Penyebab Rambut Bercabang dan Patah yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang - Rambut indah dan kuat sangat diinginkan oleh banyak orang, sebab berhubungan dengan penampilan. Namun, rambut tak lepas dari berbagai masalah yang menghantui, salah satunya rambut bercabang. Ada banyak penyebab rambut bercabang bisa terjadi. Dari mulai faktor lingkungan dan faktor diri sendiri. Nah, kali ini kita akan sedikit membahas mengenai penyebab rambut bercabang.

Rambut bercabang adalah kondisi di mana rambut memiliki 2 ujung alias terbelah menjadi 2. Pada umumnya, rambut lurus tanpa ada 2 ujung, tapi karena suatu hal rambut menjadi rusak dan bercabang pada akhirnya. Permasalahan seperti ini bisa terjadi kepada semua kalangan dari mulai wanita maupun pria. Permasalahan seperti ini bisa anda amati sendiri, yaitu dengan memperhatikan ujung rambut apakah bercabang.

Penyebab Rambut Bercabang


Permasalahan sering kali banyak terjadi pada rambut wanita, di mana rambut sering dilakukan perawatan kecantikan. Antara pria dan wanita, sebenarnya memiliki risiko yang tinggi. Namun, kebiasaan dan aktivitas yang dilakukan perempuan sering kali menambah dampak dari kerusakan tersebut. Selain kebiasaan, masih banyak lagi penyebab rambut bisa berubah menjadi bercabang. Berikut ini ulasannya,

1. Pemakaian hair dryer dan catokan yang terlalu sering

Perawatan kecantikan pada rambut, ada beberapa yang merugikan bagi keberlangsungan kesehatan rambut. Misalnya penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut, itu akan membuat rambut jadi kering. Hal ini juga terjadi pada penggunaan catokan untuk membentuk rambut. Kondisi rambut yang kering dan mudah patah, membuat rambut dengan mudah menjadi bercabang. Pemakaian yang terlalu sering disertai teknik yang salah, masalah yang timbul bisa lebih parah lagi.

2. Mewarnai rambut berulang - ulang

Demi mendapatkan penampilan yang style bagus, sering kali orang - orang rela mewarnai rambutnya dengan beragam warna. Padahal, cara ini bisa mempengaruhi kualitas dari si rambut anda. Pemakaian warna yang terlalu sering, membuat produksi minyak pada kulit kepala terganggu. Hasilnya, rambut akan mudah kering karena minyak yang berfungsi melumasi rambut berkurang. Kondisi seperti ini akan lebih parah ketika anda tidak memberikan vitamin atau nutrisi bagi rambut.

3. Produk perawatan yang tidak cocok

Sifat rambut antara pribadi satu dengan pribadi lainnya sangat berbeda, oleh karena itu perawatan juga tak sama. Produk - produk juga bisa menjadi kendala, sebab sering kali produk yang anda gunakan tidak cocok pada rambut anda. Pada akhirnya, akan membuat rambut anda menjadi rusak dari mulai mudah rontok, kering bahkan bercabang. Komposisi produk perawatan rambut yang tidak sesuai bisa menghilangkan nutrisi pada rambut, dan berakhir pada kerusakan rambut.

Baca juga : Cara Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya dengan Cepat

4. Nutrisi yang kurang pada rambut

Nutrisi sangat dibutuhkan bagi tubuh yang akan menjaga tubuh dan anggota tubuh menjadi tetap sehat. Ketika seseorang kekurangan nutrisi, dampaknya akan timbul penyakit. Kekurangan nutrisi juga bisa merusak kesehatan rambut, karena rambut juga sangat membutuhkan nutrisi. Rambut yang tidak ternutrisi dengan baik, akan menjadi lebih rentan terkena masalah. Kondisi rambut kering, patah bahkan bercabang menjadi masalah yang akan datang ketika kekurangan nutrisi.

5. Usia rambut yang sudah tua

Semakin tua usia, maka tubuh akan semakin berkurang kekuatannya entah segi fisik maupun psikis. Usia rambut bisa juga menjadi penyebab rambut bercabang, terlepas dari masalah perawatan. Rambut yang sudah tua biasanya memiliki panjang yang cukup panjang. Jadi, ketika rambut panjang anda alami kemungkinan besar mengalami masalah rambut bercabang jauh lebih besar. Namun, ini tidak akan terjadi bila anda memberikan nutrisi rambut yang baik dan sesuai.

6. Faktor cuaca dari lingkungan

Cuaca yang tidak menentu, sering kali membuat kesehatan rambut berkurang. Cuaca panas, akan mempercepat kondisi rambut kering. Sedangkan hujan, mengandung asam yang tidak baik bagi tubuh maupun kesehatan rambut. Kedua cuaca tersebut, bisa memperbesar peluang terjadinya rambut bercabang. Keadaan kering tersebut yang menjadikan rambut sangat mudah mengalami masalah dari patah hingga bercabang.

7. Membiarkan rambut yang rusak

Kondisi rambut yang rusak seharusnya segera dilakukan sebuah tindakan pengobatan. Apabila tidak, masalah tersebut akan menjalar dan berkepanjangan tanpa ada akhir. Masalah rambut bercabang juga sama, apabila tidak segera dipotong ujung rambut bercabang. Masalah tersebut akan menjalar lebih tinggi. Sehingga inilah yang membuat anda menjadi sering mengalami rambut bercabang.

8. Kebiasaan buruk yang terus terulang

Kegiatan sehari - hari yang buruk, memang akan berdampak buruk pula pada diri sendiri. Ketika anda melakukan kebiasaan buruk pada rambut anda, maka kerusakan rambut yang akan datang. Mengikat rambut pada tempat yang sama, menyisir rambut dengan kasar menggosok - gosok rambut dengan keras. Itu kegiatan sehari - hari yang bisa memicu masalah rambut bercabang. Ini terjadi karena gesekan pada kebiasaan tersebut membuat rambut menjadi tipis sehingga mudah patah dan bercabang.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai penyebab rambut bercabang yang banyak dialami orang - orang. Di sini, penyebab banyak dari dari perilaku buruk kita sendiri sehingga mengakibatkan kerusakan rambut. Apabila anda ingin memiliki rambut yang kuat dan indah, segera jauhi perilaku seperti diatas. Sekianlah artikel kali ini, semoga dengan ini bisa membantu anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...