Penyebab Rambut Rontok Berlebihan pada Wanita

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita - Memiliki rambut yang kuat dan indah memang dambaan semua orang. Namun, masalah rambut rontok sering kali terjadi entah apa penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita. Hanya saja, kita hanya mengetahui bahwa rambut kita tiba - tiba rontok. Tapi tenang saja, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai penyebab rambut rontok yang berlebihan.

Rambut rontok merupakan sebuah kondisi di mana rambut patah, akar rambut tidak kuat dan tercabut dan lainnya. Masalah rambut yang satu ini, bisa terjadi oleh semua kalangan entah pria atau wanita dan usia mudah atau tua. Permasalahan ini bisa terjadi karena kurangnya perawatan yang baik atau pun faktor keturunan. Namun faktor yang paling sering adalah kurangnya perawatan yang baik terhadap rambut.

Apa Penyebab Rambut Rontok yang Berlebihan pada Wanita


Ketika rambut anda mengalami masalah rambut rontok, sebaiknya anda segera melakukan sebuah tindakan pengobatan.Ya, pengobatan untuk mencegah terjadinya kerontokan yang terus - menerus atau berlebihan. Selain itu, anda juga perlu mengetahui penyebab permasalahan yang tengah anda alami yaitu rambut rontok. Langsung saja, berikut ini ulasan mengenai penyebab rambut rontok yang berlebihan pada wanita.

1. Mengalami stres

Dalam kondisi stres biasanya pikiran dan tubuh menjadi kurang stabil, sebab produksi hormon yang ada menjadi meningkat. Stres memiliki dua jenis yaitu emosional dan fisik di mana keduanya berpengaruh besar terhadap kondisi tubuh. Ada banyak sekali dampak buruk yang disebabkan oleh masalah stres salah satunya adalah rambut rontok. Kadang kala rambut rontok yang terjadi dengan jumlah yang sangat banyak atau berlebihan.

Baca juga : Cara Mengatasi Depresi Menurut Islam sekaligus Amal Baik

2. Terjadi perubahan hormon

Perubahan hormon yang ada pada tubuh wanita sangat mempengaruhi kesehatan rambut dan anggota tubuh lainnya. Hormon akan berubah ketika mengalami sebuah peristiwa seperti stres, hamil dan lainnya. Hormon mengalami perubahan pada jumlah produksi yang menjadi lebih banyak atau meningkat. Dampak yang diberikan ada bermacam - macam salah satunya membuat rambut kepala menjadi sering rontok.

3. Kekurangan gizi

Ternyata ketika kita kekurangan gizi tidak hanya tubuh yang bereaksi, namun juga kesehatan rambut pun juga berpengaruh. Kekurangan gizi seperti zat besi sangat berpengaruh pada tingkat rontok rambut. Seseorang yang mengalami rambut rontok biasanya memiliki cadangan zat besi yang minim. Hal ini berbeda dari orang yang rambut sehat, cadangan yang dimiliki biasanya lebih banyak.

4. Menderita penyakit

Tubuh yang tengah mengalami suatu masalah penyakit memang akan bisa menurunkan sistem dalam tubuh. Ada banyak penyakit yang menyebabkan rambut mengalami rontok bahkan berlebihan. Penyakit itu antara lain infeksi, alopecia areta, penyakit kelenjar tiroid, masalah jamur dan lainnya. Apabila penyebabnya seperti ini, anda bisa menyembuhkan penyakitnya dan kemungkinan rambut rontok akan teratasi.

5. Dampak obat - obatan

Meminum obat memiliki daya sembuh yang baik dalam mengatasi berbagai penyakit. Tapi, obat - obat tersebut memiliki dampak buruk juga terhadap kesehatan manusia. Penurunan daya tubuh membuat anggota tubuh mengalami masalah salah satunya rambut rontok. Penggunaan obat seperti pil KB, obat hormon, antidepresan dan lainnya. Penggunaan yang tidak tepat dan terus menerus bisa sangat berdampak buruk.

6. Mengalami anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya kadar sel darah merah di dalam tubuh. Sel darah merah ini berfungsi mengikat oksigen yang akan disalurkan ke seluruh tubuh. Apabila seseorang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah, maka tubuhnya akan kekurangan oksigen. Rambut yang kekurangan oksigen memiliki risiko mengalami rontok yang lebih besar dari pada yang tidak mengalami anemia.

7. Dampak hamil dan persalinan

Wanita yang tengah mengandung biasanya di dalam tubuhnya mengalami perubahan hormon. Perubahan inilah yang menyebabkan rambut menjadi rontok ketika masa - masa kehamilan. Masalah rambut rontok ini juga akan tetap berlanjut hingga persalinan sekalipun, sebab hormon masih belum kembali normal. Hormon yang berpengaruh adalah hormon estrogen, ini karena hormon ini meningkat dan mempengaruhi kesehatan rambut.

8. Menderita sindrom ovarium polikistik

Wanita yang mengalami masalah sindrom ovarium polikistik biasanya akan mengalami masalah pada rambutnya. Kerontokan menjadi masalah yang sering di alami ketika menderita sindrom yang satu ini. Wanita yang tengah menderita sindrom ini, di dalam tubuhnya akan memproduksi hormon androgen yang umumnya dimiliki laki - laki. Dampaknya pertumbuhan rambut di area kaki dan lengan serta terjadinya rontok.

9. Mengalami demam tinggi

Masalah demam memang masalah yang sering di alami oleh banyak orang, masalah ini menjadi dasar berbagai penyakit. Ketika demam, kesehatan dan daya tahan tubuh akan menurun. Banyak dampak yang dapat di timbulkan salah satunya adalah rambut rontok yang tengah kita bahas. Demam tinggilah yang menjadi faktor utama mengapa anda bisa mengalami rambut rontok berlebihan.

Nah, itulah artikel mengenai penyebab rambut rontok berlebihan pada wanita. Penyebab rambut rontok banyak sekali, jadi anda pun perlu memperhatikan hal - hal yang sudah dijelaskan. Rambut rontok biasa dengan berlebihan memiliki penyebab yang berbeda. Kalau biasa kemungkinan pada kulit kepala atau kualitas rambut itu sendiri yang mungkin kurang dirawat. Sekianlah pembahasan kali ini, semoga bisa membantu dan bermanfaat buat anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...