberikan susu baik ASI atau susu formula. Kebanyakan bayi akan meminta susu ketika sedang menangis dan itu ampuh untuk meredam tangisan.

Entah kenapa, ketika diberikan susu bayi akan lebih merasa tenang dan nyaman, sehingga pikiran akan imunisasi tadi bisa hilang.

Nah, itulah solusi mengatasi bayi rewel setelah imunisasi dengan berbagai cara yang mudah tentunya. Silakan anda terapkan cara - cara di atas ketika bayi baru saja dilakukan imunisasi yang wajib buat tubuhnya.

Lakukan imunisasi sesuai kebutuhannya dan kewajibannya supaya tubuh bisa mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Sekianlah artikel kali ini semoga bisa menambah wawasan anda semuanya.

0 Response to "Bayi Rewel Setelah Imunisasi DPT, Ini Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel