Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan yang Perlu Anda Ketahui

Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan

Penyebab gigi ngilu berkepanjangan - Gigi memiliki sifat yang berbeda - beda antara satu orang dengan yang lainnya. Ada banyak masalah yang sering datang menuju gigi, hal ini bisa disebabkan oleh aktivitas dan kebiasaan yang buruk.

Salah satu masalah yang hadir di gigi adalah gigi yang merasa ngilu. Hadirnya gigi ngilu disebabkan oleh banyak hal, dan itu harus anda ketahui. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas penyebab gigi ngilu berkepanjangan.

Gigi ngilu adalah gigi yang akan merasakan rasa nyeri pada saat merasakan benda yang memiliki suhu tinggi entah panas atau dingin. Ngilu bisa hadir karena adanya kerusakan pada lapisan gigi, sehingga gigi menjadi lebih sensitif terhadap benda yang memiliki suhu tertentu.

Di sini ada bayak sekali mengapa lapisan gigi yang anda miliki bisa mengalami kerusakan. Alhasil, saraf pada gigi yang mudah terangsang. Dan hasil akhirnya perasaan ngilu dan nyeri pada area gigi dan gusi. Kejadian ini bisa dialami oleh semua kalangan termasuk anak muda.

Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan


Dulu, gigi ngilu seperti ini sering dialami oleh para orang tua yang mungkin sudah mengalami penurunan. Namun, saat ini sudah banyak anak - anak muda yang bisa mengalami kejadian gigi ngilu.

Hal ini tidak terlepas dari kegiatan yang mereka lakukan. Banyak kegiatan buruk yang mereka lakukan sehingga membuat kerusakan pada lapisan gigi. Nah, lalu seperti apa penyebab gigi ngilu yang berkepanjangan. Tenang saja, berikut ini ulasan mengenai hal tersebut.

1. Menggosok gigi yang tidak benar

Sebetulnya menggosok gigi secara rutin memang baik untuk menjaga kebersihan gigi, apabila dilakukan dengan benar. Lain kata, bila menggosok gigi dilakukan dengan cara yang tidak benar dan lebih merasa yang penting bersih.

Padahal dengan menggosok gigi yang tidak benar dan tepat, akan mudah merusak lapisan gigi. Alhasil, lapisan email gigi menjadi lebih tipis dan saraf bisa dengan mudah mengalami rangsangan dan lebih sensitif. Dengan begitu, gigi akan dengan mudah mengalami ngilu dan bisa terjadi dengan jangka waktu yang berkepanjangan.

2. Penyakit gusi (gingivitis)

Rasa ngilu pada gigi, besar kemungkinan disebabkan oleh adanya masalah pada area gusi. Penyakit gusi seperti gingivitis bisa jadi titik mengapa anda mengalami hal tersebut. Ada banyak hal mengapa penyakit gusi bisa menghadirkan rasa ngilu pada gigi anda.

Gingivitis adalah masalah gusi yang sering menimbulkan kondisi kemerahan, iritasi dan adanya sedikit pembengkakan. Gusi nyeri menjadi gejala anda mengalami penyakit gusi ini, apabila masalah gusi ini tidak segera ditangani kemungkinan akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

Baca juga : Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas Terus Menerus

3. Penurunan letak gusi

Gusi merupakan bagian yang melindungi akar gigi dari benda - benda asing, sebab akar memiliki sifat yang sangat sensitif. Jadi, ketika gusi anda mengalami penurunan maka anda tidak bisa menghindari masalah gigi sensitif alias ngilu ketikan makan dan minum yang dingin.

Kondisi kebersihan gigi yang kurang terawat dengan baik, akan menimbulkan sebuah karang gigi. Umumnya, karang gigi ini akan memaksa penurunan letak gusi dan sedikit memperlihatkan akar gigi yang sensitif. Walaupun sedikit, anda bisa merasakan rasa ngilu yang luar biasa.

4. Kondisi gigi dan mulut yang buruk

Kondisi di sini lebih tertuju pada kondisi kebersihan area mulut dan gigi. Menjaga kebersihan area mulut dan gigi memang sangat penting, apabila anda tidak ingin merasakan gigi ngilu ketika makan makanan dan minuman dingin.

Tidak menggosok gigi yang teratur seperti 2 kali sehari, benang gigi dan masih banyak lainnya. Bila gigi tidak bersih, karang gigi akan segera bersarang dan menurunkan gusi agak ke bawah. Dan pada akhirnya menimbulkan rasa ngilu bila tidak diatasi.

5. Adanya penumpukan plak

Yang sudah kita singgung sedikit di atas, adanya penumpukan plak akan menimbulkan gigi sensitif dan rasa ngilu. Biasanya, penumpukan plak ini akan menghasilkan sebuah karang gigi yang bisa menyebabkan gusi mengalami penurunan.

Penurunan ini akan dibarengi dengan rasa ngilu ketika makan dan minum yang bersuhu dingin. Penumpukan tidak akan terjadi bila anda membersihkan gigi dan mulut anda dengan baik dan teratur. Penumpukan sisa makanan akan tertinggal dan berubah menjadi tumpukan plak yang berdampak buruk.

6. Konsumsi makanan yang asam

Salah mengkonsumsi makanan juga bisa menimbulkan gigi sensitif dan rasa ngilu pada gigi. Ada banyak makanan yang kita konsumsi tanpa kita sadari bisa merusak lapisan gigi. Sehingga menimbulkan lapisan email gigi menjadi tipis dan saraf gigi jadi lebih sensitif.

Makanan - makanan yang bersifat asam memang sangat tidak dianjurkan dikonsumsi secara rutin. Mengingat dampak buruk yang dihasilkan dari hal tersebut, jadi berhati - hati dan mengkonsumsi makanan. Pilih apakah memiliki sifat asam atau basa yang tinggi.

Nah, toh itulah banyak penyebab gigi ngilu berkepanjangan yang sering dialami orang - orang. Penyebab utama dari masalah ini sebenarnya terletak pada kebiasaan dan aktivitas dari orang tersebut, apabila sifat buruk kemungkinan gigi ngilu cepat bersarang.

Apabila anda tidak ingin mengalami penyakit seperti ini, sebaiknya anda menjauhi beberapa penyebab di atas. Hal ini, supaya gigi anda tidak mengalami rasa ngilu. Sekianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semuanya.

0 Response to "Penyebab Gigi Ngilu Berkepanjangan yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...