Ads 720 x 90

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas, Bisa Akibat Perawatan yang Salah

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Penyebab kulit wajah mengelupas - Kulit menjadi bagian yang cukup sering mengalami masalah dari beberapa anggota tubuh lainnya. Area kulit yang sering mengalami banyak masalah adalah area kulit wajah, Sebab, kulit wajah memiliki tingkat sensitif yang lebih tinggi ketimbang bagian lainnya. Penyebab kulit wajah mengelupas contohnya, sering dialami oleh banyak orang, terutama di daerah tropis.

Kulit wajah yang rentan masalah, akan lebih tinggi mengalami berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, kerutan, garis halus, dan lainnya. Namun, untuk daerah tropis seperti Indonesia, kulit lebih banyak mengalami masalah kulit yang mengelupas. Terkelupas-nya kulit wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor dari faktor lingkungan, hormon, nutrisi dan lainnya.

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas


Keberadaan kulit wajah yang mengelupas tentunya hadir karena sebab - sebab sebelumnya. Di mana, penyebab ini bisa datang dari aktivitas anda yang kemungkinan tidak cocok bagi kondisi kesehatan kulit wajah. Ketika anda mengalami perubahan struktur kulit wajah seperti ini, tentu saja membuat anda tidak nyaman akan kondisi tersebut. Baik, sepertinya anda sebaiknya mengetahui penyebab kulit wajah mengelupas, supaya anda bisa mengatasi masalah ini nantinya.

1. Kulit terbakar sinar matahari

Penyebab utama dari masalah ini adalah akibat terkena paparan panas sinar matahari, sehingga membuat kulit menjadi terbakar. Prosesnya, kulit akan mengalami dehidrasi sehingga berubah menjadi kering. Akhirnya menjadi sel kulit mati dan terlepas seperti biasa yang anda lihat. Selain itu, ketika kulit akan terkelupas umumnya kulit akan sedikit memerah, panas dan menimbulkan rasa sakit ketika anda sentuh. Kejadian ini biasa teradi setelah beberapa saat setelah terpapar sinar matahari yang panas.

2. Kondisi kulit yang kering

Penjelasan sebelumnya, telah membahas sedikit penyebab yang satu ini. Di mana, kulit mengelupas diakibatkan kondisi kulit yang kering atau mengalami dehidrasi. Kondisi tersebut membuat sel - sel kulit hidup berubah menjadi sel kulit mati, dan mengalami proses mengelupas. Peristiwa ini, bisa terajdi karena kondisi lingkungan yang panas, dingin, ruangan ber-AC dan terkena paparan sinar matahari. Selain itu, aktivitas yang bersentuhan langsung dengan sabun, air terus menerus bisa membuat kulit berubah kering.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata di Usia Muda secara Cepat

3. Cuaca yang ekstrim

Perubahan cuaca dari panas ke dingin yang tiba - tiba, sering kali membuat kelembaban di daerah tersebut berubah.Hal ini juga berpengaruh terhadap tingkat pH dalam tubuh manusia. Yang mana, apabila pH dalam tubuh turun bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan menyebabkan kulit terkelupas. Cuaca ekstrim juga mempengaruhi produksi minyak untuk kulit, bila produksi minyak turun dampaknya seperti di atas yaitu kering dan mudah mengelupas.

4. Mengidap alergi terhadap suatu hal

Seseorang yang mengidap alergi, biasanya akan memperlihatkan berbagai gejala entah dari segi fisik maupun psikis. Tanda anda sadar, kulit bisa alergi terhadap bahan pengawet pada produk - produk kecantikan. Apabila tidak cocok, kulit akan mengalami perubahan seperti kulit merah, berjerawat, bahkan mengelupas. Penggunaan cat kuku, ternyata bisa membuat sel - sel kulit di bawah mata menjadi terkelupas. Apabila ini terjadi terus menerus tanpa ada pencegahan bisa menjadi makin parah.

5. Efek dari konsumsi obat - obatan

Berfungsi menyembuhkan penyakit, obat - obatan ternyata juga berdampak buruk bagi kecantikan. Ini dikarenakan kandungan pada obat seperti AHA, retinoid, asam salisilat dan glikoat tidak cocok bagi kesehatan kulit. Dampaknya tidak main - main, kulit wajah yang sebetulnya sudah sehat jadi mudah terkelupas. Untuk zat retinoid, biasa digunakan untuk mengatasi masalah flek hitam pada kulit wajah. Di mana, zat ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terkesan terkelupas.

6. Mengalami kondisi eksim

Kulit memiliki kondisi di mana akan mudah terkelupas dan ini menjadi masalah besar. Kondisi ini disebut eksim, yang mana eksim adalah terjadinya inflamasi dan menjadi masalah besar karena tidak ada obat untuk mengatasinya. Untuk penyebab memang belum pasti, namun ada kaitannya dengan cuaca ekstrim, paparan sinar matahari, gangguan sistem imun dan lainnya. Walaupun belum diketahui pengobatannya, anda bisa mengatur kondisi tersebut dengan memberikan pelembab kulit.

7. Tubuh menghasilkan keringat berlebih

Selain kondisi kering, kulit juga akan akan mengalami proses mengelupas ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak keringat. Kondisi ini membuat tingkat kelembaban pada tubuh terutama kulit menjadi hilang atau turun. Alhasil, kulit berubah menjadi kering dan sedikit demi sedikit akan mengelupas. Keringat yang berlebih, akan berakhir seperti ini karena di dalam tubuh mengalami kekurangan cairan. Yang diakibatkan pengeluaran cairan yang berlebihan ketikan berkeringat tadi sebelumnya.

Nah, itulah pembahasan mengenai penyebab kulit wajah mengelupas yang banyak dialami orang - orang. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya masalah ini, dari faktor dalam diri atau lingkungan luar. Perlu anda pahami betul, supaya anda bisa terbebas dari perubahan kondisi kulit ini. Sebaiknya, anda perlu menjaga kadar cairan dalam tubuh dengan konsumsi air minum yang cukup. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kepada anda, semoga bermanfaat.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter