Ads 720 x 90

Penyebab Rambut Kering, Kasar dan Mengembang

Penyebab Rambut Kering

Penyebab rambut kering - Rambut menjadi mahkota alami bagi setiap orang, sehingga perlu dilakukan perawatan yang baik. Sering kali, rambut yang anda miliki mengalami berbagai masalah seperti kering, bertekstur kasar dan mengembang. Masalah ini, memiliki penyebab yang berbagai macam dan pada akhirnya masalah itu benar - benar anda alami. Berikut ini kita akan membahas permasalahan mengenai penyebab rambut kering, kasar dan mengembang.

Rambut selalu dihadapkan dengan situasi yang buruk dari panas, dingin, lembab, dan cuaca ekstrem lainnya. Alhasil, kesehatan dan kecantikan rambut akan turun karena faktor - faktor tersebut. Rambut kering menjadi permasalahan yang sering dialami masyarakat Indonesia karena cuaca yang begitu panas. Belum lagi debu dan polusi udara bisa membuat rambut menjadi terkesan kotor dan bertekstur kasar. Dan ada masalah lainnya yaitu kondisi rambut yang mengembang.

Penyebab Rambut Kering, Kasar dan Mengembang


Kondisi rambut seperti itu akan terkesan kurang rapi dan akan mudah rusak apabila mengalami kejadian tertentu. Bila rambut - rambut seperti itu tidak segera dilakukan perawatan untuk mengatasinya. Kemungkinan besar akan membuat kerusakan rambut menjadi lebih parah bahkan menimbulkan kebotakan. Lalu, apa sebenarnya penyebab rambut kering, kasar dan mengembang. Berikut ini merupakan ulasan buat anda,

1. Kondisi cuaca

Dalam kondisi tertentu seperti panas bisa membuat rambut menjadi cepat kering. Kejadian ini terjadi karena , air dalam rambut menguap akibat panas yang dihasilkan matahari. Kondisi rambut akan kian diperparah dengan kondisi lingkungan yang kotor, di mana akan mengakibatkan rambut menjadi sedikit kasar. Kondisi kering akibat cuaca panas, kesehatan rambut akan turun serta membuat rambut mudah untuk patah dan rontok. Masalah ini akan dialami bagi orang yang sering dibawah terik matahari tanpa pelindung seperti topi.

2. Keramas yang salah

Kita berpikir kalau keramas bisa memperbaiki kesehatan dan kecantikan dari rambut yang kita miliki. Memang benar, tapi keramas juga bisa menimbulkan berbagai masalah yang bisa mengakibatkan rambut anda menjadi kering. Kegiatan keramas yang terlalu sering menjadi faktor mengapa rambut anda berubah menjadi kering dan kemungkinan sedikit mengembang. Selain itu, penggunaan shampoo yang tidak tepat bagi rambut juga bisa menimbulkan masalah yang sama.

3. Kandungan klorin

Anda suka berenang? apabila iya maka tidak heran kalau rambut anda menjadi kering setiap kali habis berenang. Klorin sering kali ditambahkan ke dalam air kolam untuk membunuh bakteri, namun tidak baik untuk rambut anda. Zat ini akan merubah sifat rambut anda yang sebelumnya sehat dengan air menjadi kering. Bahkan bisa menimbulkan masalah baru seperti bau tak sedap, zat warna dalam rambut berkurang dan lainnya. Ini bisa terjadi karena anda terlalu sering berenang dan berendam di air yang terdapat klorin.

Baca juga : Penyebab Rambut Rontok Berlebihan pada Wanita

4. Asupan nutrisi dalam tubuh yang kurang

Jika anda pelaku diet dan mengalami permasalahan dengan rambut mungkin penyebabnya adalah yang satu ini. Diet sering kali tidak memperhatikan asupan nutrisi bagi tubuhnya, sehingga tubuh bisa saja mengalami kekurangan nutrisi. Alhasil, kesehatan dan kecantikan badan anda jadi menurun. Permasalahan yang timbul bisa hinggap pada rambut anda di mana kondisi rambut bisa berubah menjadi kering. Bila tidak segera diberi asupan nutrisi pada tubuh, rambut akan menjadi mudah patah dan rontok.

5. Mewarnai rambut

Apakah anda suka menyemir rambut dengan berbagai warna? apabila iya, ini bisa jadi penyebab rambut anda kering. Kandungan zat kimia pada pewarna rambut, pada dasarnya tidak baik untuk kesehatan rambut anda. Zat kimia yang ada pada pewarna rambut bisa mengurangi produksi minyak pada rambut. Pada akhirnya, membuat rambut menjadi kering karena minyak pada rambut tidak dihasilkan. Umumnya, ketika proses pewarnaan rambut kulit kepala juga sering ikut terwarna. Sehingga membuat pori - pori kulit tertutup dan tidak bisa menyalurkan minyak.

6. Perawatan kecantikan yang salah

Selain keramas yang salah, perawatan kecantikan pada rambut juga ada yang berdampak tidak baik untuk kesehatan rambut. Salah satunya adalah alat pemanas rambut yang difungsikan untuk mengubah bentuk rambut. Dengan suhu yang panas, membuat kandungan minyak rambut hilang serta air pada rambut akan menguap. Tentu saja ini akan membuat kondisi kering pada rambut. Belum lagi perawatan seperti ini membuat rambut terkesan kasar dan mengembang.

7. Minyak kulit kepala yang berkurang

Pembahasan di atas juga sudah menyinggung sedikit mengenai minyak pada kulit kepala yang berfungsi melindungi rambut. Lebih tepatnya adalah menjaga rambut tetap dalam kondisi lembab dan tidak kering. Namun, karena berbagai perawatan yang dilakukan seperti keramas, cat warna dan lainnya. Membuat minyak pada kulit kepala berkurang jumlahnya, sehingga membuat rambut kering. Kondisi seperti ini bisa lebih gawat jika tidak dilakukan perawatan, masalah rontok, patah dan lainnya bisa segera menghantui anda.

8. Kondisi tubuh yang kurang sehat

Ketika mengalami sakit, seseorang bisa mengalami masalah rambut kering. Hal tersebut bisa terjadi karena kondisi tubuh yang tidak sehat. Sistem imun yang berkurang, serta nutrisi yang kurang juga membuat asupan nutrisi pada rambut juga tidak baik. Kondisi tersebutlah yang sering membuat orang - orang memiliki rambut kering ketika sakit. Tak hanya kering, penyakit dalam tubuh juga akan membuat rambut menjadi rapuh sehingga akan mudah patah dan rontok.

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai penyebab rambut kering, kasar dan mengembang. Ketika permasalahan rambut kering terjadi, kemungkinan besar disebabkan oleh salah satu faktor di atas. Untuk Indonesia, penyebab utamanya adalah kondisi cuaca yang terlalu panas. Namun, perawatan pada rambut menjadi kesalahan paling besar pada wanita. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kepada anda semoga bisa bermanfaat buat anda semua.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter