Penyebab Kantung Mata Hitam pada Wanita dan Laki - Laki

Penyebab Kantung Mata Hitam

Penyebab kantung mata hitam - Kulit bagian bawah mata ketika mengalami kelelahan dan kurang istirahat sering berubah menjadi hitam. Perubahan warna ini biasanya disertai dengan kulit yang turun seperti kantong. Penyebab kantung mata hitam disebabkan oleh banyak hal salah satunya kurang istirahat. Namun, apa hanya itu penyebabnya? tenang saja berikut ini kita akan membahas tentang penyebab kantung mata hitam.

Kantung mata akan akan memiliki corak yang hitam, ini seperti mata panda yang disekitar mata berwarna hitam. Keberadaan masalah seperti ini tentu membuat seseorang akan menjadi kurang percaya diri. Sebab, penampilan wajah yang kurang enak dipandang akibat keberadaan kantung mata tersebut. Kantung mata yang hitam terkesan menampilkan citra kalau anda kurang istirahat dan itu memang benar.

Penyebab Kantung Mata Hitam


Kejadian seperti ini memang bisa dialami oleh siapa saja, tergantung kegiatan yang mereka lakukan. Apabila kebiasaan buruk yang dilakukan seperti begadang, tentu saja risiko terkena masalah ini akan lebih besar. Namun, sebelumnya apakah penyebab masalah ini hanya karena kurang tidur saja? tentu saja ada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Langsung saja, berikut ini penyebab kantung mata hitam.

1. Kurang tidur

Penyebab utama masalah ini adalah anda kurang istirahat, terutama mengistirahatkan mata dari aktivitas anda. Kantung mata terbentuk karena mata dalam kondisi lelah, dan membuat kulit bagian bawah mata jadi kendur. Karena sirkulasi darah yang tidak lancar, sering kali kulit juga berubah warna menjadi hitam. Keadaan ini, bisa bertambah parah ketika anda melakukan kebiasaan buruk berupa begadang setiap malam. Jadi, sebaiknya anda kurangi begadang dan atur waktu untuk istirahat yang cukup.

2. Asupan garam yang tinggi

Seseorang yang mengkonsumsi garam terlalu tinggi bisa mempengaruhi ukuran kantong mata yang dimilikinya. Garam dalam tubuh membuat air tertahan dan berkumpul pada satu titik dan salah satunya pada area bawah mata.Kejadian seperti ini akan sangat mudah terjadi, ketika seseorang konsumsi garam terlalu tinggi di waktu mau tidur. Kulit bagian mata akan membesar akibat cairan yang ditahan oleh garam yang anda konsumsi. Sebaiknya anda menetralkan tubuh anda di waktu malam dengan konsumsi air putih.

3. Kebiasaan merokok

Kebiasaan buruk memang akan berakibat buruk pulang terhadap pelakunya. Salah satunya adalah merokok, dengan merokok anda sudah membahayakan kesehatan tubuh anda. Ada banyak efek samping, salah satunya membentuk kantung mata dan menampilkan warna gelap atau hitam. Rokok bisa merusak sel - sel kulit hidup serta mengacaukan produksi kolagen dalam tubuh. Selain kandungan dalam rokok, asap yang dihasilkan bisa membuat kulit kekurangan cairan atau dehidrasi dan merubah kulit menjadi hitam.

Baca juga : Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Sendok secara Cepat

4. Faktor usia yang bertambah

Seiring bertambahnya usia, seseorang akan mengalami penurunan performa dari segi fisik maupun psikis. Produksi zat dalam tubuh juga akan menurun sehingga mempengaruhi tampilan luar dari orang tersebut. Kantung mata hitam bisa menjadi tanda penuaan yang memang akan dialami orang - orang. Bahkan semakin usia bertambah, otot - otot pada area mata akan turun. Sehingga membuat kantung mata semakin terlihat dan bisa saja disertai dengan warna yang kehitaman.

5. Menderita alergi

Seseorang yang mengalami alergi terhadap sesuatu ternyata bisa mengakibatkan kantung mata hitam. Ketika alergi, gejala yang ditimbulkan bisa berupa pembengkakan yang salah satunya terjadi di area mata. Sebelum terjadi, mata akan berwarna merah dan berangsur - angsur membengkak. Masa - masa alergi berlangsung, produksi cairan yang bertambah banyak dan sering kali tertahan di area mata. Sehingga membuat kantung mata menjadi sedikit membesar.

6. Makeup wajah

Mengubah tampilan dengan beragam riasan tentu memang mengasyikkan bagi kaum hawa. Makeup yang sering disematkan di kulit wajah ternyata juga berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Pembersihan makeup yang tidak benar, membuat kulit berubah menjadi hitam gelam. Selain itu, kulit juga akan mudah mengalami iritasi, munculnya penuaan dini, serta menimbulkan kerutan atau garis halus. Perlu diingat, kalau membersihkan makeup sekitar mata lakukan dengan benar dan secara lembut.

Nah, itu saja pembahasan mengenai penyebab kantung mata hitam pada wanita yang dialami banyak orang. Penyebab masalah ini ternyata tidak hanya faktor kelelahan atau kurang istirahat saja melainkan aktivitas lainnya juga. Penggunaan makeup ternyata juga bisa mempengaruhi masalah ini dan akhirnya menimbulkan kantung mata. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan kepada anda semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...