Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia

Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia

Akibat pelaksanaan politik liberal bagi rakyat indonesia - Pelaksanaan politik memang sangat mempengaruhi berbagai bidang pada negara tersebut. Biasanya, politik akan mengatur berbagai bidang supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik.

Ada banyak sekali jenis politik yang banyak diterapkan oleh negara - negara dunia. Salah satu sistem politik adalah politik liberal, di mana Indonesia pernah menerapkan al tersebut. Ada - ada akibat pelaksanaan politik liberal bagi rakyat Indonesia.

Politik liberal adalah sistem politik yang didasarkan pada pada pemahaman kebebasan dan persamaan hak. Dengan penerapan politik liberal pada suatu wilayah bertujuan untuk mencapai masyarakat yang bebas, termasuk itu setiap individu.

Seperti namanya, politik liberal sebetulnya menerapkan ideologi liberalisme yang memiliki tujuan untuk memajukan negara di berbagai bidang. Menerapkan politik liberal diharapkan tercipta suasan yang bebas yaitu menjunjung kebebasan hak asasi.

Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia


Ketika sebuah negara menerapkan kebijakan politik dalam wilayahnya, pasti akan ada dampak terhadap rakyatnya. Walaupun dampak yang diberikan oleh sistem politik tersebut bisa berupa dampak baik dan buruk.

Di Indonesia sendiri pernah menerapkan sistem politik yang satu ini, dan tetap saja menimbulkan pro kontra di masyarakatnya. Lalu, apa akibat pelaksanaan politik liberal bagi rakyat Indonesia?. Berikut ulasan mengenai dampak dari hal tersebut.

1. Kesejahteraan rakyat semakin turun

Dalam sistem politik ini, konteks menyejahterakan rakyat sebenarnya dilakukan terhadap orang - orang yang kaya. Baru setelah orang kaya sukses, barulah orang - orang miskin ikut disejahterakan. Namun tidak semudah itu, malah orang kaya jadi kaya dan orang miskin malah tambah miskin.

2. Terjadi krisis perkebunan

Dalam kehidupan bangsa Indonesia hasil perkebunan adalah menjadi ekonomi terbesar yang pernah ada. Bukanya meningkatkan hasil dari perkebunan, penerapan politik liberal malah hanya bisa membuat terjadinya krisi perkebunan seperti teh dan kopi.

Baca juga : Latar Belakang Munculnya Merkantilisme di Eropa

3. Penurunan konsumsi beras

Pada tahun 1950 -1959 demokrasi Indonesia adalah liberal, dan di situlah Indonesia mengalami penurunan konsumsi bahan pokok. Penurunan terjadi terutama pada pada beras, padahal di Jawa sendiri pertumbuhan rakyat sangat besar dan pesat.

4. Usaha kerajinan rakyat menurun

Sumber daya alam menjadi kekayaan yang dimiliki Indonesia dan sering digunakan untuk pembuatan kerajinan. Seharusnya bisa ditingkatkan, malah kerajinan - kerajinan hasil dari rakyat kalah saing dengan barang - barang impor. Ini menjadi salah satu penyebab kesejahteraan rakyat makin merosot.

5. Rakyat masih menderita

Penerapan sebuah sistem politik ingin sekali merubah nasib rakyatnya menjadi semakin baik. Namun, sayangnya itu tidak bisa terjadi dengan cepat sebab penerapan sistem politik liberal tetap saja menyengsarakan rakyatnya. Kerja rodi yang menggambarkan kerja paksa ternyata masih dijalankan.

6. Penghasilan buruh gerobak menurun

Ada beragam profesi yang dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan salah satunya menjadi buruh gerobak. Seiring berjalannya waktu, penghasilan yang di dapat semakin menurun karena keberadaan kereta yang lebih mudah dan cepat.

Nah, itulah pembahasan mengenai dampak pelaksanaan politik liberal bagi rakyat Indonesia. Walau di atas telah di ulas berbagai dampak negatif dari pelaksanaan politik liberal, sebetulnya ada dampak positif bagi bidang lainnya.

Namun, ya itu di bidang ekonomi malah politik jenis ini tidak baik bagi kesejahteraan rakyat Indonesia. Sekianlah artikel kali ini, semoga dengan ulasan sekarang bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Akibat Pelaksanaan Politik Liberal bagi Rakyat Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel